Wikipedia:Kompetensi diperlukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.

Kompetensi diperlukan untuk menyunting Wikipedia.

Wikipedia merupakan ruang luas dengan banyak penyunting, masing-masing memiliki pendapatnya sendiri tentang cara melakukan sesuatu. Meskipun kita dapat bekerja sama secara fungsional, hal ini seringkali mengejutkan.

Salah satu pedoman kunci Wikipedia yang memudahkan kerjasama adalah mengasumsikan niat baik. Pedoman ini mengingatkan kita bahwa, meskipun terdapat perbedaan pendapat, semua orang yang terlibat (biasanya) mencoba melakukan yang terbaik menurut pandangan mereka. Meski ada yang dengan sengaja merusak proyek, penanganannya biasanya cukup mudah, dengan pemblokiran penyuntingan dan sedikit keributan.

Kontroversi sering muncul ketika penyunting secara tidak sengaja dan tanpa sadar mengganggu saat mencoba membantu. Ini dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan dari gagasan (yang sebenarnya berguna) untuk niat baik. Beberapa penyunting terlalu terfokus pada prinsip bahwa niat baik saja sudah cukup untuk menjadi kontributor yang berharga, padahal kompetensi juga sangat penting. Kekacauan yang timbul dari upaya tulus untuk membantu tetaplah kekacauan. Oleh karena itu, komunitas perlu turun tangan ketika pola perilaku seorang penyunting menunjukkan ketidakmampuan untuk berkontribusi secara konstruktif.

Setiap orang memiliki batas kemampuannya. Sebagai contoh, seseorang mungkin mahir dalam fisika nuklir, tetapi tidak memiliki keterampilan menyunting di Wikipedia, dan sebaliknya. Kompetensi harus diakui sebagai bagian penting dari kontribusi yang efektif.

Apa yang dimaksud dengan "Kompetensi diperlukan"?[sunting sumber]

Kami percaya bahwa mereka yang berpartisipasi dalam kontribusi Wikipedia bahasa Indonesia harus memiliki keterampilan berikut:

  • Mampu membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dengan baik agar dapat menghindari tulisan yang sulit dipahami dan berkomunikasi secara efektif.
  • Mampu membaca sumber dan menilai keandalannya. Penyunting seharusnya akrab dengan pedoman Wikipedia tentang mengenali sumber-sumber yang dapat dipercaya, serta memiliki kemampuan untuk menentukan kapan sumber tersebut perlu atau tidak perlu dikutip dalam artikel.
  • Mampu berkomunikasi dengan penyunting lain dan bersedia tunduk pada konsensus.
  • Mampu memahami keterampilan dan kemampuan pribadi mereka, serta menghindari melakukan suntingan di bidang di mana kurangnya keterampilan atau pengetahuan dapat menyebabkan kesalahan yang signifikan, memerlukan orang lain untuk membersihkannya.

Lihat pula[sunting sumber]