Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (16 Maret 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Melanjutkan inisiatif PW:ANAK, Hariadhi dan Ricky Setiawan, ditemani Gombang menemui pihak Indonesia Menyala. Pertemuan membahas masalah transportasi buku dan rencana ke depan. Seusai pertemuan, ketiganya berbincang di McDonald's Sarinah.

Topik bahasan[sunting sumber]

Selain berbincang santai, didapatkan beberapa ide yang dapat diterapkan untuk Wikipedia bahasa Indonesia ke depannya

Pengguna Bulan Ini dan Pengguna Tahun Ini[sunting sumber]

Sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna yang memberikan kontribusi besar kepada Wikipedia bahasa Indonesia, muncul ide untuk membuat penghargaan rutin yang dijalankan sebulan sekali dan setahun sekali.

Perbaikan halaman utama[sunting sumber]

Halaman utama yang saat ini digunakan dirasa kurang memberikan fitur yang mampu mendorong pengguna, baik baru atau pun lama, untuk menyunting. Tata letak dirasa perlu disesuaikan untuk tujuan ini. Kolom tambahan yang mampu memancing ketertarikan perlu ditambahkan, seperti misalnya kolom "Permintaan artikel" atau "pengguna bulan ini" yang disebutkan di atas.

Kopi Darat Wikipedia[sunting sumber]

Direncanakan tanggal 30 Maret 2013 akan diadakan Kopi Darat Wikipediawan. Tempat dan waktu tentatif.

Sayembara nama inisiatif ensiklopedia cetak untuk anak[sunting sumber]

Nama "ensiklopedia cetak untuk anak" dirasa terlalu panjang dan sulit diucapkan. Perlu dibuat nama baru yang lebih pendek. Untuk itu, tim Ensiklopedia Cetak untuk Anak akan mengadakan sayembara penamaan inisiatif ini di halaman Facebook Wikipedia bahasa Indonesia.

Penelitian tentang umur Wikipediawan[sunting sumber]

Hariadhi berpendapat Wikipediawan yang sering menyunting biasanya berstatus sebagai siswa SMA kelas 2 atau 3 (hampir lulus) atau baru bekerja. Mereka yang berstatus mahasiswa lebih jarang menyunting di Wikipedia. Sebuah penelitian mengenai usia pengguna aktif Wikipedia bahasa Indonesia perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini.