Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Kuramochi Akihiko untuk pengurus 1 Februari 2020/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2020, Kuramochi Akihiko (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 15 Januari hingga 28 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Glorious Engine

  1. Apa solusi Anda terhadap proyek Daftar pilihan yang terbengkalai karena ditekan sepihak oleh bung Mimi ?
    Solusi saya untuk proyek Daftar pilihan yang terbengkalai adalah menarik minat para pengguna untuk aktif dalam proyek. Caranya bisa saja dengan kompetisi yang berhadiah, hadiahnya nggak perlu yang besar-besar, mungkin botol minum, buku catatan, dan yang lainnya. Cara kedua adalah dengan promosi, contoh bila ada wikinusantara atau kopdar, DP bisa dimasukan sebagai topik yang dibahas, promosinya bisa juga melalui media sosial yang kita punya. Kalau masalah ditekan jujur aku kurang mengikuti.
  2. Apakah sistem pengusulan AP lebih baik memakai sistem voting lama atau memakai sistem review yang dicetuskan HaEr ?
    Kalau menurut aku lebih baik pakai sistem Review karena kalau menurut aku kualitas lebih penting daripada kuantitas, toh juga stok AP menurut saya masih cukup banyak. Sehingga artikel-artikel pilihan tersebut benar-benar bisa menjadi artikel yang "luar biasa". Memang tidak bisa dipungkiri kalau menggunakan sistem review membutuhkan waktu yang lama, para reviewerpun pasti punya kesibukan tersendiri di dunia nyata, sehingga ya ditunggu saja.
  3. Apa solusi Anda agar pengusulan AP dapat terus bertambah dan banyak pula yang disetujui supaya tak lagi jadi kuburan ?
    Yang pertama adalah meningkatkan minat wikipediawan agar mau menulis artikel-artikel yang sekiranya dapat dicalonkan menjadi AP, atau bisa AB terlebih dahulu, caranya bisa saja dengan lomba berhadiah kecil-kecilan, hadiahnya bisa botol minuman, buku catatan, dll. Jika semakin banyak artikel yang diusulkan menjadi AP niscaya akan semakin banyak juga yang disetujui.
  4. Apa solusi Anda agar tak ada lagi insiden pencabutan RusdianaDablang dan Hanamanteo yang tersandung skandal tak lama usai diangkat jadi pengurus ?
    Menurut saya solusi yang tepat adalah perlu diadakannya pertemuan (saya lebih suka menyebutnya sarasehan) minimal sekali setahun terlebih saat ada pengurus baru terpilih, di sarasehan tersebut dapat diadakan sharing permasalahan mengenai kepengurusan, hal apa saja yang sekiranya akan dihadapi seorang pengurus kedepannya, penanganan permasalahan, dll. Sehingga pengurus baru akan siap dengan apa yang akan dihadapi, dan mungkin di sarasehan tersebut juga bisa saling mengetahui karakter antar pengurus. Contoh untuk masalah Hanamanteo yang jelas kita perlu tahu karakternya terlebih dahulu, untuk itu dapat dilakukan dengan sarasehan tersebut.
  5. Apa solusi Anda supaya tak bosan menyunting/membuat artikel di Wikipedia ? Atau mungkin dibiarkan saja bosan dan beralih ke kegiatan lain ? Sebutkan kegiatan apa itu ?
    Solusi agar tidak bosan menyunting/membuat artikel di wikipedia adalah dengan menyunting atau membuat artikel yang sesuai dengan topik yang diminati. Maka jika topiknya sesuai maka akan timbul passion untuk terus menyunting dan membuat. Jika mungkin merasa bosan menyunting/membuat artikel panjang bisa disiasati dengan menyunting/membuat secara bertahap. Mungkin jika dibiarkan saja bosan, maka kegiatan yang dapat dilakukan adalah melakukan hobi atau apapun yang disukai, agar otak dapat refresh.

