Wikipedia:Sumber independen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mengidentifikasi dan menggunakan sumber independen (juga disebut sumber pihak ketiga) membantu para penyunting untuk menulis artikel non-promosi yang dirasa cukup menggambarkan subjek, tanpa terlalu memperhatikan pandangan subjek itu sendiri. Menggunakan sumber independen akan melindungi proyek dari orang yang menggunakan Wikipedia untuk promosi diri, mencari keuntungan pribadi, serta penyalahgunaan lainnya. Penggunaan sumber-sumber independen akan menjadikan artikel dapat ditulis dari sudut pandang yang seimbang dan tidak memihak daripada dari sudut pandang subjek sendiri atau dari sudut pandang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa/subjek. Menekankan pandangan yang tidak memihak diperlukan untuk mencapai sudut pandang netral dalam sebuah artikel.

Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut agar sumber yang digunakan memenuhi syarat sumber tepercaya:

Tiga kriteria sumber tersebut diperlukan untuk mengembangkan artikel Wikipedia. Gabungan apa pun dari ketiga ciri ini dapat menghasilkan sumber yang bagus dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan dalam artikel Wikipedia. Mengidentifikasi karakteristik ini akan membantu Anda menentukan bagaimana Anda dapat menggunakan sumber-sumber ini.

Di sini kita akan menjawab pertanyaan kedua

Mengidentifikasi sumber independen[sunting sumber]

Sumber independen adalah sumber yang tidak memiliki kepentingan dalam topik Wikipedia tertentu sehingga dapat diharapkan meliput topik dari berbagai perspektif mana pun. Sumber independen memiliki independensi editorial (pengiklan tidak mendikte konten) dan tidak ada konflik kepentingan (tidak ada potensi adanya keuntungan pribadi, finansial, atau politik dari tulisan tersebut).

Minat terhadap suatu topik dapat positif atau negatif. Contoh minat positif, misalnya menulis tentang diri Anda, keluarga Anda, atau produk yang dibuat atau dijual oleh perusahaan atau bos Anda; sedangkan contoh minat negatif, misalnya memiliki atau bekerja untuk perusahaan yang mewakili artikel produk pesaing. Konflik kepentingan ini dapat dicurigai karena sumber dari orang-orang ini cenderung mengutamakan kepentingan mereka sendiri (pribadi, keuangan, hukum, dll.) dalam topik daripada memajukan pengetahuan tentang topik tersebut. Oleh karena itu, sumber oleh anggota keluarga yang terlibat, karyawan, dan pejabat organisasi tidak memenuhi syarat independen.

Independensi tidak selalu mengutamakan pandangan berat sebelah. Sumber independen dapat memiliki pandangan yang sangat positif atau negatif tentang suatu topik atau gagasan. Contohnya, seorang sarjana mungkin menulis tentang literasi di negara-negara berkembang, dan mereka mungkin secara pribadi sangat menyukai mengajar semua anak cara membaca, tanpa memandang jenis kelamin atau status sosial ekonomi. Jika penulis tidak memperoleh keuntungan pribadi dari pendidikan anak-anak, maka publikasi tersebut merupakan sumber independen tentang topik literasi.

Sumber buatan sendiri, sumber primer, atau bias karena konflik kepentingan dapat saja memainkan peran dalam menulis artikel, tetapi tidak boleh digunakan untuk menetapkan kelayakan artikel. Sebaliknya, penggunaan sumber-sumber independen memastikan bahwa sebuah artikel dapat ditulis dari sudut pandang yang seimbang dan tidak memihak, bukan dari sudut pandang subjeknya sendiri. Hal ini akan memastikan artikel dapat memuat bermacam-macam penilaian terhadap suatu topik, peran dan pencapaiannya dalam masyarakat, alih-alih menawarkan daftar direktori atau penawaran.

