Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Hariadhi untuk pengurus 1 Februari 2013/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman Sesi Tanya Jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2013, Hariadhi (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuthAdminwpo.png.

Sesi tanya jawab berlangsung sejak 16 Januari 2013 hingga 30 Januari 2013. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani di bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Visi, Misi, dan Key Performance Index[sunting sumber]

Sebelum ditanyakan, saya akan buatkan visi dan misinya:

Visi[sunting sumber]

Visi itu harusnya sederhana saja, supaya semua orang bisa mengerti dan menerjemahkannya untuk bergerak bersama:

Misi[sunting sumber]

  1. Citra seorang Pengurus yang awalnya begitu ditakuti karena bisa memblokir, menghapus, dan melindungi suatu artikel, bisa berubah menjadi sahabat yang menyenangkan bagi para pengguna, terutama pengguna baru. Untuk itu, saya akan menggunakan seluruh wewenang pengurus dengan hati-hati. Saya janji sebelum memblokir pengguna, saya akan meminta persetujuan di Warung kopi atau facebook pengguna wikipedia. Jika ada satu suara saja yang tidak setuju, saya tidak akan memblokir. Tentu saja si penentang usulan ini harus bertanggung jawab. Ia akan saya tugaskan membantu pengguna nakal tersebut.
  2. Dorongan untuk melengkapi gambar dan berkas di Wikipedia. Seiring makin gemuknya jumlah artikel di Wikipedia, orang akan semakin tertarik mencari informasi di sini. Masalahnya sumber gambar yang khas Indonesia sangat kurang. Artikel di Wikipedia seringkali terlihat sebagai kumpulan tulisan yang panjang dan menjemukan. Harus ada yang berbuat sesuatu untuk masalah ini, karena gambar akan meningkatkan mood orang saat membaca artikel. Artikel yang menarik akan menarik pengguna baru untuk ikut berkontribusi.
  3. Saya akan menciptakan sistem mentoring. Pengguna baru akan diberikan referensi pengguna yang cukup berpengalaman dan sabar untuk membimbingnya selama beberapa minggu awal di Wikipedia. Ini akan memberi keuntungan ganda. Pengguna baru akan merasa nyaman karena ada yang membantunya seandainya melakukan kesalahan. Selain itu si pengguna berpengalaman akan terlatih untuk bersikap sabar. Pada waktunya, ia akan siap menjadi pengurus baru.

Key Performance Index[sunting sumber]

Di akhir tahun 2013 (terutama jika diingatkan), saya akan membuat laporan sejauh mana wikipedia berkembang, yang menjadi target:

  1. Paling tidak 5 pengguna baru yang menjadi aktif menyumbang artikel dan terlibat di komunitas
  2. Foto pilihan di halaman depan tidak lagi didominasi foto dari wikipediawan luar negeri.
  3. Upaya berdiskusi dengan ramah paling tidak dengan 100 pengguna yang baru terdaftar.
  4. Melayani keluhan dari pengguna paling tidak dari 50 kali (jika aduan tidak mencapai 50, paling tidak 75 persen dilayani)

Jika tiga dari empat point itu tidak tercapai, ingatkan saya untuk mengundurkan diri di akhir tahun ini.

Nah, setelah membaca Visi misi ini, silakan ajukan pertanyaan:

Pertanyaan dari Aldo Samulo[sunting sumber]

  1. Menurut anda apakah anda layak jadi pengurus dan apa visi dan misi anda setelah menjadi pengurus?
  2. Lalu bagaimana pendapat anda kalau pengurus Wikipedia diberi gaji atau upah atas setiap suntingannya?
  3. Lalu menurut anda bagaimana kinerja pengurus yang ada saat ini?
  4. Menurut anda siapa pengurus pada saat ini yang memiliki kinerja paling baik dan siapa pula yang paling buruk?
  5. Menurut anda berapa jumlah ideal pengurus saat ini?
  6. Menurut anda siapa saja yang layak menjadi pengurus Wikipedia dari calon pengurus saat ini?
  7. Menurut anda apa sih enaknya jadi pengurus?
  8. Menurut anda apa sih tanggungjawab pengurus?
  9. Bagaimana cara anda mempromosikan Wikipedia?
  10. Apa arti Wikipedia bagi anda dan bagi umat manusia?
  11. Menurut anda apakah proses ini penting dalam pemilihan pengurus dimana pada masa-masa awal wikipedia tidak serumit ini kan dalam pemilihan pengurus. Aldo samulo (bicara) 16 Januari 2013 04.06 (UTC)[balas]
Jawaban atas pertanyaan Aldo samulo

Terima kasih untuk perhatiannya, Aldo. Jawaban di sini pakai Bahasa Indonesia yang resmi ya. Biasanya di Wikipedia pake lu gw. :P

