Wikipedia:Permohonan pendapat/Paket kebijakan hak cipta Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Paket kebijakan hak cipta Wikipedia[sunting sumber]

Pengusul: RaFaDa20631 (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi
Menimbang
  1. Masih banyaknya materi berhak cipta atau terindikasi memiliki hak cipta yang harus ditangani,
  2. Perlunya peran komunitas untuk menangani berkas dan teks dengan sumber dan/atau lisensi bermasalah.
Mengingat
Kebijakan Lisensi Wikimedia Foundation.
Memutuskan
Mengusulkan PAKET KEBIJAKAN HAK CIPTA WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA 2021.

Latar belakang[sunting sumber]

Sejak awal Wikipedia ini dirintis, kita memberikan kebijakan yang agak longgar seputar hak cipta (materi teks maupun berkas media). Kebijakan yang agak longgar ini antara lain menerapkan tiga kriteria isi nonbebas, yang sejak 1 Oktober 2020 resmi dinaikkan menjadi sepuluh kriteria setara Wikipedia bahasa Inggris. Namun kebijakan ini tidak dibarengi dengan kebijakan lain yang berkaitan serta infrastruktur hak cipta Wikipedia yang memadai. Dengan mengadakan lebih banyak infrastruktur, kami berharap pengguna pendatang baru mudah mengakses informasi hak cipta Wikipedia.

Setelah dipantau selama hampir belasan tahun, saya melihat bahwa masalah besar dari berkas Wikipedia adalah terdapat ribuan pelanggaran hak cipta yang masih perlu ditangani. Berkas nonbebas tak terpakai serta berkas yang sama sekali tidak memiliki lisensi, kini telah dihapus seluruhnya. Dahulu dengan menggunakan {{dari}}, setiap berkas nonbebas dapat "diizinkan" diunggah ke sini tanpa memberikan alasan yang jelas mengapa pemakaiannya diizinkan di Wikipedia bahasa Indonesia. Selain itu masih banyak berkas "pencucian lisensi", yaitu mengklaim bahwa berkas tersebut berasal dari internet dan bebas, tetapi di sumbernya tidak menunjukkan adanya lisensi bebas, termasuk "All Rights Reserved". Hal ini membuat orang-orang bingung untuk menggunakan kembali materi tersebut, padahal materi nonbebas biasanya tidak diizinkan untuk digunakan kembali. Perlu diketahui bahwasanya proyek Wikimedia hanya menerima berkas-berkas bebas (termasuk: berkas karya sendiri, berkas domain publik, berkas yang dilisensikan Creative Commons oleh pemegang hak ciptanya).

Kami menyadari bahwa saat ini ada sekira 57.000 berkas terunggah di sini. Paling banyak berupa gambar, sedangkan sisanya adalah media lain-lain. Sekitar 20.000 ribu lebih di antaranya masuk dalam Kategori:Gambar tanpa informasi sumber dan sekitar hampir dua ribu masuk dalam Kategori:files with no license. Berkas-berkas tersebut harus ditangani dengan segera agar tidak menimbulkan permasalahan hak cipta.

Masih banyak halaman berkas yang tidak memiliki {{Information}} atau {{Non-free use rationale}}. Ada juga berkas berlisensi bebas yang menggunakan {{Non-free use rationale}}, padahal templat itu hanya bisa digunakan untuk berkas nonbebas.

Kami telah melaksanakan perbaikan infrastruktur dengan memperbarui daftar tag hak cipta berkas serta MediaWiki:Licenses. Juga memperbarui MediaWiki:Uploadtext. Bahkan kami juga sudah selesai menerjemahkan Wikipedia:Pengunggahan dan juga Wikipedia:Pertanyaan hak cipta media.

Terkait dengan kebijakan ini, kami kemudian mengajukan lagi proposal sebagai berikut, sebagai sebuah kebijakan:

Serta menambah pedoman baru:

Ketentuan diskusi[sunting sumber]

Setiap komunitas baik pengurus, nonpengurus, atau pengguna anonim dipersilakan untuk berbincang-bincang masalah hak cipta. Diskusi akan dimulai pada 26 April 2021 dan berakhir 30 April 2021 pukul 23.59.

RaFaDa20631 (bicara) 26 April 2021 02.57 (UTC)

Diskusi mengenai domain publik tetap dilanjutkan setelah waktu diskusi ini habis. RaFaDa20631 (bicara) 9 Mei 2021 07.03 (UTC)

@RaFaDa20631: Saya rasa keempat kebijakan dan satu pedomannya sudah cukup matang untuk diajukan ke pemungutan suara. Silakan bila ingin dieksekusi. dwf² 31 Mei 2021 13.51 (UTC)

Diskusi[sunting sumber]

  • Jadi singkatnya ini proposal untuk menyamakan kebijakan dengan Wikipedia bahasa Inggris? enjoyer (pesan) 26 April 2021 13.21 (UTC)
Saya setuju karena banyak sekali penyunting yang menggunakan gambar yang bertuliskan "all rights reserved" 『𝕯𝖊𝖙𝖊𝖈𝖙𝖎𝖛𝖊🅿🆁🅾 』 (bicara) 26 April 2021 14.34 (UTC)
@Enjoyer of World: Agak berbeda. Walau kerangka karangannya sama dengan enwp, ada tambahan pedoman untuk berkas-berkas Indonesia, yang otomatis tunduk pada UU 28/2014. RaFaDa20631 (bicara) 26 April 2021 14.52 (UTC)

FoP[sunting sumber]

Tentang kebebasan panorama pada poin fotografi di Wikipedia:Kebijakan penggunaan gambar/Revisi 2020-2021, apakah penerapannya nanti seperti yang sudah dilakukan di Wikimedia Commons?