Artikel yang terlalu bergantung pada sumber nonindependen wajib ditandai dengan {{Pihak ketiga}}. Jika tidak ada pembahasan terperinci pada sumber-sumber independen, maka artikel tersebut dapat diusulkan untuk dihapus. Jika artikel tersebut hanya memuat promosi semata, Anda dapat mengajukan penghapusan cepat KPC U11 - Iklan/promosi murni terang-terangan.

Contohnya[sunting sumber]

Dalam kasus artikel Wikipedia tentang situs web, misalnya, sumber independen akan menyertakan artikel di koran yang mendeskripsikan situs tersebut, tetapi referensi ke situs itu sendiri tidak memiliki independensi (dan akan dianggap sebagai sumber primer serta hanya dapat disertakan di subbab Pranala luar).

Contoh sumber independen
Anda menulis tentang Berpotensi independen Tidak independen
perusahaan Media berita, lembaga pemerintahan Pemilik, pegawai, kehumasan, kompetitor, situs web perusahaan, siaran pers, brosur promosi, dokumen perusahaan
orang Media berita, buku/karya ilmiah Subjek, anggota keluarga, kerabat, teman sejawat, karyawan
kota/kabupaten Media nasional, buku teks, endiklopedia, karya referensi yang lain Situs web pemerintah kota, situs web KADIN
buku, rekaman musik, film, acara TV, permainan video Koran atau ulasan daring, buku referensi, media berita Situs web produksi, situs web penerbit, situs web album/film/buku, panduan penggunaan yang dibuat oleh pengembang permainan video, liner note album, autobiografi resmi, dll.
konten daring Media berita Akun media sosial pembuat, atau situs web tempat konten tersebut di-host

Contoh-contoh sederhana ini perlu ditafsirkan dengan mempertimbangkan semua fakta dan kondisi lapangan. Misalnya, koran yang bergantung pada pendapatan iklan mungkin tidak benar-benar independen dalam meliput bisnis lokal yang beriklan di surat kabar tersebut. Selain itu, surat kabar milik si Fulan mungkin tidak benar-benar independen dalam meliput si fulan dan aktivitas bisnisnya.

Setiap artikel di Wikipedia harus didasarkan pada pernyataan yang dapat diverifikasi dari berbagai sumber tepercaya pihak ketiga yang dilengkapi dengan akurasi dan cek fakta. Sumber pihak ketiga adalah sumber yang sepenuhnya independen dari subjek yang diliput, misalnya wartawan koran yang meliput berita yang tidak melibatkan mereka kecuali dalam kapasitas mereka sebagai wartawan. Lawannya adalah sumber pihak pertama atau nonindependen.[1] Sumber tidak independen tentang sebuah kelompok atau organisasi misalnya publikasi humasnya. Sumber pihak ketiga tidak berafiliasi dengan acara tersebut, tidak dibayar oleh orang-orang yang terlibat, dan tidak mungkin memiliki konflik kepentingan terkait dengan materi tersebut.

Konsep ini berbeda dengan konsep sumber sekunder yang tidak terkait, yaitu materi tersebut disajikan didasarkan pada beberapa materi asli lainnya, misalnya buku nonfiksi yang menganalisis materi asli seperti laporan berita, dan dengan sumber primer, dengan sumbernya adalah hulu dari materi asli, misalnya autobiografi atau pidato politisi tentang tujuan kampanye mereka sendiri. Sekunder tidak berarti pihak ketiga, dan primer tidak berarti tidak independen atau berafiliasi dengan subjek.

Sumber sekunder dapat saja merupakan sumber pihak ketiga atau independen, tetapi tidak selalu merupakan sumber pihak ketiga. Meskipun secara teknis ada sedikit perbedaan antara sumber pihak ketiga dan sumber independen, sebagian besar kebijakan dan pedoman Wikipedia menggunakan istilah tersebut secara bergantian, dan sebagian besar sumber pihak ketiga kebetulan juga independen. Perhatikan bahwa pihak ketiga belum tentu independen. Misalnya, jika pembuat film terkenal Y memiliki anak yang menjalankan situs ulasan film ("Ulasan.com Sepenuhnya Independen"), dan jika pembuat film Y menginstruksikan "Kritik Independen" untuk memuji atau menyerang film Q, maka pembuat film Y dan Kritikus Independen Sepenuhnya. com mungkin tidak independen, meskipun tidak terkait dengan kepemilikan, kontrak, atau hukum apa pun.