  1. Visi Misi nanti saya buatkan di atas karena akan jadi hal yang sering ditanyakan. Layak atau tidak ditentukan oleh persyaratan yang berlaku. Tapi kalau pertanyaannya merasa bisa atau tidak, itu baru masalah kesiapan personal :). Saya sudah berkontribusi dari 2007, beberapa di antara penyuntingan artikel luput dari pencatatan karena hingga 2012, saya sering menggunakan Wikipedia dari akses publik. Setelah menikah dan menetap, kini saya sudah memiliki akses 24 jam internet dari rumah, walaupun tidak seluruhnya untuk Wikipedia. Dulu kami menggunakan pemantau berupa MIRC yang, walaupun kuno, bisa memberikan update jauh lebih cepat dari halaman perubahan terbaru atau twitter sekalipun, dan tidak perlu klik tombol refresh berkali-kali. Saya tinggal mengaktifkan ulang di rumah.
    WikipediaMIRC.jpg
  2. Wikipedia sebenarnya punya anggaran yang besar sekali. Tidak sulit melakukan itu. Tapi uang mengubah semangat berbagi dan kesetaraan di Wikipedia. Secara otomatis, sistem penggajian akan menciptakan hierarki: Siapa yang dibayar mahal, siapa yang murah, siapa yang tidak dibayar, dan seterusnya. Saya memiliki bisnis sendiri di bidang Desain Grafis. Kalau saya butuh uang, saya akan bekerja sesuai dengan keahlian saya. Jika ingin mengabdi kepada ilmu pengetahuan, saya akan gunakan Wikipedia.
  3. Saya tidak dalam posisi berhak mempertanyakan prestasi pengurus. Ada beberapa kelalaian memantau yang menyebabkan beberapa artikel menyampaikan informasi salah selama berbulan-bulan. Tapi itu bukan sepenuhnya tanggung jawab pengurus. Seluruh pengguna pada dasarnya bertanggung jawab mengawasi. Masalah perkembangan jumlah artikel, saya tidak terlalu peduli, karena sebenarnya tidak mencerminkan kualitas suatu Wikipedia. Yang perlu digarisbawahi adalah komunitas yang nyaman bagi seluruh pengguna sehingga penyunting aktif terus bertambah jumlahnya. Inilah menurut saya inti pekerjaan seorang pengurus, dibandingkan tanggung jawab di posisi lainnya. Saya lebih suka terlibat di Wikipedia dengan jumlah total artikel 10 ribu saja, tapi semua pengguna merasa nyaman, bertanggung jawab dalam menyunting, dan mengenal satu sama lain. Dan akan lebih menantang jika bisa menciptakan komunitas sebagus itu walaupun jumlah artikel telah mencapai ratusan ribu.
  4. Idem dengan jawaban sebelumnya, saya tidak merasa berhak mengukur kinerja pengurus lain. Saya kenal secara pribadi dengan Ricky Setiawan. Kami berdua setuju Wikipedia Bahasa Indonesia harusnya menjadi sebuah komunitas yang menyenangkan, bukan yang setiap detik ada penghapusan halaman dan pengguna yang terkena blokir. Revo Arka Giri Soekatno dan Ivan Lanin juga pengurus yang cukup ramah. Ignatius Yordan Nugraha mungkin dulu menyebalkan bagi kami (to be honest dulu sering kita gosipin rame-rame, hihihi), tapi seiring waktu dan pengetahuan dan tingkat pendidikannya yang terus bertambah, ia menjadi pengurus yang semakin bijak. Stephen Suleeman penghapus artikel nomor satu, yang dulu sering dikomplain. Tapi bisa dimengerti mengenai standar dan ketelitiannya yang sangat tinggi. Pengurus-pengurus yang baru, saya tidak bisa banyak komentar. Perlu bertahun-tahun sebelum bisa mengerti cara kerjanya masing-masing.
  5. Saya percaya tidak ada ukuran terlalu banyak atau terlalu sedikit. Di masanya ada Borgx yang bisa begitu detail mengawasi setiap kesalahan dan menegur pengguna. Mungkin waktu itu, dia saja sebagai satu-satunya pengurus, cukup. Tapi sekarang tantangannya sudah berbeda. Pekerjaan seorang pengurus semakin kompleks, jumlah pengguna bertambah, artikel sudah mencapai 200 ribu, dan Wikipedia semakin sering menjadi sorotan media. Pertanda kurangnya pengurus hanya saat vandalisme meningkat dan semakin banyak perdebatan tidak perlu di Warung Kopi, yang berujung ke masalah pribadi. Saat itu terjadi, WBI bisa mulai berpikir mencari pengurus baru. Kalau bicara angka, melihat komunitas yang ada sekarang, mungkin perlu tambahan 2-3 pengurus lagi. Itu perkiraan untuk masa kini, pasti berubah pada tahun depan.
  6. Kenrick95. Secara teknis ia cukup bagus. Jika ia bisa berdiskusi dengan kalimat yang lebih ramah lagi, ia akan jadi pengurus yang sempurna.
  7. Tidak ada enaknya. Pengurus itu masalah tanggung jawab. Jika tidak ada halaman Wikipedia:Pengurus, bisakah kita membedakannya dari pengguna lain?
  8. Sudah dijelaskan sebelumnya. Inti tanggung jawab pengurus adalah menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pengguna, terutama yang baru. Bahwa ia diberi kewenangan menjaga kualitas artikel wikipedia melalui berbagai kewenangan, itu tanggung jawab tambahan. Kualitas dan kuantitas artikel wikipedia ditentukan oleh komunitas yang bahagia. Semakin bahagia, maka para pengguna akan semakin bertanggung jawab mengawasi dan mengedit artikel yang buruk. Jika kualitas komunitas semakin buruk, maka pengguna yang baik pun bisa berubah menjadi pendendam, dan balik merusak artikel. Apalagi pengguna yang sudah sejak awalnya punya niat buruk. Kalau pengurus salah dalam menggunakan fasilitas blokir, hapus, lindungi, ia akan menciptakan dendam.
  9. Tidak perlu dipromosikan pun, artikel-artikel Wikipedia sudah dirank di halaman depan Google. Tapi jika memang kebutuhan promosi itu perlu, berdasarkan pengalaman saya di advertising, Wikipedia butuh berbagai acara di dunia nyata yang berbasiskan komunitas. Tapi bukan berarti harus datang ke universitas-universitas. Jarang pengguna yang bisa loyal dari acara di tempat seperti itu. Mereka biasanya menulis karena tuntutan tugas kuliah atau dorongan dosen. Percayalah, tidak ada orang yang mau menulis karena terpaksa. Yang saya ajukan justru mereka yang begitu ingin mempopulerkan komunitasnya. Misalnya komunitas penggemar Honda Beat. Perkenalkan kepada mereka manfaat muncul di artikel Wikipedia. Minta mereka membuat acara maraton Honda Beat, dengan melengkapi berbagai artikel mengenai Skuter, Honda, Honda Beat, Rem cakram, Jarak sumbu roda dan sebagainya. Semua orang akan melakukan yang terbaik untuk hal yang mereka sukai.
  10. Wikipedia itu komunitas berbagi yang egaliter. Saya tidak perlu dinilai hanya karena titel, kekayaan, dan jabatan. Saya dinilai karena besar sumbangsih saya. Buat saya, itu idealisme hidup, dan seperti itu seharusnya dunia bekerja.
  11. Saya memiliki beberapa pengalaman dalam mengurus komunitas. Saya belajar bahwa setiap komunitas memiliki fasenya tersendiri. Saat masih kecil, komunitas masih demokratis dan saling menghargai karena semua bergerak dalam satu tujuan. Tidak sulit memilih seorang pengurus dari komunitas seperti itu. Tetapi semakin lama komunitas akan makin berkembang. Akan muncul anggota-anggota yang punya ambisi tersendiri. Intrik bermunculan, sikut sana-sini, persaingan tidak sehat, dan sebagainya. karena itu perlu kriteria baru dan proses penyaringan yang lebih teliti. Jika seorang calon pengurus punya niat berdedikasi, ia akan dengan senang hati menjalaninya.

Semoga jawabannya memuaskan, ya :) Hariadhi - Ngobrol 16 Januari 2013 15.05 (UTC)[balas]

Pertanyaan tambahan
  1. Kenapa baru sekarang anda mau menjadi pengurus dan kenapa tidak dari dulu?
  2. Menurut anda apakah pengguna di Wikipedia harus memiliki identitas yang jelas atau tidak?
  3. Menurut anda apakah perlu diterapkan batas umur minimal bagi seorang pengurus?