--Glorious Engine (bicara) 14 Januari 2020 08.55 (UTC)[balas]

Hanamanteo

  1. Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, tetapi Anda hampir tidak pernah ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi sama sekali. Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?
    Saya akui saya memang jarang ikut diskusi dalam warung kopi. Namun jika saya terpilih menjadi pengurus, saya akan berusaha untuk dapat berkontribusi aktif dalam diskusi warung kopi. Tentu saya masih harus banyak belajar terlebih dahulu.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Seperti yang pernah saya lakukan, ketika saya melihat artikel yang belum terperiksa dan sepi dikunjungi, saya pasti akan memeriksa halaman tersebut, dan bilamana halaman tersebut mebutuhkan tag pemeliharaan maka akan saya beri tag pemeliharaan.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Menurut saya mutu artikel lebih penting daripada jumlah artikel, lebih baik artikel tidak terlalu banyak namun berkualitas daripada banyak namun kurang berkualitas. Sehingga artikel-artikel di WBI dapat menjadi artikel-artikel "luar biasa" dan dapat diakui oleh wikipedia bahasa lain dan masyarakat awam.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Menurut saya sistem validasi artikel harus tetap dipertahankan, karena dengan adanya sistem validasi artikel tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas artikel di WBI dan dapat dilihat apakah artikel tersebut bebas dari vandal. Untuk mengurangi perubahan tertunda yang "menumpuk" bisa disiasati dengan meningatkan pada para editor mengenai jobdescnya. Cara lainnya bisa dilakukan saat ada kopdar-kopdar, validasi artikel dapat menjadi agenda tambahan di kopdar.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Terdapat juga banyak pengusulan penghapusan yang belum kunjung ditutup selama berbulan-bulan. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Jika saya menjadi pengurus, saya akan mencoba untuk memperbaiki artikel-artikel yang yang bermasalah, kategori-kategori yang yang tak terpakai, belajar untuk menangani vandalisme di WBI, dan yang lain-lainnya sebisa mungkin.

Rachmat04

  1. Bidang administratif apakah yang Anda hendak tangani apabila terpilih menjadi pengurus kelak?
    Jujur saja saya kurang tahu pembagiannya bagaimana, tapi akan saya usahakan semua yang saya bisa lakukan selayaknya seorang pengurus.
  2. Kontribusi manakah yang Anda anggap terbaik yang pernah Anda lakukan di sini?
    Mungkin kontribusi terbaik saya di WBI adalah perbaikan-perbaikan artikel mengenai prefektur di Jepang, seperti Prefektur Hokkaido, Prefektur Fukushima, dll.
  3. Pernahkah Anda terlibat dalam konflik dengan pengguna lain dalam hal menyunting artikel tertentu atau apakah ada pengguna lain yang membuat Anda stres? Bagaimana Anda menyikapinya dan jika terulang lagi di masa depan bagaimana Anda akan menyikapinya?
    Saya pernah terlibat konflik dengan pengguna lain, untuk menangani itu saya jelaskan pada pengguna di halaman pembicaraan pengguna tersebut, namun pengguna tersebut masih "ngeyel" sehingga aku tanya ke pengurus saat itu.

HaEr48

  1. Dari semua kontribusi Bung selama ini, bagian mana yang menurut Bung paling berguna sebagai persiapan atau gambaran untuk tugas-tugas pengurus?
    Bagi saya kontribusi selama ini yang berguna untuk sebagai persiapan tugas-tugas pengurus adalah validasi artikel. Dari validasi artikel saya jadi tahu mana artikel yang layak dihapus, mana yang perlu dikembangkan, dll.

Alqhaderi Aliffianiko

  1. Sebagai perwakilan dari koordinator Stasiun Kereta Api Indonesia hanya menanyakan satu saja pertanyaan, terkait dengan berkas-berkas bermasalah. Jadi, kami merencanakan penghapusan berkas-berkas bermasalah hak cipta dan berkas-berkas nonbebas yang tidak pernah dipakai, yang timbunannya ada di berkas tidak terpakai. Selain itu, terkait berkas nonbebas yang belum mempergunakan {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}, kira-kira langkah apa yang bisa Anda ambil? Jika berkas tersebut sudah memenuhi alasan penggunaan media nonbebas, apakah Anda mau menandainya dengan image has rationale=yes? Karena masih banyak yang memerlukan peninjauan. Nuwun.
    Mengenai berkas-berkas bermasalah, jika saya menjadi pengurus akan saya hapus berkas-berkas tersebut jika saya temukan berkas yang bermasalah pada hak ciptanya dan juga berkas non-bebas yang tidak memenuhi alasan penggunaan media nonbebas. Mengenai berkas yang tidak digunakan, jika memenuhi syarat dan masih bisa dimasukan ke artikel maka lebih baik dimasukan ke artikel yang sesuai, jika tidak bisa dimasukan ke dalam artikel maka lebih baik dipindahkan ke Commons, bilamana tidak memenuhi syarat maka akan dihapus. Terkait berkas nonbebas yang belum menggunakan templat NFUR dan NFUR2 maka lebih baik dihapus. Dan untuk berkas yang memenuhi WP:NFUR jika saya temukan maka akan saya berikan image has rationale=yes. Matur suwun.

