William David Ross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
bendera Skotlandia tempat kelahiran William David Ross


William David Ross seorang filsuf Skotlandia yang dikenal dalam pemikiran etika.[1] Ia lahir di Thurso, Caithness di utara Skotlandia.[1] Enam tahun kehidupannya ia jalani sebagai seorang anak India Selatan.[1] Ia belajar di Universitas Edinburgh.[1] Ia menyelesaikan studinya di universitas Balliol, Oxford dan memperoleh jabatan dosen di universitas Oriel pada tahun 1900.[1] Karyanya paling terkenal adalah Hak dan kebaikan dan ia juga dikenal dalam mengembangkan pluralisme, bentuk deontologis etika intuisionis dalam menanggapi intuisionisme G. E. Moore.[2] Ross juga menerjemahkan sejumlah karya Aristoteles, dan menulis mengenai filosofi Yunani.[2] William David Ross adalah seorang realis moral, non-naturalis, dan intuisionis.[2] Ross berpendapat bahwa ada kebenaran moral di dalam alam semesta.[2] Menurut Ross, klaim bahwa sesuatu yang baik adalah benar jika sesuatu tersebut benar-benar baik.[2] Ross menolak etika konsekuensialis Moore.[2] Menurut teori konsekuensialis, apa yang harus dilakukan hanya ditentukan oleh apakah tindakan mereka akan membawa yang paling baik.[2] Sebaliknya, Ross berpendapat bahwa memaksimalkan yang baik hanya satu dari beberapa kewajiban yang berperan dalam menentukan apa yang harus dilakukan seseorang dalam kasus tertentu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)Lawrence C. Becker, dkk. 2001. Encyclopedia of Ethics volume H-O. New York: Gorland Publishing. pg. 1520-1521.
  2. ^ a b c d e f g h (Inggris)Steven M. Cahn and Peter Markie. 2006. Ethics: History, Theory, and Contemporary Issues. New York: Oxford University Press. pg. 429-438.