Aldo samulo (bicara) 17 Januari 2013 07.08 (UTC)[balas]

Jawaban
  1. Semua orang punya keterbatasan. Dulu saya berkontribusi lewat fasilitas publik (warnet, wifi, kantor, dsb). Sementara kewenangan seorang Pengurus berpotensi mengacaukan Wikipedia jika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. saya menghindari login saya digunakan untuk hal yang tidak-tidak. Lagipula belum ada yang mencalonkan. Jadi ya saya tidak berpikiran sampai ke sana.
  2. Untuk tujuan berkontribusi saja jelas tidak perlu. Saya beberapa kali menyunting tanpa login. Tapi jika berhubungan dengan syarat kepengurusan, acara wikipedia tertentu, upload berkas, dsb jelas perlu. Itu untuk keuntungan penggunanya sendiri, tidak harus dilihat sebagai suatu aturan yang memaksa. Jika kita ingin pengguna beramai-ramai memakai identitas jelas, tonjolkan manfaatnya daripada membuat peraturan yang mengharuskan mencantumkan identitas asli.
  3. Atas nama semangat egaliter, tidak perlu. Tapi realitanya, kedewasaan memang menentukan sikap bijak seseorang. Tapi kedewasaan tidak harus diukur dengan umur. Cara berkomentar, menanggapi komentar orang lain, menanggapi hinaan, ditolak oleh komunitas, bisa dengan mudah memperlihatkan kedewasaan seorang calon pengurus. Setuju ada poin kedewasaan dalam pemilihan pengurus, tapi tidak harus dengan batas usia. Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 08.49 (UTC)[balas]

Menurut anda bagaimana cara agar Wikipedia Bahasa Indonesia bisa memiliki artikel yang berkualitas dan sebanyak Wikipedia Bahasa Inggris? Aldo samulo (bicara) 17 Januari 2013 08.53 (UTC)[balas]

Mimpi bisa menyaingi Wikipedia Bahasa Inggris itu bagus, tapi saya tidak melihatnya sebagai tujuan yang perlu. Wikipedia Bahasa Inggris itu mbahnya Wikipedia. Semua orang di seluruh dunia bisa terlibat asal bisa berbahasa Inggris. Sementara di WP Bahasa Indonesia, lebih spesifik kontributor Berbahasa Indonesia, jumlahnya lebih sedikit. Kalau kita maksa mau jumlah artikelnya sebanyak en, pastinya kualitas artikel akan sangat terganggu. Begitu juga sebaliknya.
Tapi lagi-lagi demi mimpi yang bagus tidak apa-apalah. Syarat untuk bisa seperti itu adalah komunitas yang bagus. Dalam arti jumlah anggotanya banyak dan semua bertujuan kontribusi secara positif. Di sana letak peran pengurus. Dorong pengguna baru untuk terus aktif, ingatkan jika mereka salah, perkenalkan dengan pengguna lain, gunakan wewenang jika membandel dan mengganggu pengguna lain, dan tengahi kalau ada perselisihan. Kalau komunitasnya bagus, jumlah dan kualitas artikel bukan sesuatu yang sulit. Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 09.17 (UTC)[balas]

Jadi apakah perlu promosi besar-besaran di sekolah atau kampus-kampus untuk menjaring lebih banyak penyunting dan penulis di Wikipedia Bahasa Indonesia? Aldo samulo (bicara) 17 Januari 2013 09.21 (UTC)[balas]

Yang sudah ada silakan terus dijalankan oleh komunitas wikipedia dan/atau wikimedia. Jika tujuannya meraup sebanyak mungkin penyunting, kembangkan ke komunitas yang lebih fanatis. Tentunya komunitasnya dipilih yang notable sehingga tidak jatuh ke arah vanity. Kecil saja, yang penting rutin dan informasinya disebarluaskan. Di advertising kita terbiasa berpikir big impact, small budget Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 09.26 (UTC)[balas]

Bagaimana kalau diadakan pelatihan-pelatihan di sekolah-sekolah dan kampus-kampus bukankah mereka itu adalah penulis potensial? Aldo samulo (bicara) 17 Januari 2013 09.43 (UTC)[balas]

OK, ini pertanyaannya saya asumsikan harus di sekolah dan kampus ya... Kalau memang begitu, coba tidak berhenti di pelatihan saja. Bisa dikembangkan menjadi grup-grup pecinta Wikipedia di sekolah-sekolah. Kalau perlu dibuat klub atau UKM Wikipediawan. Beri nomor contact dan PIC yang bertanggung jawab di tiap sekolah. PIC ini memberikan bimbingan dan laporan perkembangan komunitas di sekolah. Itu kalau pertanyaannya membatasi hanya di sekolah dan kampus saja ya.. Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 16.17 (UTC)[balas]

Pertanyaan lagi[sunting sumber]

Apakah anda sudah siap untuk menjadi pengurus dan mengurusi Wikipedia? Menurut anda apakah metode pemilihan seperti ini sudah sangat baik atau malah sangat buruk? Aldo samulo (bicara) 18 Januari 2013 01.59 (UTC)[balas]

Harus siap. Kan sudah menyatakan kesediaan diri dicalonkan.
Soal metode... Wah saya tidak mau mengomentari sistem pemilihannya selama pemilihan berlangsung. Tugas saya hanya menjalani. Kalau memang niatnya mendedikasikan diri, seharusnya tidak merasa keberatan dengan sistem pemilihan bagaimanapun bentuknya. Kalau dipilih ya bagus.. dianggap tidak layak ya sudah. Masih banyak cara lain untuk berkontribusi. :) Hariadhi - Ngobrol 18 Januari 2013 17.26 (UTC)[balas]

Apakah sebaiknya diadakan penghargaan yang akan diberikan kepada pengurus atau pengguna yang berkotribusi aktif di Wikipedia minimal setahun sekali? Aldo samulo (bicara) 19 Januari 2013 01.44 (UTC)[balas]

Kenapa tidak? Itu usul bagus. Semua orang suka dihargai. Kalau perlu adakan tiap bulan. Tapi supaya tidak bosan, jenis dan kriterianya dibeda-bedakan. Bisa dari sisi banyaknya kontribusi, keramahan, keaktivan di warung kopi, inisiator project terbaik. Banyak kok yang bisa dijadikan penilaian. Hariadhi - Ngobrol 19 Januari 2013 05.10 (UTC)[balas]

Kalau begitu apakah anda bersedia mengusulkan untuk menyelenggarakan suatu acara di kota yang berbeda setiap tahun untuk mengadakan penghargaan bagi pengurus dan pengguna yang aktif? Aldo samulo (bicara) 19 Januari 2013 06.08 (UTC)[balas]

Usul saja gampang. Yang terpenting cara mewujudkannya. Pastinya harus bekerjasama dengan Wikimedia, dan para pengguna mendukung dulu. Tidak bisa hal itu diciptakan satu orang saja. Perlu lobi sana-sini *jawaban ala anggota DPR hehehe*Hariadhi - Ngobrol 19 Januari 2013 07.36 (UTC)[balas]

Kalau begitu apakah anda bersedia menjadi pelopor dilaksanakannya acara-acara tersebut? Aldo samulo (bicara) 20 Januari 2013 03.11 (UTC)[balas]

