William Bowman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sir William Bowman

Sir William Bowman, Baronet Pertama (lahir 20 Juli 1816 – meninggal 29 Maret 1892 pada umur 75 tahun) adalah seorang ahli bedah, ahli histologi, dan ahli anatomi berkebangsaan Inggris. Ia terkenal pada penelitiannya yang banyak menggunakan mikroskop dalam mempelejari organ tubuh manusia.

Lahir di Nantwich, Cheshire, putera ketiga dari seorang bankir dan ahli geologi serta botanikus amatir, Bowman mengenyam pendidikan di Sekolah Hazelwood di dekat Birmingham pada 1826. Kecelakaan yang terjadi pada masa kecilnya membuat dirinya tertarik dalam dunia kedokteran. Ia pernah menjalani magang dengan seorang ahli bedah Joseph Hodgson pada Rumah Sakit Umum Birmingham pada 1832.

Karya pertamanya yang cukup dikenal adalah penelitian mengenai struktur otot rangka. Pada usia 25 tahun, ia telah mengidentifikasi struktur pada nefron yang dikenal dengan kapsula Bowman. Ia memaparkan penemuannya pada makalahnya yang berjudul "On the Structure and Use of the Malpighian Bodies of the Kidney" ("Struktur dan Fungsi Badan Malphigi pada Ginjal") dan berhasil mendapatkan medali kerajaan.

Kerjasamanya dengan Robert Bentley Todd, seorang profesor ilmu faal, menghasilkan publikasi dengan lima jilid "Physiological Anatomy and Physiology of Man" (1843-1856) ("Anatomi Faali dan Faal Manusia") dan "Cyclopaedia of Anatomy and Physiology" (1852) ("Ensiklopedia Anatomi dan Faal").

Beberapa struktur anatomis yang diambil dari nama dirinya:

Pada 1884, Ratu Victoria mengangkatnya menjadi seorang baronet. Ia meninggal di rumahnya, Joldwynds, di dekat Dorking, Surrey pada 1892.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Heath, Parker. Sir William Bowman. Bull Med Libr Assoc. 1936 May; 24(4): 205–208. Scanned pages of the original article, at PubMed Central.
  • (Inggris) Thomas, K.B. The manuscripts of Sir William Bowman. Med Hist. 1966 July; 10(3): 245–256. PDF article at PubMed Central.