Wikipedia:Arbitrase/Kebijakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kebijakan arbitrase mengatur kewenangan dan tanggung jawab Komite Arbitrase. Kebijakan ini berlaku namun dapat diamandemenkan, baik seiring dengan bertambahnya pengalaman komite maupun atas permintaan dan kesepakatan komunitas.

Panduan umum[sunting sumber]

Kewenangan dan tanggung jawab[sunting sumber]

Komite Arbitase memiliki kewenangan dan tanggung jawab yang berikut ini:

  1. Mengambil keputusan terakhir yang bersifat mengikat untuk kasus dan perselisihan yang tidak dapat dimediasi atau diselesaikan oleh komunitas;
  2. Mendengarkan banding dari pengguna yang diblokir, dilarang, maupun dikenakan batasan-batasan tertentu dalam menyunting;
  3. Menerima permintaan untuk mencabut kewenangan administratif;
  4. Menyelesaikan perselisihan yang tidak bisa diselesaikan di ruang publik untuk alasan-alasan privasi, hukum, maupun lainnya;
  5. Memberikan dan mencabut akses Pemeriksa (CheckUser), Pengawas (Oversight), dan milis milik Komite.

Pengangkatan anggota[sunting sumber]

Anggota Komite dipilih secara langsung oleh komunitas tiap tahunnya. Calon haruslah:

  1. Memenuhi persyaratan Yayasan Wikimedia untuk memiliki akses ke data nonpublik dan memastikan bahwa mereka akan bertindak sesuai dengan persyaratan tersebut;
  2. Membuka informasi mengenai akun alternatif/siluman.

Dalam setiap waktu, Komite haruslah mempunyai anggota yang jumlahnya ganjil. Jika terjadi pengunduran diri, pemecatan, atau pencabutan fungsi anggota yang menyebabkan Komite tidak berjumlah ganjil, maka Komite dapat menggelar pemilihan sela di luar pemilihan rutin tahunan.

Pengingkaran[sunting sumber]

Seorang anggota Komite dapat memilih untuk mengingkari/tidak berpartisipasi dalam sebuah kasus, dengan atau tanpa penjelasan jika terdapat adanya potensi konflik kepentingan. Konflik yang dimaksud biasanya termasuklah keterlibatan pribadi yang besar dalam substansi persengketaan atau hubungan pribadi dengan salah satu pihak yang bersengketa. Namun, hubungan rutin sesama editor atau pengurus bukanlah alasan yang cukup untuk pengingkaran.

Seorang pengguna yang berpendapat bahwa seorang anggota Komite harus ingkar dalam suatu kasus dapat meminta sang anggota untuk melakukannya dengan meninggalkan pesan di halaman pembicaraannya dan memberi alasan. Jika anggota tersebut tidak membalas atau tidak bersedia untuk ingkar, pengguna tersebut dapat meneruskan permintaannya ke Komite untuk mendapatkan keputusan. Permintaan untuk pengingkaran dari pihak ketiga tidak dapat diberikan jika sengketa telah memasuki babak pemungutan suara, kecuali dalam situasi istimewa.

Keterbukaan dan kerahasiaan[sunting sumber]

Perembukan dan pertimbangan Komite dilakukan secara tertutup, namun Komite akan mempublikasikan alasan-alasan mendetail setelah mengeluarkan keputusan dalam suatu kasus, kecuali jika alasan tersebut tidak sesuai untuk konsumsi publik dengan alasan privasi, hukum, atau lain-lain. Seluruh bentuk komunikasi yang dikirim oleh anggota komunitas atau oleh seorang anggota Komite dalam kapasitas menjalankan tugasnya akan dianggap konfidensial.

Prosedur dan peraturan[sunting sumber]

Komite dapat membuat atau mengubah prosedur kerjanya, dengan syarat tetap konsisten dan tidak melanggar wilayah kerjanya, dan dapat membentuk sebuah panitia kecil atau menunjuk seseorang untuk melakukan suatu tugas atau menjalankan suatu peran. Jika dianggap perlu, Komite dapat memohon pendapat komunitas dalam membuat atau mengubah prosedur sebelum memberlakukannya.