Mengapa harus independen?[sunting sumber]

Sumber independen adalah fondasi untuk membangun kelayakan artikel. Meskipun Wikipedia bukanlah makalah, situs ini juga bukanlah tempat untuk menimbun setiap dan semua informasi yang menurut pembaca penting atau bermanfaat. Demi netralitas, Wikipedia tidak dapat mengandalkan pendapat penyunting tentang sebuah topik penting. Segala sesuatu di Wikipedia harus diverifikasi dalam sumber tepercaya, termasuk pernyataan tentang subjek apa hal yang penting dan mengapa itu penting. Untuk memverifikasi bahwa subjek itu penting, hanya sumber yang tidak tergantung pada subjek yang dapat memberikan evaluasi yang dapat diandalkan. Sumber yang terlalu dekat dengan subjek akan selalu percaya bahwa subjek cukup penting untuk menjamin cakupan terperinci, dan mengandalkan secara eksklusif pada sumber ini akan menghadirkan konflik kepentingan dan dapat mengancam netralitas ensiklopedia.

Sumber yang independen dan andal tidak selalu cukup objektif atau berpengetahuan luas untuk mengevaluasi suatu subjek. Ada banyak contoh liputan bias oleh jurnalis, akademisi, dan kritikus. Bahkan dengan penelaahan sejawat dan cek fakta, ada beberapa contoh ketika publikasi yang andal melaporkan kedustaan. Tetapi Wikipedia tidak membolehkan editor untuk meningkatkan artikel dengan kritik atau koreksi mereka sendiri. Sebaliknya, jika sumber tepercaya secara umum membuat pernyataan yang keliru atau bias, harapannya adalah bahwa sumber lain yang dapat diandalkan dapat ditemukan membantah pernyataan itu dan mengembalikan keseimbangan. (Dalam kasus yang parah, sekelompok editor akan setuju untuk menghapus pernyataan yang diverifikasi tetapi salah, tanpa menambahkan komentar asli di tempatnya.)

Jika beberapa publikasi tepercaya telah membahas suatu topik, atau lebih baik masih memperdebatkan suatu topik, maka itu meningkatkan kemungkinan topik untuk dibahas di Wikipedia. Pertama, beberapa sumber yang telah memperdebatkan subjek akan dengan andal menunjukkan bahwa subjek layak diperhatikan. Kedua, dan sama pentingnya, sumber-sumber tepercaya ini akan memungkinkan editor untuk memverifikasi fakta-fakta tertentu tentang subjek yang membuatnya signifikan, dan menulis artikel ensiklopedis yang memenuhi kebijakan dan pedoman kami.

Menggunakan sumber nonindependen[sunting sumber]

Sumber nonindependen dapat digunakan untuk sumber konten artikel, tetapi keterkaitan sumber dengan topik harus diidentifikasi dengan jelas. Misalnya, "Organisasi X mengatakan 10.000 orang datang untuk protes" tidaklah mengapa jika menggunakan materi yang diterbitkan oleh organisasi tersebut, tetapi menulisnya dengan kalimat seperti "10.000 orang datang untuk memprotes" tidak. Demikian pula, tidak dibenarkan menulis "Pax-Luv adalah obat penenang terbaik" (tanpa atribusi) alih-alih "Produsen Pax-Luv, Umbrella Cor., mengatakan Pax-Luv adalah obat penenang terbaik". Sumber nonindependen tidak boleh digunakan untuk mendukung klaim kelayakan, tetapi harus diperlakukan dengan hati-hati untuk mengisi detail yang tidak kontroversial.

