Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Antiokhos XI Epifanis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
CATATAN PENUTUP
Lulus setelah mendapatkan tinjauan komprehensif. Saran-saran sudah dijalankan, dan sudah dibuka selama lebih dari sebulan. Danu Widjajanto (bicara) 23 Juli 2021 12.05 (UTC)
Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel pilihan. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Artikel ini disetujui.


Antiokhos XI Epifanis[sunting sumber]

Pengusul: Glorious Engine (b • k • l)
Status:    Selesai

Sudah jadi FA di en.wiki dan sudah dikembangkan oleh bung Henri Aja --Glorious Engine (bicara) 18 Juni 2021 07.32 (UTC)

Komentar Danu[sunting sumber]

Paragraf pembuka
  • "Antiokhos XI Epifanis Filadelfus" --> kalau mau konsisten, ganti jadi "Antiokos XI Epifanis Filadelfos". Judulnya juga perlu diganti dan semua penyebutan Antiokhos jadi Antiokos.
  • "seorang penguasa Seleukia periode Helenistik yang memerintah antara 94 dan 93 SM." --> ganti jadi "seorang Raja Seleukia yang memerintah antara 94 dan 93 SM pada periode Helenistik."
  • "Ia adalah putra dari Antiokhos VIII dan ibunya Tryphaena" --> ganti jadi "Ia adalah putra dari pasangan Antiokhos VIII dan istrinya Tryphaena"
  • Kalau mau konsisten juga, ganti semua "Tryphaena" jadi "Trifaena"
  • "Kehidupan awal Antiokhos XI pada saat di mana terjadinya perang sipil tanpa henti antara ayahnya dengan pamannya Antiokhos IX." --> ganti jadi "Saat Antiokos XI masih kecil, berlangsung perang saudara tanpa henti antara ayahnya dengan pamannya, Antiokos IX"
  • "Konflik tersebut berakhir dengan terbunuhnya Antiokhos VIII oleh Antiokhos IX yang kemudian menguasai ibu kota Suriah, Antiokhia." --> sepertinya teksnya tidak menyebutkan kalau yang membunuh itu Antiokos IX. Usul ganti jadi "Konflik tersebut berakhir dengan terbunuhnya Antiokhos VIII, dan Antiokhos IX kemudian menguasai ibu kota Seleukia, Antiokhia."
  • "(...) Seleukos VI membalas, lalu menyerbu pamannya dan berhasil membunuhnya serta mengambil alih Antiokhia, hal ini berbalas oleh serangan putra Antiokhos IX, Antiokhos X yang berhasil mengusir Seleukos VI keluar dari kota yang mengarah kepada kematiannya tahun 94 SM." --> usul ubah jadi "(...) Seleukos VI, memimpin pasukan melawan pamannya dan berhasil mengalahkannya. Antiokhos IX tewas dan Seleukos VI lalu merebut Antiokhia. Akan tetapi, putra Antiokos IX, Antiokos X, kemudian berhasil mengusir Seleukos VI keluar dari Antiokhia dan kemudian Seleukos VI tewas pada tahun 94 SM."
  • "Catatan-catatan kuno yang diragukan" --> perjelas "Catatan-catatan kuno yang diragukan kebenarannya"
  • "(...) tercatat bahwa tindakan pertama Antiokhos XI dalam membalaskan dendam saudaranya dengan menghancurkan Mopsuestia di Kilikia, yang bertanggung jawab atas kematian Seleukos VI." --> ganti jadi "meriwayatkan bahwa tindakan pertama Antiokos XI adalah membalaskan dendam mendiang saudaranya dengan menghancurkan Mopsuestia di Kilikia, karena kota tersebut bertanggung jawab atas kematian Seleukos VI."
  • "(...) tetapi terbukti melalui bukti-bukti Numismatika." --> "ganti "terbukti" menjadi "dipastikan"

Danu Widjajanto (bicara) 18 Juni 2021 07.59 (UTC)

Nama, keluarga, dan kehidupan awal
  • "Arti nama Antiokhos dalam etimologi Yunani berarti "teguh dalam pendirian"." ==> tidak perlu pakai "dalam etimologi Yunani" karena redundan, cukup "Arti nama Antiokhos dalam bahasa Yunani adalah "teguh dalam pendirian"."
  • "Nama ini kemudian menjadi nama yang digunakan dalam Dinasti dan banyak Raja-raja Seleukia yang menyandangnya" --> bagaimana kalau jadi "Nama ini kemudian menjadi nama yang banyak disandang oleh Raja-raja Seleukia"
  • "Pada tahun 113 SM, Antiokhos IX mendeklarasikan dirinya sebagai Raja dan memulai perang sipil melawan saudara tirinya Antiokhos VIII" --> bisa diganti jadi "Pada tahun 113 SM, Antiokhos IX menyatakan dirinya sebagai raja dan memulai perang saudara melawan saudara tirinya Antiokhos VIII"
  • "Konflik persaudaraan" agak aneh, bagaimana kalau jadi "Konflik antarsaudara"?
  • "istri kedua atau jandanya Antiokhos VIII" --> bagaimana kalau jadi "istri kedua mendiang Antiokhos VIII"?

