Wikipedia:Tutorial (Penyuntingan)

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PerkenalanPenyuntinganPemformatanArtikelPranalaBerkas/GambarHalaman
pembicaraan
IngatlahPendaftaran

Sunting adalah fitur wiki yang paling dasar dari semuanya. Setiap halaman wiki selalu memiliki pranala (link) bertuliskan "sunting" (kecuali untuk beberapa halaman yang dilindungi). Pranala ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menyunting (meng-edit) halaman tersebut. Sebuah situs yang siapapun dapat menyunting isinya disebut wiki. Detail cara menyunting dapat dilihat di Wikipedia:Menyunting sebuah halaman.

Penyuntingan visual

Penyuntingan visual atau VisualEditor adalah sebuah penyuntingan berbasis visual di mana para pengguna bisa langsung melihat hasil suntingannya tanpa repot-repot mengeklik tombol lihat pratayang. Secara umum, berikut ini adalah alur daripada penyuntingan visual:

Tampilan Komputer (PC)

Dengan mengeklik Sunting, maka anda akan langsung dibawa ke proses penyuntingan visual pada tampilan komputer/PC. Penyuntingan visual pada tampilan Komputer/PC bisa dipelajari lebih lanjut di Wikipedia:VisualEditor/Panduan.

Tampilan Seluler

Tampilan seluler yang dimaksud adalah handphone, IOS dan sejenisnya.

Mode penyuntingan

Pertama, untuk mengubah mode penyuntingan ke penyuntingan visual, bisa dilakukan dengan menekan tombol pensil, di sana akan muncul dua buah tombol, yaitu penyuntingan sumber dan penyuntingan visual.

Gaya penulisan

Gaya penulisan dapat diubah pada penyuntingan visual via tampilan seluler, caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol A dan Anda akan melihat beberapa pilihan untuk mengubah gaya penulisan di sana.

Mengutip referensi

Tombol "Kutip" untuk mengutip sumber

Di atas adalah gambar tentang cara untuk mengutip referensi pada tampilan seluler. Tombol kutip digunakan untuk membuka bagian dari laman pengutipan.

Laman pengutipan.

Laman pengutipan terbagi menjadi tiga: Otomatis, Manual, dan Berulang. Pengutipan otomatis memungkinkan pengutipan sumber hanya dengan menuliskan URL situs web atau dengan memindai kode ISBN buku. Sementara itu, pengutipan Manual membutuhkan pengisian informasi secara manual yang umumnya lebih memakan waktu yang cukup lama. Adapun pengutipan Berulang umumnya digunakan untuk menandai kutipan yang digunakan berulang kali dalam artikel.

Pranala

Tombol untuk menambahkan pranala.

Menambahkan pranala (atau mengubah tulisan menjadi biru atau merah) seperti ini (penyuntingan sumber: [[ini]]) adalah sebuah fitur untuk menambahkan sebuah sitasi ke halaman lain yang dirasa masih terkait atau berhubungan dengan topik artikel tersebut.

Pada laman penambahan pranala, kita hanya perlu mengetikkan nama halaman dan teks pranala. Nama halaman yang telah ada di Wikipedia akan menjadi pranala biru, sementara yang belum ada di Wikipedia akan menjadi pranala merah yang perlu dibirukan. Berikut ini adalah tampilan laman penambahan pranala:

Kita juga dapat melihat pratayang pranala tersebut untuk mengecek kebenaran daripada pranala yang kita masukkan, apakah sudah tepat atau tidak:

Menerbitkan suntingan

Terdapat tombol berwarna biru di pojok kanan atas halaman. Dengan mengekliknya, kita bisa menyimpan hasil suntingan kita dan menerbitkannya. Disarankan untuk menjelaskan tentang perubahan yang tela dilakukan. Jika telah selesai san dirasa suntingan sudah cukup, kita bisa menekan tombol Terbitkan.


