Wikipedia:Pemandu pembuatan artikel/Berita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelayakan
Sumber
Konten
Selesai

Terimakasih telah menggunakan Pemandu pembuatan artikel!

Wikipedia memiliki banyak artikel bertopik kepentingan sejarah yang sekarang ada dalam berita, dan dapat diperbarui dengan informasi terkini yang terverifikasi, namun Wikipedia bukanlah situs berita.

Menulis berita

Jika Anda ingin menulis sebuah artikel mengenai peristiwa terkini, mohon tuliskan di situs saudari kami Wikinews, sebuah proyek saudari. Namun, dalam beberapa kasus, contohnya Gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018, menulis artikel mengenai peristiwa terkini mungkin dapat diterima di Wikipedia - tetapi harus berasal dari sumber tepercaya. Apapun yang tidak tepercaya mungkin akan dianggap sebagai kebohongan dan kemungkinan akan dihapus.

Sebuah artikel biasanya dianggap tidak menarik setelah 2–3 hari setelah terjadinya kejadian dalam berita. Dua pengecualian paling umum adalah:

  • Informasi baru tiba dalam 2–3 hari, dan kejadian pada berita terjadi dalam 7 hari.
Hanya karena artikel sumber baru diterbitkan, tidak berarti informasi di dalamnya masih baru. Jika informasinya benar-benar baru, ini mungkin menandakan kejadian berita baru untuk difokuskan, meniadakan pengecualian ini.
  • Laporan asli dapat digunakan unruk menambah informasi baru yang dapat diberitakan pada artikel. Sebaliknya, riset asli (pengalaman pribadi Anda) tidak diperbolehkan di Wikipedia.

Untuk membuka Pengantar penulisan berita di Wikinews, tekan tombol dibawah.

Tulis artikel di Wikinews