Wikipedia:Artikel bagus/Usulan pencabutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Artikel bagus:

Halaman ini digunakan untuk pengusulan pencabutan status artikel bagus. Minimal suara yang diperlukan adalah tiga suara setuju dan setiap suara tidak setuju akan mengurangi jumlah suara setuju.

Untuk artikel yang sudah disetujui komunitas (dengan suara +3) untuk dicabut dari daftar artikel bagus, maka langkah-langkah berikut ini harus dilakukan oleh siapapun yang membaca halaman ini:

  • Sebelum memberikan suara, bacalah Artikel bagus/Kriteria
    • Bila bersetuju atas usulan pencabutan, tulislah * {{setuju}}.
    • Bila tidak setuju atas usulan pencabutan, tulislah * {{tidak setuju}}
  • Memindahkan sub-bagian yang dimaksud ke Wikipedia:Artikel bagus/Mantan
  • Menghilangkan templat {{AB}} pada halaman artikel yang dimaksud dan/atau halaman pembicaraan artikel yang dimaksud
  • Pada daftar utama artikel bagus dan daftar artikel bagus per tahun (lihat daftarnya per tahun di {{Daftar AB}}) artikel yang dimaksud perlu ditandai telah dicabut dari daftar artikel utama.

Berikut ini artikel-artikel yang sedang diusulkan untuk dicabut:

Imperium Swedia[sunting sumber]

Saya mengusulkan pencabutan karena kalimatnya masih banyak yang tidak bisa dipahami akibat penerjemahan dari sumber sekunder yang terlalu kaku (atau mungkin juga tidak akurat). Contoh:

  • "Karl XI bukan kepribadian yang menarik. Dia berwajah kikuk, pendiam dan pemalu. Dia tidak memiliki bakat; cakrawala mentalnya sangat sempit. Satu gagasan saja telah memilikinya. Gagasan untuk menyelamatkan dan memperbaiki posisi finansialnya. Itulah pekerjaan hidupnya, seperti yang dikandungnya. Tapi jika dia harus menabung, dia harus memiliki penghasilan untuk diselamatkan, dan jika dia memperbaiki, dia harus mendapatkan kekuasaan. "
    • Saya juga curiga "penghasilan untuk diselamatkan" di sini maksudnya adalah "penghasilan untuk ditabung", yang disebabkan oleh kesalahan penerjemahan kata "to save" menjadi "menyelamatkan" (harusnya jadi "menabung" menurut konteksnya)
  • "Despotisme kerajaan membuatnya memerintah di Swedia. Penyitaan tersebut tidak berakhir dengan keputusan tahun 1680. Pada Riksdag di tahun 1682, yang dipercayakan sepenuhnya pada kebijaksanaan raja, yang menyatakan bahwa semua tanah yang, sejak awal, berasal dari Mahkota adalah kembali ke Mahkota. "
  • "Tiga puluh enam anggota Amanat Agung, memperoleh kebebasan berdaulat bebas dari tanggung jawab atas tindakan mereka, dibawa dari bupati yang masih hidup, dan keluarga dari orangorang yang telah meninggal, untuk menjawab pemborosan serta pemerasan."
  • "Pada masa pemerintahan Gustav II Adolf, yang menandai titik di mana kebijakan luar negeri Swedia secara aktif mencari penciptaan kerajaan Baltik (...) Sebelum ini, di mata negarawan Eropa, negara-negara lain menganggap kehormatan dianggap sebagai kekuatan Baltik utama yaitu Polandia-Lithuania dan kemudian Denmark"
  • "Populasi Katolik Roma di bawah pendudukan Protestan yang mengorganisir pemimpin militer Polandia-Lithuania di Konfederasi Tyszowce."
  • "Karl XII telah lama dianggap oleh sejarawan Inggris modern terkemuka, disebut sebagai 'raja pejuang liar'; tentara muda yang keras kepala yang melintasi perburuan beruangnya dengan pertarungan yang lebih mendebarkan melawan orang Denmark, Polandia, dan Rusia, dan dengan permainan liar dan tak berdaya ini, yang dilontarkan sebagai jenis olahraga heroik satu melawan sepuluh! menjerumuskan Swedia ke dalam kesengsaraan dan kehancuran"
  • "Keberhasilan militer Swedia selama dan setelah masa pemerintahan Gustav II Adolf. Dia dikenal terutama sebagai seorang tentara dan pembaharu militer. Gustav Adolf bukanlah ahli strategi dan taktik. Namun dia dibuat berada dalam literatur militer populer."

Dan masih banyak lagi. Saya panggil juga @Hanamanteo selaku pengusul.  Mimihitam  18 Oktober 2018 21.42 (UTC)

Memanggil juga @HaEr48: @AMA Ptk:  Mimihitam  10 Desember 2018 09.30 (UTC)
Sebentar, saya tinjau, tapi maaf kan lama, karena "disambil". --AMA Ptk (bicara) 10 Desember 2018 09.31 (UTC)
  • Setuju Setuju setelah sampling beberapa paragraf, aku setuju dengan penilaian Mimihitam di atas. Contoh lain (tidak susah mencarinya, sepertinya banyak yang begini) :
    • Label "kekuatan besar" pada abad ke-17 bagi Swedia merupakan validitas yang patut dipertanyakan. Swedia tidak pernah mendominasi politik Eropa seperti halnya yang dilakukan oleh Philip II dari Spanyol. Namun hampir selama tiga dasawarsa, hal tersebut dapat terlihat.
    • Tanpa armada yang kuat, tugas raksasa untuk mengangkut seorang seluruh tentara dari Stockholm ke Usedom, tindakan yang dimulai Swedia intervensi dalam Perang Tiga Puluh Tahun 1630, tidak akan terjadi mungkin

-- HaEr48 (bicara) 10 Desember 2018 22.45 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]