Penyuntingan sumber

Tombol "Sunting sumber" terletak tepat di sebelah kanan "Sunting"

Penyuntingan sumber dapat dimulai dengan mengeklik tombol "Sunting sumber" yang berada tepat di sebelah kanan tombol "Sunting". Setelah menekannya, Anda akan melihat kode wiki halaman tersebut. Kemudian Anda bisa melakukan pengeditan. Untuk menyimpan, silakam klik tombol "Terbitkan perubahan", dan lihat apa yang tulisan Anda tersimpan. Penyuntingan sumber membutuhkan keahlian dalam markah wiki, silakan pelajari di Wikipedia:Markah wiki

Kurang lebih, seperti inilah penyuntingan sumber

Markah Wiki

Berikut ini adalah beberapa Markah Wiki sederhana yang sangat sering digunakan:

  • [[Nasi]] akan menghasilkan: Nasi
  • '''Negara''' akan menghasilkan: Negara
  • ''Aṣ-Ṣiddiq'' akan menghasilkan: Aṣ-Ṣiddiq
  • <u>Kecuali</u> akan menghasilkan: Kecuali
  • <s>Ya</s> akan menghasilkan: Ya

Templat

Templat adalah sebuah ruang nama Wikipedia yang bisa dimuat ke dalam artikel lain. Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat di Wikipedia:Templat.

Isi templat ditransklusikan ke halaman lain dengan cara menyunting suatu halaman dan mengetikkan nama templat yang diawali dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal ganda, misalnya {{test}}. Selain transklusi, cara lain untuk menyematkan templat adalah substitusi.

Suatu templat dapat dimodifikasi dengan parameter agar isinya ditampilkan secara berbeda pada satu halaman dengan halaman lainnya. Tiap parameter dalam templat diawali dengan garis vertikal (|), misalnya {{nama templat|parameter1=input1|parameter2=input2}}. Cara menggunakan templat dan parameter-parameternya dapat dilihat di subhalaman dokumentasi templat tersebut

Pratayang

Gunakan tombol pratayang sebelum menyimpan

Sebuah fitur penting penyuntingan adalah Lihat pratayang. Cobalah sekali lagi menyunting bak pasir, kemudian klik tombol "Lihat pratayang". Ini memungkinkan Anda untuk melihat halaman setelah Anda sunting atau rubah, sebelum Anda benar-benar menyimpannya. Menggunakan "Lihat pratayang" sebelum menyimpan halaman juga memungkinkan Anda melihat perubahan format atau suntingan lainnya tanpa menjejali daftar "sejarah halaman" (versi terdahulu), serta sejumlah keuntungan lainnya. Namun jangan lupa, setelah itu, tekan tombol "Simpan halaman" jika sudah selesai. Jika tidak, suntingan anda akan hilang. Hal yang bijaksana juga untuk selalu membuat cadangan di komputer anda, misalnya lewat software pengolah kata untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya logout tiba-tiba, koneksi putus, atau mati lampu.

Pada Tampilan seluler, pratayang secara otomatis akan ditampilkan tanpa harus mengeklik tombol Lihat pratayang.

Ringkasan

Sebelum Anda menekan tombol Terbitkan, sangat disarankan untuk menulis ringkasan mengenai suntingan atau perubahan yang baru saja Anda lakukan pada kotak "Ringkasan" yang terletak diantara jendela edit dengan tombol "Simpan halaman" atau "Lihat pratayang". Tulis ringkasan yang pendek; misalnya jika Anda hanya menulis typo, orang akan tahu bahwa Anda telah melakukan perubahan kecil mengenai koreksi tata penulisan (tipografi), atau perubahan kecil lainnya.

Uji coba

Lakukan uji coba penyuntingan halaman di Bak pasir sesuka Anda, kemudian lanjutkan ke topik tutorial selanjutnya.


Mode lanjutan

Mode Lanjutan
Halo para pengguna seluler!

Mode lanjutan adalah serangkaian fitur yang menambahkan beberapa fitur/kemampuan kontributor pada pengalaman web seluler. Mode lanjutan menambahkan elemen navigasi dan menu yang memungkinkan akses mudah ke halaman pembicaraan, halaman riwayat, informasi halaman, berbagai alat halaman lainnya, alat pengguna, dan halaman istimewa. Tunggu apa lagi? Aktifkan sekarang!


Aktifkan mode lanjutan

Dengan diaktifkannya mode ini, tidak menutup kemungkinan akan ditambahkannya lebih banyak fitur/kemampuan kontributor pada pengalaman web seluler. Fitur ini sendiri akan berfokus pada perluasan fungsi navigasi dan halaman khusus agar lebih mirip dengan versi desktop situs ini.