Siaran pers[sunting sumber]

Siaran pers bukan sumber independen karena ditulis baik oleh subjek (bisnis atau organisasi tempat ditulisnya), atau orang yang dikontrak atau berafiliasi dengan organisasi tersebut. Siaran pers biasanya muncul di pencarian Google News dan DuckDuckGo dan mesin pencari lain yang biasa digunakan pengguna untuk mencari sumber terpercaya. Biasanya, tetapi tidak selalu, siaran pers akan diidentifikasi seperti itu. Banyak sumber berita yang kurang bereputasi akan menulis artikel hampir secara eksklusif berdasarkan siaran pers, dengan sedikit modifikasi. Saat menggunakan sumber berita yang integritas editorialnya tidak Anda yakini, dan sebuah artikel dibaca seperti siaran pers, penting untuk memeriksa apakah sumber tersebut tidak hanya mendaur ulang siaran pers. Kadang-kadang, tetapi tidak selalu, dimungkinkan untuk menemukan tulisan siaran pers aslinya yang digunakan untuk membuat artikel.

Secara umum, siaran pers memiliki pujian yang berlebihan, bukan pernyataan faktual. Siaran pers tentang pedal efek Bippledorp 9000 oleh pabrikannya mungkin menyebutnya sebagai "penemuan terbesar dalam sejarah gitar elektrik"; sebaliknya, ulasan independen di majalah Guitar Player mungkin hanya membuat pernyataan faktual tentang fitur-fiturnya.

Siaran pers tidak dapat digunakan untuk mendukung klaim kelayakan dan harus digunakan dengan hati-hati.

Sindikasi[sunting sumber]

Terdapat perusahaan yang menghasilkan segmen televisi dan menjualnya ke lembaga penyiaran – ini adalah sindikasi siaran. Juga ada di media cetak dan di situs web. Perusahaan sindikasi dapat menawarkan berita yang sama dalam berbagai format, seperti artikel berita panjang dan pendek, atau cerita yang sama dengan judul alternatif, atau video dan artikel tertulis. Seberapa pun panjang atau formatnya, biasanya berisi klaim yang sama dan ditulis atau disunting oleh orang atau tim yang sama.

Potongan sindikasi mungkin independen dari pokok bahasan, tetapi tidak independen satu sama lain. Saat mempertimbangkan kelayakan atau bobot yang pantas dalam sebuah artikel, semua artikel terkait oleh penerbitan sindikasi yang sama, tidak peduli seberapa luas penjualannya, diperlakukan sebagai sumber tunggal.

Konflik kepentingan[sunting sumber]

Publikasi apa pun yang diterbitkan oleh suatu organisasi jelas tidak terlepas dari topik apa pun yang ingin dipromosikan oleh organisasi tersebut. Dalam beberapa kasus, konflik kepentingan mudah terlihat. Misalnya, perusahaan, sebutlah PT Fulan Petrochemicals, menulis artikel tentang tumpahan zat kimia yang disebabkan oleh aktivitas di pabriknya. Hal ini bukanlah sumber independen mengenai tumpahan tersebut, atau tentang seberapakah Fulan peduli terhadap lingkungan sekitarnya Jika sumbernya ditulis oleh firma kehumasan yang dikontrak Fulan, sama saja dengan jika ditulis oleh Fulan sendiri. Fulan dan firma kehumasan yang dikontrak sama-sama memiliki konflik kepentingan terkait a) akurasi dan b) mendukung Fulan.