Bersedia? Bisa saja. Kita lihat nanti perhitungannya memungkinkan atau tidak. Dihitung dulu cukup tidak sumber daya wikipediawannya untuk menyelenggarakan? Kalau hanya diminta berkeliling, rasanya sudah dari dulu dilakukan kan? Jadi posisi saya tidak perlu disebut-sebut sebagai pelopor. Mungkin cukup yang ada saja kita usulkan kepada Wikimedia supaya diubah sedikit formatnya. Sekali lagi, kadang tidak perlu harus ide benar-benar cemerlang kalau kenyataannya eksekusinya melempem. Kadang yang sederhana lebih efektif kalau kita lakukan kecil-kecilan namun berkelanjutan. Minta berkeliling ke semua daerah (roadshow) itu bukan hal mudah diwujudkan lho :) Untuk tiket dan akomodasi saja sudah butuh jutaan rupiah. Harus diakui itu ide cemerlang. Kita hitung dulu kemampuan kita, kalau memungkinkan, bolehlah dicoba. Hariadhi - Ngobrol 20 Januari 2013 15.11 (UTC)[balas]

Pertanyaan lagi[sunting sumber]

  1. Apa yang akan anda lakukan untuk menambah jumlah artikel di WBI?
  2. Apa juga yang akan anda lakukan untuk menambah jumlah artikel pilihan dan artikel bagus di WBI?
  3. Bagaimana cara meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel di WBI secara bersamaan?

Aldo samulo (bicara) 21 Januari 2013 06.29 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Aldo Samulo

Hai Aldo, sepertinya ada pertanyaan yang berputar-putar di situ saja ya... Tapi saya akan tetap jawab:

  1. Tingkatkan kenyamanan pengguna baru. Pengguna baru biasanya senang membuat artikel baru dengan niat nekat, tabrak aturan sana sini. Memang hasilnya kebanyakan amburadul, tapi jangan dimarahi. Dengan kesabaran dalam membimbing dan apresiasi, ia akan lebih banyak lagi membuat artikel baru. Perlahan kualitas menulisnya akan tambah baik. Dalam jangka pendek, coba adakan semacam lomba Maraton yang syaratnya lebih ringan (misal lomba membuat stub, dengan syarat 100-200 kata per artikel, tidak seberat Wiki Maraton)
  2. Buat nyaman para pengguna lama. Pengguna lama tidak segitu hotnya membuat artikel baru dan stub. Mereka sudah punya skill lebih baik dan mengerti definisi artikel berkualitas itu apa, termasuk cara memberikan referensi, membuat kalimat pembuka artikel yang baik, dan mengerti bagian-bagian apa saja yang bisa dikembangkan dari suatu artikel. Ujung-ujungnya akan meningkatkan jumlah artikel pilihan dan artikel bagus. Untuk jangka pendek, dorong proyek pengembangan artikel dan portal. Wiki Maraton juga bisa dipersering pelaksanaannya.
  3. Tidak ada aturan pasti. Itu sudah jadi pertanyaan bertahun-tahun. Tapi rasanya tidak ada yang bisa menjawab cara menyeimbangkan keduanya secara bersamaan. Kalau dalam suatu event misalnya kita punya objektif menciptakan artikel sebanyak-banyaknya, mau tidak mau pasti kualitas akan sedikit dikorbankan. Kalau misalnya pengguna dihimbau untuk lebih teliti dan berkualitas dalam menyunting artikel, pastinya frekuensi mereka dalam menciptakan artikel baru dan stub berkurang. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 08.44 (UTC)[balas]

Lagi[sunting sumber]

  1. Untuk jangka panjang apa yang dapat anda lakukan agar artikel pilihan bisa cukup banyak jumlahnya di Wikipedia? Aldo samulo (bicara) 21 Januari 2013 08.51 (UTC)[balas]
Jawaban untuk Aldo samulo
Yang dijawab di atas itu untuk jangka panjang lho. :) Membuat nyaman pengguna lama itu tidak bisa sekejap. Dibuktikan dengan interaksi bertahun-tahun dengan para pengguna. Buat juga poin interaksi di luar Wikipedia, misalnya di facebook dan kopdar. Sehingga tercipta kelompok pengguna-pengguna lama yang bisa saling memberi saran dan menguatkan. Itu juga butuh effort tidak sebentar. Pengguna lama itu pada dasarnya pengguna baru yang dibimbing terus-terusan oleh para pengguna yang lebih lama lagi, sehingga cara penyuntingannya semakin matang setelah bertahun-tahun.Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 08.58 (UTC)[balas]
  1. Kalau untuk jangka pendek dalam waktu satu atau dua bulan ini? Aldo samulo (bicara) 21 Januari 2013 09.17 (UTC)[balas]
Jawaban untuk Aldo
WikiMaraton yang ada sudah bagus. Itu saya sudah usulkan sedikit modifikasi jadi WikiSprint di Warung Kopi. Jadi yang belum terbiasa menulis artikel panjang bisa coba-coba dulu di WikiSprint dan tetap dapat penghargaan. Sekali waktu kalau ada kejadian yang luar biasa seperti bencana atau pemilihan jabatan politik seperti presiden, dorong pengguna untuk bersama-sama membuat artikelnya. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 09.33 (UTC)[balas]
Lagi[sunting sumber]

Kalau anda ingin menulis artikel pilihan, artikel dengan topik apa yang akan anda buat? Aldo samulo (bicara) 22 Januari 2013 02.40 (UTC)[balas]

Seni rupa dan tata kota. Masih jarang yang buat di topik seperti ini. Hariadhi - Ngobrol 22 Januari 2013 14.48 (UTC)[balas]
Kapan anda akan memulainya? Aldo samulo (bicara) 23 Januari 2013 02.05 (UTC)[balas]
Yang mas Aldo tanyain ini kapasitas saya sebagai pengguna apa pengurus, ya? Kalau sebagai pengguna, dari dulu sudah saya kembangkan artikel-artikel seni dan budaya. Kalau sebagai pengurus ya nanti setelah pemilihan sebagai pengurus selesai. Itu pun kalau terpilih. Dan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kewenangan sebagai pengurus. Sebagai pengguna biasa pun bisa membuat artikel bagus, yang ujung-ujungnya nanti (mungkin) akan ada pengguna lain yang menominasikan sebagai artikel pilihan.
Tapi saya harus garisbawahi ya, dengan konteks pertanyaan mas Aldo di atas, saya tidak terlalu peduli status artikel pilihan saat menyunting. Itu kan dipilih by vote. Mau saya jadi pengurus pun, tidak banyak yang bisa saya lakukan untuk membuat artikel-artikel yang saya buat untuk dipaksakan jadi artikel pilihan. Kalau pengguna lain suka, mereka boleh nominasikan, kalau tidak ya sudah. Hariadhi - Ngobrol 23 Januari 2013 04.42 (UTC)[balas]