Alqhaderi Aliffianiko (bicara) 23 Januari 2020 00.38 (UTC)[balas]

Bagas Chrisara

  1. Pertanyaan saya semuanya terkait berkas.
  • Menurut Anda, apakah berkas ini sudah memenuhi alasan pengguna berkas nonbebas? Jika sudah, mohon jelaskan mengapa Anda berpikir demikian, begitu pula sebaliknya.
  • Apakah ada yang keliru pada berkas ini? Jika ada, mohon jelaskan secara singkat.
  • Undang-undang hak cipta manakah yang berlaku di proyek Wikimedia? (seluruh proyek Yayasan Wikimedia, bukan hanya Wikipedia bahasa Indonesia)
Jawaban Anda mempengaruhi pilihan saya. Apabila Anda menjawab dengan tepat, saya akan mempertimbangkan untuk mendukung pencalonan Anda. Apabila jawaban Anda kurang memuaskan, maka saya akan memilih abstain.
  1. 1. Belum, karena lisensinya salah. Di berkas tersebut lisensi yang digunakan adalah {{TampilanSitus}} tidak menggunakan {{Fairuse}}.
    2. Saya tidak menemukan kesalahan pada berkas tersebut.
    3. Domain publik, berdasarkan juga pada Konvensi Bern.

Veracious

Terkait dengan pertanyaan di atas, saya lihat anda mengutamakan mutu dalam memberikan status/hak "editor" ataupun "peninjau otomatis". Apa yang anda lakukan bila anda mendapati seorang editor atau peninjau yang:

  1. Membuat artikel suatu perusahaan/produk/tokoh yang tidak memenuhi kelayakan (bersifat promosi)
    Untuk halamannya, yang pertama dilakukan adalah diperingatkan terlebih dahulu dengan tag {{iklan}}, jika dalam beberapa hari tidak diindahkan maka dapat diusulkan dihapus dengan {{hapus|u11}}, dan jika tidak ada perubahan maka bisa langsung dihapus. Untuk penggunanya jika ia baru melakukannya sekali maka kita peringatkan jika diulangi sekali lagi maka dapat diblokir selama 24 jam, jika masih dilakukan hingga 4 kali dalam seminggu atau 6 kali dalam sebulan maka dapat diblokir selamanya.
  2. Melampirkan/memakai sumber referensi yang tidak kredibel, ataupun menggunakan blog pribadi milik si editor/peninjau.
    Dilihat terlebih dahulu jika masih bisa dikembalikan ke revisi yang masih bisa diterima maka dikembalikan ke revisi tersebut jika tidak bisa atau bisa juga diberikan {{fact}} di kalimat yang bermasalah. Untuk penggunanya bisa diberi peringatan dan diberikan pengertian mengenai sumber yang terpercaya.
  3. Menerjemahkan artikel secara asal-asalan
    Untuk halamannya dapat ditambahkan {{periksaterjemahan}}, jika masih tidak diperbaiki dapat diusulkan dihapus dengan tag {{hapus|a2}}, jika tidak diindahkan maka dapat dihapus langsung untuk menjaga mutu artikel di WBI. Untuk penggunanya dapat diperingatkan terlebih dahulu dan diberi tahu atau diingatkan lagi mengenai panduan dalam menerjemahkan artikel.
  4. Menandai suntingan yang jelas-jelas vandal sebagai terperiksa
    Halamannya dikembalikkan ke revisi yang yang terperiksa. Untuk penggunanya dapat diberikan pengertian terlebih dahulu, jika masih dilakukan lagi dapat diperingatkan, dan jika masih dilakukan sekali lagi dapat diberikan blokir selama 24 jam.
  5. Melakukan vanitas
    Untuk halamannya bisa dikembalikan ke terperiksa atau bisa diperbaiki sendiri agar menjadi lebih baik. Sedangkan untuk penggunanya dapat diingatkan kembali mengenai kebijakan dan pedoman yang ada WBI. Terima kasih.

Lihat pula