Namun, minat-minat yang tidak terlalu penting dapat menjadi sulit dilihat dan lebih subjektif untuk dibangun. Perhatian harus digunakan dalam menerima sumber sebagai independen. Misalkan sebuah organisasi nirlaba bernama "GRASS" menulis siaran pers yang menyebut PT Fulan Petrochemicals "penyelamat lingkungan dan bumi No. 1". Apakah GRASS memiliki konflik kepentingan? Okelah, situs web GRASS.com mengatakan GRASS 100% independen dan berbasis komunitas. Namun, ternyata ada penelitian yang menunjukkan bahwa GRASS dicurangi oleh perusahaan yang tidak disebutkan namanya yang memberi organisasi banyak uang untuk mengejar agenda "independen" ini. Undang-undang pendanaan Amerika Serikat mengizinkan anonimitas semacam itu.

Banyak negara lain memiliki undang-undang transparansi yang lebih ketat. Iklan terselubung (subvertensi dan subliminal) adalah ilegal atau dibatasi di banyak yurisdiksi.

Proses penelaahan sejawat tidak menjamin independensi sumber. Kebijakan jurnal tentang konflik kepentingan bervariasi. Waspadalah pada topik dengan kepentingan komersial besar yang dipertaruhkan, tempat kontroversi dapat dibuat, dan topik yang benar-benar kontroversial tempat kemungkinan banyak perdebatan dan perbedaan pendapat. Banyak penelitian ilmiah didanai oleh perusahaan yang memiliki konflik kepentingan dengan hasil percobaan, dan penelitian semacam itu masuk ke jurnal dengan penelaahan sejawat. Misalnya, perusahaan farmasi dapat mendanai penelitian tentang obat baru Pax-Luv mereka.

Jika Anda seorang ilmuwan yang melakukan penelitian yang didanai oleh produsen tersebut, Anda mungkin tergoda (atau ditekan) untuk menghapus informasi yang merugikan tentang obat tersebut. Sekali Anda melawan, pendanaan Anda dapat dipotong sepihak. Jurnal juga dapat memiliki konflik kepentingan karena sumber pendanaan. Beberapa keuntungan dari suplemen berbayar dan beberapa jurnal predator tidak memiliki tinjauan sejawat yang nyata. Lihat konflik kepentingan dalam penerbitan akademik. Alangkah baiknya untuk memilih studi independen sebagai sumber, jika tersedia.

Sebaiknya sertakan sumber dengan potensi konflik kepentingan. Dalam hal ini, penting untuk mengidentifikasi hubungan antara sumber dan topik: "Sebuah studi oleh X menemukan bahwa Y." Di sektor-sektor tempat konflik kepentingan merajalela, lebih baik berasumsi bahwa sebuah publikasi dipengaruhi oleh konflik kepentingan kecuali jika terbukti sebaliknya.

Praktik transparansi dan pengungkapan yang lebih kuat dapat memberikan kepercayaan pada sebuah publikasi. Misalnya, rekomendasi ICMJE disediakan untuk pengungkapan konflik kepentingan yang diperlukan pada jurnal medis, tetapi hampir 90% dari jurnal medis terbesar gagal melaporkan potensi konflik kepentingan editor mereka, menyebabkan kepercayaan yang rendah pada penanganan konflik kepentingan secara benar dalam konten yang mereka terbitkan.[2]

Tidak ada jaminan ketepercayaan[sunting sumber]

Independensi bukanlah jaminan bahwa sumbernya 100% akurat atau dapat diandalkan untuk tujuan tertentu. Sumber independen mungkin kedaluwarsa, diterbitkan sendiri, keliru, atau tidak memiliki reputasi untuk cek fakta.