Bagaimana bayangan anda akan WPID dimasa yang akan datang? Aldo samulo (bicara) 23 Januari 2013 04.55 (UTC)[balas]

Wikipedia Bahasa Indonesia seharusnya juga bukan hanya jadi sekumpulan orang yang ahli memakai satu platform wiki saja, tapi juga komunitas di dunia nyata yang akrab satu sama lain. Lihat lagi saja visi saya :) Hariadhi - Ngobrol 23 Januari 2013 12.01 (UTC)[balas]

Lalu menurut anda bagaimana dengan Wikipedia dan wiki lainnya yang sudah ada dalam Bahasa Indonesia? Aldo samulo (bicara) 24 Januari 2013 03.39 (UTC)[balas]

Saya tidak aktif menyumbang di wiki lainnya, jadi tidak bisa dan tidak punya hak untuk mengomentari project-project tersebut. Hariadhi - Ngobrol 24 Januari 2013 03.56 (UTC)[balas]

Menurut anda siapa pengguna paling berjasa di WPID? Aldo samulo (bicara) 24 Januari 2013 08.53 (UTC)[balas]

Tidak ada. Wikipedia proyek kolaborasi. Tidak ada yang berhak mengklaim paling berjasa. Kita bisa kagum pada wikipediawan tertentu, dan merasa tidak suka dengan yang lainnya. Tapi semua pengguna punya kontribusi yang tidak bisa dibanding-bandingkan satu dengan yang lainnya. Jika ingin jadi pengurus yang adil, harus bisa menghindari hal-hal yang subjektif seperti itu. Hariadhi - Ngobrol 24 Januari 2013 12.32 (UTC)[balas]
Lagi[sunting sumber]

Apakah anda bisa terpilih menjadi pengurus pada pemilihan kali ini? Aldo samulo (bicara) 30 Januari 2013 07.42 (UTC)[balas]

Wah, itu hak setiap pengguna untuk menentukan lewat pemberian suara. Kalau yang ditanya "apakah mungkin terpilih menjadi pengurus?", jawabannya pasti ada kemungkinan. Apakah kemungkinannya besar atau kecil? Saya tidak tahu Hariadhi - Ngobrol 30 Januari 2013 14.22 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Imanuel NS Uen[sunting sumber]

Halo, saya mau tanya, lucu sih ada visi misi nya hehehehe.... kalau anda menaruh visi dan misi di atas, Objektif nya apa? soalnya kan ada paling tidak ada 5 pengguna baru yang aktif, dsb. Lalu pertanyaan selanjutnya, mentor setau saya sudah ada deh, tapi tidak berjalan, nah bagaimana cara anda untuk menarik orang untuk menjadi mentor dan pengguna baru pasti gak tau kalau ada mentor, bagaimana cara dia tau nya? pertanyaan selanjutnya, kalau visi misi anda tidak jalan gimana ntuh? apakah anda bersedia mengundurkan diri atau bersi kekeh jadi pengurus? hehehehe... ^^V GBU Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 17 Januari 2013 10.44 (UTC)[balas]

Jawaban

Hahaha ya tidak apa-apa dong. Kebetulan Aldo minta, saya berikan. Karena saya pikir akan jadi bahan pertanyaan oleh pengguna yang lain, maka saya taro saja di atas. Supaya tidak berulang-ulang menjawabnya. :)

Objektif maksudnya di sini tujuan garis besarnya apa ya? Kan bisa dilihat dari visi. Tujuannya supaya komunitas ini bisa bahagia. Kalau yang dimaksud objektif adalah target, bisa dilihat dari Key Performance nya. Itu kalau main game, adalah syarat-syarat mission objective yang harus diselesaikan. Kalau tidak dicentang hingga waktu tertentu, maka game over. Di bawahnya saya tulis kok. Kalau 3 dari 4 poin di atas tidak terpenuhi, ingatkan saya untuk mengundurkan diri.

Soal mentoring, kita bisa ciptakan group pengguna yang bernama Group mentor. Tidak perlu resmi seperti jabatan pengurus, birokrat, editor, etc. Volounteering bagi yang mau. Kumpul-kumpulnya bisa di Facebook saja, karena lebih efisien. Sekali-sekali kopdar. Anggotanya cari saja dari yang mau berbuat lebih untuk wikipedia.

Cara tahunya gimana? Nanti kan kita bisa lihat pengguna baru yang terdaftar. Kalau dilihat dari kontribusinya cukup lumayan dan sering login, serta tidak malu-malu bertanya kepada yang lain, pengurus yang mematchkan dengan mentor yang tersedia. Atau mentornya yang berinisiatif menghubungi. Lumayan kan sekalian cari jodoh, siapa tahu cocok dan cinlok. hehehe Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 16.28 (UTC)[balas]

Hahahaha okay deh, thanks jawabannya. (Gak mau teoritis ah, kyak pemilu Cagub aja). satu pertanyaan lg ya, Kenapa saya harus memilih anda? (kalau anda tidak berharap saya memilih anda, tidak usah di jawab gpp kq ^^V).Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 18 Januari 2013 11.15 (UTC)[balas]
Karena saya ganteng. Hahahahaha. Yang saya janjikan upaya supaya Wikipedia semakin nyaman. Kalau itu yang kira-kira Mas Imanuel butuhkan, boleh pilih saya. Tapi bila niatnya di luar dari itu, boleh menolak memilih saya. Saya tidak menjanjikan jadi pengurus yang memelototi perubahan terbaru selama 24 jam non stop, tapi saya akan usahakan supaya puluhan pengguna aktif di Wikipedia menganggap memelototi perubahan terbaru selama 24 jam non stop itu kegiatan yang menyenangkan. :P Hariadhi - Ngobrol 18 Januari 2013 17.22 (UTC)[balas]
Thanks untuk jawabannya hariadhi , pilih gak yaaaaaa wkwkwkwkwkwk wani piro hahaha JK bro alias Just Kidding salam. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 20 Januari 2013 15.55 (UTC)[balas]
Wah ada tawaran money politic nih? Hahahaha. Yuk kapan2 ketemu ngobrol dan ngopi2. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 09.09 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Kenrick95[sunting sumber]

Singkat saja, jelaskan apa kelebihan dan kekurangan Anda dalam komunitas Wikipedia bahasa Indonesia. ·· KℇℵℭK 17 Januari 2013 13.04 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Kenrick95[sunting sumber]

Kekurangan:

  1. Sejarahnya dulu saya jarang login, jadi mungkin kelihatannya kontribusi saya tidak signifikan. Tapi setelah januari ini saya akan lebih sering login dari IP pribadi.
  2. Tapi memang saya juga bukan mesin kontributor. Boleh lihat daftar sumbangan saya di halaman pengguna. Saya tidak terlalu ahli membuat stub jadi secara angka suntingan saya memang tidak begitu heboh dibanding calon pengurus lain. Artikel yang saya buat biasanya saya siapkan dulu di Notepad sampai benar-benar final, baru saya salin ke Wikipedia dan dipoles sana-sini.
  3. Pertama kali join saya ini bawel. Mungkin sampai sekarang masih tersisa kebawelannya.

