Wikipedia:Uji coba bebek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Bisa jadi ini adalah seekor kelinci yang menyamar..." (tapi bukan sih)

Uji coba bebek adalah sebuah bentuk pembuktian melalui induksi yang berbunyi, "Jika kelihatannya seperti bebek, berenangnya seperti bebek, suaranya seperti bebek, maka kemungkinan itu adalah bebek", yang berarti seseorang dapat mengidentifikasi subjek yang tidak diketahui dengan cara mengamati karakteristik/kebiasaan subjek tersebut.

Ada beberapa standar dan terminologi yang sering digunakan untuk mengambil kesimpulan:

  1. Melampaui keraguan yang beralasan;
  2. Bukti yang jelas dan nyata;
  3. Bukti-bukti yang melimpah; dan
  4. Uji coba bebek (kecurigaan yang beralasan).

Uji coba bebek ini tidak dapat diaplikasikan ke kasus-kasus yang tidak jelas. Kecuali ada bukti yang jelas dan meyakinkan, para Wikipediawan harus mengasumsikan niat baik dari Wikipediawan yang lain.

Penggunaan[sunting sumber]

"Uji coba bebek" ini dimaksudkan sebagai proses internal di dalam Wikipedia. Contohnya, jika "Pengguna:Saya" diblokir karena melakukan suatu pelanggaran, dan tidak lama kemudian seorang pengguna mendaftar dengan nama "Pengguna:Saya kembali" dan melanjutkan pelanggaran yang ia lakukan sebelumnya dengan tindak-tanduk dan gaya menulis yang sama. Uji coba bebek ini memampukan pengguna lain untuk menganggap pengguna tersebut melakukan akun siluman, dan segera ditindak.

Uji coba ini juga berlaku untuk pelanggaran hak cipta. Jika ada gambar yang jelas merupakan gambar tampilan film atau TV, atau sampul majalah atau CD dilisensikan sebagai karya asli pengguna, maka uji coba bebek ini mengizinkan gambar-gambar tersebut untuk dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta, meskipun sumber asli gambar tersebut masih belum jelas.

Uji coba bebek ini tidak berlaku untuk isi artikel, dan tidak mengatasi atau menyamai kebijakan lain seperti WP:RISET, WP:PASTI, WP:SPN atau Wikipedia:Sintesis.

Lihat pula[sunting sumber]