Proses arbitrasi[sunting sumber]

Yurisdiksi[sunting sumber]

Komite Arbitrasi memiliki yurisdiksi atas Wikipedia bahasa Indonesia.

Komite tidak memiliki kewenangan dalam kasus-kasus yang melibatkan tindakan oleh Yayasan Wikimedia atau pegawai-pegawainya, dan proyek Wikimedia lain di luar Wikipedia bahasa Indonesia. Namun, Komite dapat merujuk kepada kelakuan atau kasus di luar yurisdiksinya dalam membuat sebuah keputusan tentang kasus di Wikipedia bahasa Indonesia, jika kelakuan tersebut memiliki dampak atau berpotensi terjadi di Wikipedia bahasa Indonesia.

Komite memiliki kewenangan penuh atas seluruh sengketa dan perselisihan yang diadilinya, termasuk proses penegakan keputusan, dan dapat sewaktu-waktu membuka kembali suatu kasus dengan tujuan untuk mengambil keputusan yang bersifat mengikat.

Permintaan arbitasi[sunting sumber]

Pemintaan untuk arbitrasi haruslah dibuat sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh Komite. Komite dapat menerima atau menolak untuk mengadili suatu sengketa dengan atau tanpa alasan.

Bentuk-bentuk pengadilan[sunting sumber]

  1. Pengadilan standar: Pemeriksaan bersifat umum dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.
  2. Pengadilan ringkas: Ketika data dan fakta bersifat tidak dapat dibantah, Komite dapat menyelesaikan sebuah sengketa melalui mosi ringkas.
  3. Pengadilan tertutup: Dalam situasi istimewa, biasanya ketika ada isu-isu pribadi, pemerasan, dan hukum yang tidak dapat dibawa ke ruang publik, Komite dapat melakukan pemeriksaan secara tertutup. Pihak-pihak yang bersengketa akan diberitahukan dan diberikan kesempatan untuk merespon dan menyampaikan pembelaan sebelum keputusan dibuat.
  4. Banding: Permohonan banding oleh pengguna yang diblokir, dilarang, atau dibatasi menyunting dilakukan melalui surat elektronik.

Keterlibatan[sunting sumber]

Keputusan diambil setelah disetujui lewat suara mayoritas anggota Komite yang aktif dan tidak sedang ingkar. Seorang anggota Komite yang masa tugasnya akan berakhir ketika sedang menangani sebuah kasus dapat tetap bertugas sampai kasus tersebut diselesaikan. Anggota yang baru terpilih dapat langsung bertugas dengan segera sesudah tanggal pengangkatan mereka.

Pernyataan mengenai kasus dapat diberikan oleh anggota komunitas. Para pengguna diharapkan untuk merespon pernyataan tentang diri mereka sendiri; jika tidak, maka keputusan akan dibuat tanpa keterlibatan mereka. Para pengguna diharapkan juga untuk bertindak dengan terhormat dan rasional dalam memberikan pernyataan di halaman kasus, dan dapat dijatuhkan sanksi tertentu jika tidak dapat berbuat demikian.

Bukti[sunting sumber]

Dalam pemeriksaan, bukti-bukti yang dapat diajukan termasuklah:

  1. Seluruh edit dan log di ruang muka Wikipedia, termasuk edit dan log yang dihapus atau disembunyikan;
  2. Edit dan log di proyek Wikimedia lain, jika dianggap perlu;
  3. Pernyataan di mailing list resmi.

Bukti yang berbentuk komunikasi pribadi (seperti di situs lain, forum, chat room, log IRC, atau korespodensi email) dapat dimasukkan dengan syarat disetujui oleh Komite dan hanya pada kondisi istimewa.

Bukti dapat diserahkan secara tertutup, namun lebih dianjutkan untuk membukanya ke ruang publik kecuali terdapat alasan sah untuk tidak melakukan demikian. Komite akan menentukan untuk menerima tiap-tiap penyerahan bukti tertutup dengan kearifannya, dan jika diterima, maka bukti tersebut akan dipertimbangkan dalam pemeriksaan tertutup.