Kelebihan:

  1. Saya bisa luangkan waktu lebih untuk pembinaan gambar dan berkas di Wikipedia. Salah satu bidang pekerjaan saya adalah Fotografi. Mungkin itu bisa jadi nilai lebih dalam mengembangkan komunitas Wikipedia. Kalau mau nanti kita adakan hunting bareng deh untuk melengkapi koleksi foto-foto museum di Wikipedia, misalnya.
  2. Saya bukan penganut deletionist. Jadi pengguna baru yang masih amburadul suntingannya, atau pengguna lama yang sering stress karena suntingannya sering dihapus pengurus, boleh bernapas lega karena kalau saya jadi pengurus tidak akan menambah beban pemikiran mereka. Semua suntingan punya nilai, saya akan usahakan selamatkan yang masih punya makna, seamburadul apapun. Tapi yang vandal, jangan harap.
  3. You can meet me (almost) 24 hr on Facebook. Jadi kalau ada curhat pribadi, masalah cinta, atau gosipin pengguna lain, ga perlu malu. TIdak perlu juga bocor di halaman pembicaraan atau warung kopi. I'll keep your secret hehehe. Hariadhi - Ngobrol 17 Januari 2013 16.50 (UTC)[balas]

Pertanyaan Andreas Sihono[sunting sumber]

Satu pertanyaan saja dari saya bung Hariadhi. Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh pengurus untuk meningkatkan jumlah penyunting aktif di wikipedia? Itu saja pertanyaannya. --   ΑΠδΓɛ   ✉  18 Januari 2013 01.52 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Andreas

Hi Andreas, Secara alami penyunting aktif datang dan pergi. Mereka yang merasa nyaman akan tinggal, mereka yang merasa tersisih, diabuse, atau diserang sampai ke masalah personal akan pergi. Kita tidak bisa memaksa reaksi orang lain seperti apa. Tapi kira-kira bisa dimulai dari pengurus yang mau memanfaatkan kewenangannya dengan bijak dulu, itu sudah satu usaha meningkatkan penyunting aktif.

Kalau pengkondisian (social engineeringnya) agar pengguna aktif bisa didorong lagi agar bertambah banyak, bisa dilakukan dengan memperbanyak kopdar dan memberi penghargaan kepada grup-grup social media penggemar Wikipedia. Komunitas yang saling kenal akan saling menjaga dan menyemangati. Itu untuk jangka panjang.

Dalam jangka menengah, bisa dengan mengaktifkan sistem mentoring seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Untuk jangka pendek, perbanyak event. Baik berupa kunjungan maupun perlombaan atau project-project khusus. Berikan insentif agar orang tertarik untuk menyumbang. Hadiah kecil saja cukup, yang penting berupa sesuatu yang bisa dan layak dipamerkan kepada orang lain (bintangwiki, pin, stiker, dll). Bicara soal bintangwiki, kita bisa kembangkan bintangwiki yang mengarah kepada dedikasi, yang mirip dengan tireless contributor. Berikan ukuran yang jelas untuk mendapatkan bintangwiki tersebut, misalnya BintangWiki RajaNgopi: telah aktif di warung kopi selama lebih dari 1 tahun, BintangWiki PagarAyu/PagarBagus: Menyapa lebih dari 100 pengguna baru. Namanya harus cukup catchy dan sangat eksklusif, mendapatkannya perlu usaha dulu.

Banyak caranya, intinya adalah membuat kegiatan berkontribusi bagi wikipedia adalah hal yang menyenangkan dan mencandu karena ada reward dan kebanggaan yang didapat.

Semoga jawaban ini memuaskan Hariadhi - Ngobrol 18 Januari 2013 17.17 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Sagita Melati[sunting sumber]

  1. Menurut anda, apakah kebijakan tentang pengangkatan editor yang ada saat ini sudah tepat, atau perlu revisi?
  2. Kalau anda sudah menjadi pengurus, tiba-tiba ada pengguna lain yang mengubah artikel secara total dimana artikel tersebut merupakan artikel yang anda sunting dari awal, apa yang akan anda lakukan?

Terima kasih. Sagita Melati (bicara) 21 Januari 2013 03.56 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Sagita Melati
  1. Hai Sagita, untuk syarat pengangkatan, dari perdebatan yang pernah ada, saya pikir perlu sedikit dinaikkan jumlah edit minimalnya, karena malah jadi bertentangan dengan maksud jabatan editor: yaitu status khusus bagi pengguna yang telah berpengalaman lebih dalam menulis artikel. 150 edit dalam 3 bulan berarti setara 50 edit sebulan, atau 1,6 editan sehari. Kalau dibayangkan saya pengguna yang kebelet mau dapat hak editor, jumlah tersebut terlalu mudah diakali. Tapi kenaikannya harus hati-hati, jangan sampai terlalu berat sehingga malah tidak ada satupun yang bisa mengajukan diri jadi editor.
  2. Biasa saja. Itu hal normal yang bisa terjadi entah status saya pengurus atau pengguna biasa. Karena itu, saya akan berbicara sebagai sesama pengguna, bukan membawa-bawa status sebagai pengurus, apalagi menggunakan kewenangan saya sebagai pengurus (melindungi artikel, memblokir pengguna yang bertentangan, dsb). Bicara saja baik-baik, bandingkan hasil suntingan saya dengan suntingan dia, lalu kita mencari jalan tengah bagaimana sumbangan kita berdua bisa terakomodasi dalam satu artikel. Tapi kita tidak bicara dalam konteks vandalisme ya, yang saya maksud dalam keadaan ada perbedaan cara menyunting. Memang ada penyunting yang suka melakukan perubahan radikal, itu harus dipahami. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 06.41 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari M. Adiputra[sunting sumber]

