Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Djanius Djamin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Djanius Djamin[sunting sumber]

Pengusul: Jeromi Mikhael (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Ketua DPRD perempuan pertama dan mungkin salah satu yang termuda. Ini mungkin usulan AP saya yang tercepat, dengan artikel dirampungkan dalam waktu kurang dari sehari.

Jeromi Mikhael (bicara) 19 Juli 2021 10.05 (UTC)

Mungkin bung @David Wadie Fisher-Freberg tertarik meninjau? Danu Widjajanto (bicara) 19 Juli 2021 11.47 (UTC)
@Danu Widjajanto: Bung David Wadie lebih berfokus pada bidang administrasi ya. Kalau saran saya sih seharusnya bung Rahmatdenas. --Jeromi Mikhael (bicara) 19 Juli 2021 16.06 (UTC)

Komentar dari Rahmatdenas[sunting sumber]

Halo, aku coba meninjau artikelnya, ya.

  • Bagian pendidikan melewatkan pembahasan bagaimana Djanius menempuh studi S-2 dan S-3.
  • Di buku Profil Tokoh..., disinggung soal aktivisme Djanius di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Djanius menjadi pengurus HMI di komisariat fakultas hingga cabang Medan. Menariknya, aku menemukan sumber (entah layak dikutip entah tidak) soal aktivisme Djanius di periode genting G30S.
  • Memilih hidup sendiri di usia senjanya. Mungkin ini bisa ditambahkan di bagian kehidupan pribadi.
  • Pembahasan kiprah Djanius aku lihat berhenti setelah jadi Pjs Rektor pada 2007. Ada gap dari 2007 sampai sekarang. Jadi pembahasan artikel ini bisa diperkaya. Sebagai contoh:
    • Djanius mengelola yayasan yang menaungi Universitas Trikarya (UNITRA). Dari penelusuranku sekilas, cikal bakal UNITRA berawal dari Akademi Perbanas (di bawah Yayasan Pendidikan Perbanas Medan, yang Djanius jadi ketua yayasan pada 1976), lalu menjadi STIE Trikarya, dan terakhir UNITRA. UNITRA lalu dialihkelolakan jadi Universitas Kalimantan Utara (tapi proses alih kelolanya sempat jadi polemik). Sayangnya, sumber soal ini terbatas/terfragmentasi.
    • Kedudukannnya di organisasi Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Sumatra Utara, awalnya sebagai sekretaris (1987-1990) dan tiga periode jadi ketua umum (1994-2011). Di buku Profil Tokoh...,, disebutkan ia memprakarsai gedung sekretariat BM3 Sumatra Utara sekarang.
    • Dengan posisinya di BM3 Sumatra Utara, tampaknya Djanius memiliki pengaruh di konstelasi politik. Ia diberitakan memberikan dukungan pada tokoh tertentu (di pilgub Sumut/pilwakot Medan).
    • Ada pemberitaan Djanius selaku Ketua Yayasan Eka Medan, yang tampaknya berafiliasi dengan HMI.

Dari aku segini dulu. Rahmatdenas (bicara) 23 Juli 2021 13.06 (UTC)

Untuk tinjauan bung Rahmatdenas sudah saya selesaikan. Bung Danu Widjajanto apakah mau melanjutkan? --Jeromi Mikhael (bicara) 2 Agustus 2021 03.40 (UTC)