  • Usang/kedaluwarsa: Sebuah buku dari tahun 1950 tentang bagaimana insulasi serat asbes 100% aman untuk atap rumah Anda dapat diterbitkan oleh sumber yang sepenuhnya independen dari industri pertambangan asbes dan insulasi asbes. Namun, mulai tahun 2022, buku tahun 1950 ini sudah usang.
  • Buatan sendiri: Sebuah buku oleh "Pakar Isolasi Internasional" yang memproklamirkan diri, Foo Barkeley, dapat mengeklaim bahwa insulasi serat asbes benar-benar aman, dan bahwa kita semua harus memiliki tumpukan serat asbes yang halus di atap dan dinding kita. Namun, jika Foo Barkeley telah membayar perusahaan pers vanitasnya sendiri dengan embel-embel "Anda Bayar, Kami Cetak!" untuk mencetak 100.000 eksemplar makalahnya yang memuji asbes, maka kita tidak tahu apakah pandangan Barkeley tentang asbes dapat diandalkan.
  • Keliru: Pakar efek gitar paling elit di dunia, International Guitar Pedal Institute, mungkin menyatakan pada tahun 1989 bahwa "pedal Bippledorp 9000 adalah pedal pertama yang menggunakan efek fuzz bass"; tetapi, pada tahun 2018, penelitian baru mungkin menunjukkan bahwa efek fuzz telah tersedia dalam bentuk pedal pada tahun 1970-an.
  • Tidak memiliki reputasi cek fakta yang baik: Sebuah tabloid, The Daily Truth, dapat menyatakan bahwa seorang selebritas film, Fingel Stempleton, diculik oleh alien luar angkasa dan dibawa ke planet asalnya untuk penyelidikan pada tanggal 1 Januari 2018. DT dapat membuat klaim ini berdasarkan wawancara dengan seorang tamu di rumah Stempleton yang menyaksikan kedatangan UFO di rumah/kompleks Stempleton yang terjaga keamanannya. Namun, surat kabar besar dengan reputasi pengecekan fakta membantah klaim ini dengan merilis video pengawasan polisi selama 60 hari yang menunjukkan Stempleton dikurung karena mengemudi dalam keadaan mabuk dari 1 Desember 2017 hingga 30 Januari 2018. (Hmmm, mungkinkah Stempleton menggunakan trik perjalanan astral Jedi untuk keluar dari penjara?)

Keterkaitan dengan kelayakan artikel[sunting sumber]

Sumber nonindependen tidak boleh digunakan untuk menetapkan kelayakan artikel. Kebijakan inti Wikipedia:Wikipedia bukanlah mengharuskan subjek dapat diverifikasi dengan setidaknya satu sumber independen, atau subjek mungkin tidak memiliki artikel terpisah di Wikipedia. Tidak ada persyaratan bahwa setiap artikel saat ini memuat kutipan ke sumber tersebut, meskipun sangat diinginkan.

Sumber sebarang[sunting sumber]

Beberapa sumber, meskipun tampaknya independen, adalah sumber sebarang. Misalnya, pemandu wisata mungkin mencoba memberikan ulasan untuk setiap tempat menarik, restoran, atau hotel di area tertentu. Koran di kota kecil mungkin menulis tentang pembukaan dan penutupan setiap bisnis di kota, atau kegiatan sehari-hari warga setempat. Pengulas musik lokal yang antusias dapat menulis ulasan tentang setiap orang yang manggung di kota mereka, baik itu grup musik lokal yang bermain untuk pertama kali atau tur grup musik besar. Kadang-kadang, penulis berpikir bahwa karena sumber yang dapat dipercaya menyebutkan grup musik, buku, film, atau topik tertentu lainnya, ini memberikan kelayakan pada buku, film, atau topik lainnya. Belum tentu! The New York Times mungkin menyatakan bahwa Foo Barkeley manggung di sebuah konser rock ("Foo Barkeley adalah salah satu artis pembuka yang tampil pada tanggal 1 Mei 2017 di tempat tersebut". Ini bisa dibilang "penyebutan mentah-mentah"; ya kata NYT yang dilakukan Foo, tetapi mereka tidak mengatakan apakah konser itu bagus atau patut diperhatikan).