  1. Seandainya terpilih jadi pengurus, suntingan Anda akan terkonsentrasi pada ruang nama/bagian/topik yang mana saja?
  2. Menurut anda, apakah sistem penentuan gambar pilihan yang sekarang ini sudah memuaskan?
  3. Bagaimana cara anda menghadapi pengguna yang emosional dan terlibat dalam perang suntingan?
-- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2013 04.09 (UTC)[balas]
Jawaban untuk M. Adiputra
  1. Hai M Adiputra, Pada dasarnya harus seluruh ruang nama, namun karena saya menawarkan suasana yang lebih nyaman bagi pengguna, khususnya pengguna baru, maka saya akan lebih fokus lagi di ruangnama Bantuan, Wikipedia (khususnya bagian aturan), dan Pembicaraan Pengguna (mau tidak mau pasti saya melakukan ini). Saya juga pernah ingin mengusulkan supaya ruang nama templat diperbaharui sehingga saat dibaca terasa lebih menyenangkan dan memberi bantuan, bukan malah seperti rambu-rambu yang melarang pengguna melakukan ini dan itu.
  2. Wah untuk itu perlu survei untuk menilainya. Tapi sebagai fotografer, saya ingin berpendapat bahwa beberapa kali kualitas foto yang terpilih kurang baik. Tapi itu sudah konsekuensi dalam sebuah kontes yang didasari vote, kita tidak bisa membuat puas semua orang.
  3. Diajak becanda. Kita semua manusia yang punya rasa humor. Belum ada pengurus yang koplak (baca: nyeleneh) kan? Saat ada konflik, pengurus harus bisa menjaga jarak untuk tidak ikut terlibat sebagai pelakunya. Dengan demikian dia bisa memberi pertimbangan lebih jernih dan dihormati kedua pihak yang berkonflik. (aduh.. bahasanya PPKN banget) .Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 06.16 (UTC)[balas]

Anda menjawabnya dengan baik (mantap). Sebagai hadiah, saya memberikan beberapa pertanyaan lagi (hehehe)

  1. Mana yang lebih anda utamakan, kualitas atau kuantitas artikel WBI? Jumlah suntingan atau jumlah artikel bagus/pilihan?
  2. Menurut Anda, penyunting/editor/pengurus/pengguna Wikipedia yang bersikap dewasa itu yang bagaimana?
  3. Apakah Anda pernah terlibat/terjun dalam diskusi panas sampai penggunanya gontok-gontokan? Jika ya, bagaimana cara Anda menengahinya? Jika belum, apa yang anda lakukan agar situasinya kondusif?
  4. Apakah Anda menganut deletionisme seperti yang terjadi pada artikel-artikel berikut ini? Bagaimana tanggapan Anda? Apakah Anda siap untuk menjadi pengurus yang teliti seperti Borgx dan Ivan Lanin?
  5. Satu lagi, apa bedanya pengurus dengan pengguna lainnya?

Sekian. Salam Wikipedia. -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2013 07.26 (UTC)[balas]

Jawaban untuk M Adiputra

Kalau dijawab lagi dapat hadiah piring cantik ga? hehehe

  1. Konsentrasinya akan di kualitas. Masalahnya artikel bagus itu seperti fenomena pecah telor. Kalau sudah ada yang membuat stubnya, akan lebih besar kemungkinan suatu saat ada pengguna lain yang menyunting sampai benar-benar bagus. Selagi masih pranala merah, pengguna akan malas membuka, apalagi menyunting. Jadi ya upaya mendorong pengguna untuk menciptakan artikel pendek dalam jumlah banyak pun tidak akan dinihilkan Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 08.02 (UTC)[balas]
  2. Mudah saja, saat ia tidak menjadikan artikel sebagai konsentrasi utama pekerjaannya. Yang harus diperhatikan adalah suasana hati pengguna. Kalau seseorang ngotot hanya mengurusi artikel, ia akan lupa kalau suatu saat artikel itu akan disunting oleh orang lain dalam suasana kolaborasi. Hasilnya dia akan serang sana-sini hanya demi mempertahankan suntingannya.
  3. Pasti pernah. Bahkan sampai melebar sampai ke komunitas di luar Wikipedia. Karena status sebagai pengguna, beberapa kali saya terseret dan akhirnya terlibat dalam marah-marahnya. Tapi pelan-pelan saya belajar, semua orang ngotot karena punya aspirasi. Selagi aspirasinya diakomodasi, emosinya hanya akan bertahan sebentar.
  4. Tidak, saya bukan penganut deletionisme. Tenang saja. Selama jadi pengguna, saya jarang menggunakan templat hapus, paling-paling itu saya tujukan untuk artikel saya sendiri yang saya pandang tidak layak/berimbang untuk masuk Wikipedia. Koneksi saya sedang lambat sekali. Nanti saya lihat satu per satu contoh kasus yang Anda ajukan.
  5. Kalau dilihat dari sisi pandang seorang pengguna, harusnya tidak ada. Sekali lagi, seandainya tidak ada halaman daftar pengurus, memangnya kita bisa sadar seseorang itu pengurus atau bukan? Tapi dari sisi tanggung jawab dan komunitas, ia punya kewajiban dan wewenang khusus yang dalam kenyataannya sering tidak kita sadari sedang dilakukan Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 08.02 (UTC)[balas]
Jawaban berkaitan contoh kasus pengajuan penghapusan
  • Minas Tirith yang diajukan penghapusannya hanya bicara dalam konteks karya fiksi Lord of The Ring, yang menjadikannya tidak terlalu notable. Lebih baik diringkas dan pindahkan isinya menjadi bagian dari artikel The Lord of The Ring. Kalau tidak ingin dihapus, saya akan sarankan kepada pembuat artikelnya atau bantu mengembangkan agar tidak hanya dilihat sebagai bagian dari LOTR. Coba saja disearch, ada kok.
  • Sarang semut tidak bisa dibilang tidak layak. Bahasan mengenai ini mudah ditemukan di surat kabar, situs, dan buku. Ini sebenarnya hanya kasus artikel stub yang terlalu pendek (oneliner), bukan kelayakan. Saya akan minta penyuntingnya untuk mengembangkan lebih baik lagi, dilengkapi dengan referensi dan templat yang menyatakan artikel ini tidak boleh dianggap sebagai saran medis (karena wikipedia bukan dokter pribadi).
  • Yuri (penyanyi) Biasanya selebriti sulit untuk dinilai tidak notable karena bahasannya pasti ada di surat kabar atau situs. Hanya perlu dilengkapi saja. Pertimbangkan saja untuk dinilai berapa banyak karyanya, karena kalau tidak nanti semua calon seleb yang baru mau satu atau dua sinetron menuntut artikelnya harus ada di Wikipedia.
  • Yue Jin bagian dari sejarah Romance of Three Kingdom kan? Walaupun sedikit berbau legenda, seperti kasus Minas Tirith, ada baiknya dicari bahan-bahannya. Kalau memang banyak dibahas, kenapa tidak? Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 08.30 (UTC)[balas]

Untuk kasus karya fiksi sekaliber The Lord of the Rings dan Kisah Tiga Negara memang banyak punya artikel yang berdiri sendiri, dan yang kurang notable disatukan dalam daftar. Jadi memang harus cek dulu. Kalau bagi saya sih, patokannya interwikinya banyak atau tidak, karena bila banyak edisi yang mengatakan notable, mengapa kita tidak LaughingOutLoad.gif (sekadar pedoman pribadi). Mengenai artikel penyanyi, apalagi tentang grup tenar yang berulang kali diliput media massa seperti SNSD, memang layak dibuatkan artikel, apalagi banyak membernya yang karier solo. Artikel tentang spesies, apalagi yang unik, memang harus dibuatkan artikelnya. Demikian pendapat saya. -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2013 08.47 (UTC)[balas]

