Wikipedia:Periksalah kebenaran fakta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Tulislah sesuatu yang nyata benar. Tidak cukup jika menulis sesuatu yang Anda pikir benar, atau seharusnya benar, atau sepertinya benar. Lakukan verifikasi terhadap fakta-fakta yang Anda tulis.

Hal ini juga merupakan bagian dari mengutip sumber referensi yang baik. Walaupun Anda pikir Anda tahu betul suatu hal, sebaiknya berikan sumber referensi untuk menolong pengguna lain memverifikasi fakta dan mencari Informasi lain. Siapa tahu Anda bahkan dapat belajar suatu hal baru sewaktu pencarian referensi ini.

Berdasarkan prinsip pengecekan fakta ini, Anda harus berhati-hati sebelum menghapus sesuatu yang mungkin adalah fakta. Seorang penyunting kadang menyertakan materi penting tanpa menyediakan referensi. Jika Anda cenderung untuk menghapus sesuatu dari artikel, pertimbangkan untuk melakukan verifikasi terhadapnya. Tentu saja jika suatu isi adalah nyata benar, yaitu diberikan sumber referensinya, sangat berhati-hatilah sebelum menghapusnya.

Suatu ensiklopedia tersusun dari koleksi fakta, jadi ingatlah bahwa setiap fakta adalah bagian yang sangat berharga dari koleksi ini. Jika seorang penyunting memberikan suatu fakta tambahan, mungkin ada suatu alasan tertentu yang tidak boleh diabaikan. Tentu saja tidak berarti bahwa semua yang dimasukkan dalam suatu artikel harus dipertahankan. Tapi berhati-hatilah sebelum menghapus sesuatu yang substansial dan relevan dengan konteks artikel tersebut.

Amatilah artikel yang Anda buat bersama orang lain. Apakah ada fakta yang dibuang atau dihapus? Jika ini terjadi, mungkin Anda tidak memberikan alasan yang kuat untuk pemuatan fakta tersebut, atau suntingan Anda harus lebih disesuaikan dengan suatu artikel. Jika ini terjadi, Anda dapat mengembalikan suntingan Anda. Lindungi suntingan Anda, tapi yakinkan bahwa suntingan tersebut ditampilkan dengan alasan yang kuat.

Lihat pula[sunting sumber]