Memperjelas: Kebebasan panorama (FoP) di Indonesia saat ini sedikit "abu-abu". Akibatnya, kontributor Indonesia di Commons seringkali bermasalah dengan aturan ini. Mungkin apabila hal yang sama diterapkan di sini, perlu dipertimbangkan batas-batasnya. Naufal Farrasbicara 26 April 2021 03.08 (UTC)

Secara umum saya menganjurkan agar gambar-gambar yang dihapus dengan alasan FoP di Commons untuk diperbolehkan secara eksplisit di idwiki. Mungkin dapat diatur oleh sebuah pedoman terpisah sebaga turunan dari paket kebijakan ini? dwf² 27 April 2021 09.34 (UTC)
@David Wadie Fisher-Freberg: Ada halaman WP:FoP. RaFaDa20631 (bicara) 28 April 2021 01.25 (UTC)
@RaFaDa20631: tidak ingin sekalian dimasukkan ke dalam paket ini? dwf² 30 April 2021 21.14 (UTC)
Sudah jadi konsensus komunal yang tidak perlu melibatkan pengurus. Mereka yang berani mengunggahnya ke Commons ya silakan, karena kami juga nggak menjamin. Toh nanti kalau berurusan dengan isi nonbebas, muaranya ke WP:NONBEBAS juga. RaFaDa20631 (bicara) 9 Mei 2021 07.06 (UTC)

Domain publik[sunting sumber]

Mengenai kebijakan Wikipedia:Domain publik, saya mengusulkan untuk UU No. 28 Tahun 2014 dimasukkan dalam bagian "Dokumen Penting". Saya menemukan di pasal 41 mengenai hasil karya yang tidak dilindungi hak cipta dan pasal 42 mengenai hasil karya yang tidak memiliki hak cipta. Terima kasih. Adhiwangsa ❯❯❯ Ngobrol 6 Mei 2021 06.32 (UTC)

@Adhiwangsa: Sudah tersedia, saya juga mencomot proposal Commons yang mengendap oleh David Wadie Fisher-Freberg. Untuk sementara, karya pemerintah dihadirkan dulu. Untuk masa berlaku hak cipta, nanti menyusul. RaFaDa20631 (bicara) 9 Mei 2021 07.05 (UTC)

Pertanyaan[sunting sumber]

Berikut beberapa poin yang saya pahami (mohon koreksi jika salah), dan beberapa pertanyaan yang saya belum paham.

  1. Foto jepretan sendiri, boleh.
  2. Ilustrasi digital buatan sendiri, boleh.
  3. Foto yang ada di dalam buku/koran/majalah (?) Apakah ada konsep "fair use" di Indonesia? Kalau tidak, apakah harus menunggu puluhan tahun lagi sampai hak ciptanya mati?
  4. Foto buatan teman, lalu teman itu mempublikasikan fotonya via chat / twitter / instagram / blog pribadi (?) Khususnya, jika pemilik foto itu tidak melisensikan fotonya sama sekali. Apa kita cukup minta izin saja? Atau "memaksa" teman kita untuk melisensikan foto tersebut dengan lisensi bebas? (dan berarti, juga harus mengajari apa itu konsep "lisensi" kepada teman kita, bila dia belum tahu)
  5. Foto yang dipublikasikan secara publik di media sosial / blog pribadi (?) Khususnya, jika pemilik foto itu tidak melisensikan fotonya sama sekali. Khususnya lagi, ketika kita sudah minta izin, ternyata pemiliknya sudah lama tidak online lagi.
  6. Logo (perusahaan, produk, organisasi) (?)
  7. Apakah semua foto karya "Pemerintah Republik Indonesia" (mulai dari instansi tinggi hingga cabang-cabangnya di daerah) bebas digunakan (?) Saya lihat, foto karya Pemerintah US sering digunakan bebas di wikipedia en, karena ada aturannya kalau semua foto karya pemerintah itu public domain. Apakah di Indonesia juga berlaku peraturan seperti itu?

Rtnf (bicara) 1 Juni 2021 09.39 (UTC)

Terima kasih banyak kepada RaFaDa, Terkhusus Nomor 7,
7. Apakah semua foto karya "Pemerintah Republik Indonesia" (mulai dari instansi tinggi hingga cabang-cabangnya di daerah) bebas digunakan (?)
ini sangat membingungkan saya,
Saya Setuju Bila Topik ini dibahas zendrato team 4 Juni 2021 00.49 (UTC)


Pemungutan suara[sunting sumber]

  • Pemungutan suara dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni 2021, pukul 00.00 UTC selama 2 minggu dan diadakan berdasarkan prosedur konsensus paket revisi kebijakan.
  • Setiap pengguna yang terdaftar hanya boleh menyampaikan satu suara, penyampaian suara oleh pengguna siluman dan canvassing tidak diizinkan.
  • Akun yang terindikasi merupakan long-term abuse tidak diperkenankan untuk bersuara.

RaFaDa20631 (bicara) 1 Juni 2021 03.21 (UTC)

Setuju[sunting sumber]

Tidak setuju[sunting sumber]

Lain-lain[sunting sumber]

Setuju Tidak setuju Abstain Jumlah
Jumlah suara 2 0 0 2
Persentase 100% 0% 0% 100%