Betul, kasus ini dulu juga pernah terjadi dengan komik Dragon Ball. Dan yang kita serang malah mbahnya Wikipedia Bahasa Indonesia, Revo AG Soekatno. Tapi akhirnya disepakati pecahan seri Dragon Ball akan kita kembangkan bersama, ketimbang dihapus. Saya ikut menyumbang di beberapa seri. Walaupun tidak banyak berkontribusi di sana, tapi bisa jadi contoh bagaimana penghapusan bisa dihindari (tapi tidak tahu yaaa seandainya akhirnya kumpulan seri komik tersebut tetap dihapus. Saya ga masukin ke daftar pantauan Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 09.05 (UTC)[balas]
Ya, benar. Sepertinya artikel buku-buku Dragon Ball hanya wikipedia ini saja yang punya. Tidak notable sih, tapi biarlah, kelak (mungkin) ada pengguna ahli Dragom Ball yang mau mengembangkan . Ngomong-ngomong, sebelumnya Anda pernah nonaktif berbulan-bulan. Kalau boleh tahu, Anda sedang bertapa di mana saat itu? Dan, seandainya Anda terpilih jadi pengurus, artikel bertopik apa saja yang anda kuasai (saya mau cari tempat bertanya (hehehe)) dan masalah teknis seputar apa saja? -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2013 11.14 (UTC)[balas]
Wah gimana ya... Di setiap fase hidup kita perlu berkonsentrasi terhadap sesuatu. Dan itu masa-masa saya lulus dan mencari kerja. Nanti semua orang pasti merasakan deh :D . Kebetulan tempat kerja saya 9 to 9 dan tidak bisa terlalu sering memakai komputer untuk kepentingan di luar kerja. Bukan berarti saya ga aktif sama sekali. Kadang ngedit kecil-kecilan, tapi tanpa login. Sesempatnya kalau bisa saya masuk dari wifi tempat ngupi sepulang kantor. Lihat-lihat sedikit, lalu cabut. Karena itu judulnya kolaborasi kan? Saatnya saya sedang tidak bisa berbuat banyak, ditutupi oleh usaha pengguna lain.
Di awal mengedit, saya mahasiswa seni rupa, jadi banyak menyumbang topik seni dan budaya. Saya sempat kerja sebagai strategic planner, jadi mungkin bisa bertanya soal komunikasi. Boleh juga soal fotografi, atau tata kota. Kalau bisa saya jawab, saya akan jawab. Kalau tidak, saya akan bantu cari referensinya.
Masalah teknis.. hmmm.. Saya tidak banyak berkecimpung di sana. Kadang saya mengedit templat. Di tempat kerja saya harus bisa mengerti cara kerja css (bukan bisa bikin ya). Tapi saya orangnya fast learner kok. Mungkin nanti saya akan berusaha memahami js dan php yang banyak digunakan dalam wiki ini (semua halaman saya lihat memakai php dan widget tertentu memakai bantuan js).Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 15.07 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Farras[sunting sumber]

Bung Hariadhi, jawab singkat-dan-padat ya, apa yang mau diurus setelah jadi pengurus? Terima kasih. FarrasLa Poste 21 Januari 2013 04.35 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Farras
Hai Farras... Saya melihat Wikipedia Bahasa Indonesia bukan sebagai ensiklopedia raksasa. Itu cuma resultnya. Yang akan saya urus adalah para penyumbangnya. Mereka manusia yang butuh belaian lembut dan tatih tayang. Hahahaha.
Kalau jawaban seriusnya: Seluruh pengguna Wikipedia Bahasa Indonesia. Seandainya jadi pengurus, saya wajib memenuhi kebutuhan mereka untuk menciptakan artikel yang layak. Saya tidak akan berkutat mengurusi artikel, sampai jadi semacam watchdog. Itu kita jaga bersama-sama. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2013 06.01 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Bozky[sunting sumber]

Selamat Pagi Mas Hari, ada beberapa pertanyaan dari saya :

  1. Sebagai pengurus, apa yang akan anda lakukan jika anda menerima ancaman hukum dari pengguna lain ?
  2. Mohon dijelaskan lebih lanjut, apa yang dimaksud dengan Jangan mengacau untuk pembuktian ?

Terima kasih. Salam, -- Bozky (bicara) 28 Januari 2013 01.10 (UTC)[balas]

Jawaban untuk Bozky

Selamat Pagi Bozky yang baik..

  1. Kalau niatnya baik setahu saya kita tidak perlu merasa khawatir ditakut-takuti dengan hukum kali ya? Sebelum proses hukum berjalan, biasanya ada proses mediasi yang memungkinkan semuanya diselesaikan baik-baik. Kuncinya tidak merasa sok kuasa, sok tahu, atau merendahkan orang yang berkonflik dengan kita. Hargai orang lain. Di mana-mana tuntutan hukum adalah cara paling terakhir untuk menyelesaikan masalah. Karena hasilnya menang atau kalau, kedua belah pihak sebenarnya akan sama-sama rugi.
  2. Terus terang saya agak bingung membaca halaman yang dimaksud. Boleh kita pakai rujukan halaman di en? http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Do_not_disrupt_Wikipedia_to_illustrate_a_point karena sepertinya itu hasil terjemahan yang tidak komplit. Kalau bisa, saya bisa simpulkan maksudnya:

Kalau kita tidak setuju dengan suatu aturan, jangan malah diabuse atau dipermainkan untuk memperlihatkan kelemahan peraturan tersebut. Misalnya kita tidak suka dengan aturan "tidak boleh ada vanity". Maka seluruh artikel yang ditulis mengenai orang lain (profil) dihapus dan ditulisi "No vanity". Jelas ini akan mengganggu dan membuat kesal pengguna lain. Kalau kita tidak setuju aturan tertentu, maka langkah terbaik adalah mendiskusikannya di ruang terbuka, sehingga seluruh pengguna bisa mengevaluasi apakah aturan tersebut akan diubah, dihapus, atau malah tetap dipertahankan.

Semoga menjawab pertanyaan ya..Hariadhi - Ngobrol 28 Januari 2013 13.50 (UTC)[balas]

Terima kasih atas jawabannya Mas Hari, Mantap! Success 4U dan Salam Sejehtera Bozky (bicara) 29 Januari 2013 01.45 (UTC)[balas]
Sama-sama. Pilih no 8! hahaha Hariadhi - Ngobrol 29 Januari 2013 07.20 (UTC)[balas]
Gak ah, saya pilih no 7 aja, biar gak masuk angin Bozky (bicara) 29 Januari 2013 08.13 (UTC)[balas]
Hariadhi - Ngobrol 29 Januari 2013 12.31 (UTC)[balas]

Lihat juga[sunting sumber]