Danu Widjajanto (bicara) 10 Juli 2021 08.27 (UTC)

Pemerintahan
  • Terjemahan bagian ini agak kurang bagus. Mengingat artikelnya pendek, sudah aku perbaiki sendiri. Silakan dicek kira-kira sudah sesuai atau belum. Nanti aku lanjutkan lagi peninjauannya. Danu Widjajanto (bicara) 18 Juli 2021 22.24 (UTC)
  • @Pinerineks aku lihat artikel ini memakai istilah koin jugate. Itu istilahnya sudah resmi dalam bahasa Indonesia belum? Kenapa tidak jadi koin jugatus saja? Danu Widjajanto (bicara) 18 Juli 2021 22.26 (UTC)
  • Aku sudah perbaiki sendiri terjemahan di berbagai bagian: [1], silakan diperiksa sudah oke atau belum. Danu Widjajanto (bicara) 22 Juli 2021 18.37 (UTC)
Gelar dan citra kerajaan
  • "Para penguasa Helenistik tidak menggunakan nama kerajaan (regnal), tetapi biasanya menggunakan gelar untuk membedakan mereka dengan penguasa-penguasa lain dengan nama yang sama, di mana hal ini merupakan praktik modern." --> bagaimana kalau diperbaiki jadi "Para penguasa Helenistik tidak menggunakan bilangan untuk membedakan diri mereka dengan penguasa-penguasa lain dengan nama yang sama; yang mereka gunakan adalah gelar, dan penamaan raja-raja dengan menggunakan bilangan merupakan praktik modern."
  • Itu ada satu paragraf yang belum diterjemahkan?
    • Betul juga, tapi nanti kalo saya yang terjemahkan takutnya malah jadi kacau, minta tolong @Henri Aja: aja selaku perintis atikel, mungkin sama bung Danu sendiri, atau dibiarkan seperti itu saja --Glorious Engine (bicara) 22 Juli 2021 23.40 (UTC)
      Sudah aku terjemahkan sendiri, ada satu catatan yang tidak aku terjemahkan karena terlalu ngalor ngidul ngomongin yang lain. Danu Widjajanto (bicara) 23 Juli 2021 12.03 (UTC)
Merebut ibu kota
  • "karena pada 86 SM Roma memberikan kultus yang tidak dapat diganggu gugat terhadap Isis dan Serapis di Mopsuestia, yang dibuktikan melalui sebuah prasasti dari kota tersebut." --> ada kesalahan terjemahan di situ, mohon diperbaiki menjadi "karena menurut sebuah prasasti yang berasal dari Mopsuestia, Republik Romawi pada 86 SM memberikan kekebalan kepada kegiatan pemujaan Isis dan Serapis di kota tersebut."
Akhir dan suksesi
  • "Catatan-catatan kuno yang terkait dengan pertempuran terakhir berbeda-beda" --> bagaimana kalau jadi "Catatan-catatan sejarah kuno yang membahas pertempuran ini menguraikan keterangan yang berbeda-beda"
  • "Tidak ada yang mengetahui tentang pernikahan Antiokhos XI atau keturunannya" --> bagaimana kalau jadi "Tidak diketahui apakah Antiokhos XI pernah menikah atau memiliki keturunan."
  • "Sumber-sumber kuno tentang periode Seleukia tidak lengkap, terpisah-pisah dan tidak menyebutkan secara detail." --> bagaimana kalau jadi "Sumber-sumber kuno tentang zaman Seleukia hanya sepenggal-sepenggal dan tidak menerangkan secara rinci."

Danu Widjajanto (bicara) 22 Juli 2021 18.36 (UTC)

Komentar Medelam[sunting sumber]

Beberapa komentar dari saya:

  • Referensi pada sub-bagian kutipan tidak tersambung sempurna dengan bagian daftar pustaka.
  • "memerintah antara 94 dan 93 SM" -> saya rasa terjemahan ini cukup kaku, dan mungkin gaya penerjemahan ini ada di bagian lain dalam artikel, agar dapat diperiksa lebih lanjut oleh pengusul dan pengembang.
  • "Pada penguasa Helenistik tidak menggunakan nama kerajaan" -> saya agak bingung dengan kata "pada" di sini, apakah maksudnya "para" atau saya yang mungkin kurang bisa memahami kalimat ini.
  • Tentang tahun kelahiran, apakah ada referensinya? Di kotak info dituliskan "Lahir antara 124 – 109 SM", di kotak suksesi "Lahir: Tidak diketahui", kalau dibandingkan dengan de.wp "(* um 115 oder 113 v. Chr.; † 92 v. Chr.)"; sepertinya tidak bersesuaian satu sama lain.
    • @Danu Widjajanto: --Glorious Engine (bicara) 24 Juni 2021 02.38 (UTC)
      Aku lihat "Lahir antara 124-109 SM" didasarkan pada fakta bahwa ia adalah putra dari Trifaena yang menikah dengan Antiokhos VIII pada tahun 124 SM. Trifaena wafat tahun 109 SM. Jadi secara logis, Antiokhos XI harusnya lahir antara 124-109 SM. Referensinya bisa ditemukan di "Keluarga dan kehidupan awal". Danu Widjajanto (bicara) 24 Juni 2021 07.49 (UTC)
  • Untuk penulisan tahun, gunakan ; agar dapat diubah. Salam. Medelam (bicara) 24 Juni 2021 01.41 (UTC)

Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.