Sumber sebarang tetapi independen mungkin tepercaya – misalnya, panduan perjalanan daring dapat memberikan informasi yang akurat untuk setiap hotel dan restoran di kota – tetapi keberadaan informasi ini harus dipertimbangkan secara skeptis saat menentukan bobot yang tepat dan apakah setiap lokasi yang disebutkan memenuhi syarat untuk artikel yang berdiri sendiri. Jika subjek, seperti bisnis lokal, hanya disebutkan dalam sumber independen sebarang, maka subjek tersebut belum memenuhi syarat untuk memiliki artikel di Wikipedia, tetapi dapat disebutkan secara singkat di artikel terkait (misalnya, bisnis lokal dapat disebutkan di artikel tentang kota tempatnya berkedudukan).

Artikel tanpa sumber pihak ketiga[sunting sumber]

Artikel tanpa sumber pihak ketiga tidak harus diajukan untuk dihapus. Artikel tersebut mungkin hanya dalam keadaan tidak sempurna, dan seseorang mungkin hanya perlu menemukan sumber yang tepat untuk memverifikasi pentingnya subjek tersebut. Pertimbangkan untuk meminta bantuan kepada teman-teman sesama pengguna Wikipedia di halaman pembicaraan artikel, untuk mencarikan sumber, atau di ProyekWiki yang relevan. Pertimbangkan juga untuk menandai artikel dengan templat yang sesuai, seperti {{pihak ketiga}} atau {{tanpa referensi}}.

Jika tidak ada pencarian yang dapat memperbaiki kekurangan sumber ini, Anda boleh menyimpan beberapa informasi dengan menggabungkannya ke dalam topik lain yang luas. Untuk menghindari bobot yang tidak semestinya, subjek pertama-tama mungkin perlu dirangkum. Pertimbangkan untuk mengusulkan gabung ke artikel yang lebih luas, menggunakan templat {{merge}}.

Atau jika Anda ingin menghapusnya

  • Jika artikel tersebut memenuhi salah satu kriteria penghapusan cepat, Anda boleh menambahkan templat yang sesuai.
  • Tandai dengan tag {{prod}}, untuk artikel yang tidak memenuhi syarat KPC, tetapi tidak kontroversial.
  • Untuk kasus ketika Anda yakin orang lain bisa menentang usulan penghapusan Anda, nominasikan di Usulan penghapusan.

Ada juga artikel yang lebih cocok untuk dipindahkan ke proyek saudari Wikimedia. Anda boleh melakukannya dengan menggunakan fitur transwiki.

Kebijakan terkait[sunting sumber]

  • Kebijakan Wikipedia bukanlah menyatakan, "Semua topik artikel wajib diverifikasi dengan sumber pihak ketiga yang independen".
  • Kebijakan Pemastian dan Bukan riset asli berbunyi, "Jika tidak tersedia sumber pihak ketiga dan tepercaya, Wikipedia tidak akan membuatkan artikel tentangnya."
  • Kebijakan pemastian: "Artikel harus berdasarkan sumber tepercaya dan pihak ketiga dengan reputasi terhadap akurasi dan cek fakta."
  • Pedoman Sumber tepercaya: "Artikel harus berdasarkan sumber tepercaya, independen, dan terpublikasi dengan reputasi terhadap akurasi dan cek fakta."
  • Pedoman kelayakan: "Jika topik sudah memiliki cakupan signifikan dalam sumber tepercaya yang independen terhadap subjek, maka artikel tersebut dapat dianggap layak untuk berdiri sendiri."

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ Are you wondering what happened to the "second party"? That's a nearly archaic term for the defendant in a civil lawsuit. In sourcing terms, there's only first-party and third-party.
  2. ^ Dal-Ré, Rafael; Caplan, Arthur L; Marusic, Ana (2019-07-23). "Editors' and authors' individual conflicts of interest disclosure and journal transparency. A cross-sectional study of high-impact medical specialty journals". BMJ Open. 9 (7): e029796. doi:10.1136/bmjopen-2019-029796. ISSN 2044-6055. PMC 6661703alt=Dapat diakses gratis. PMID 31340971.