Wiendu Nuryanti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wiendu Nuryanti
Wiendu Nuryanti
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Bidang Kebudayaan
Masa jabatan
19 Oktober 2011 – 20 Oktober 2014
Menjabat bersama Musliar Kasim
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
MenteriMohammad Nuh
Sebelum
Pendahulu
Fasli Jalal
Pengganti
Tidak ada
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir15 Mei 1959 (umur 64)
Yogyakarta
KebangsaanIndonesia
Suami/istriDavid Sanders PhD
AnakGandewa Pradana Theodore Sanders
Alma materUniversitas Gadjah Mada
Universitas Wisconsin
Surrey University and Bournemouth University[1]
PekerjaanAkademisi
ProfesiDosen
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Prof. Dr. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch., Ph.D. (lahir 15 Mei 1959) adalah akademisi yang menjabat Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bidang kebudayaan periode 2011–2014. Dengan latar belakang profesional dalam arsitektur dan perencanaan kota, Prof. Dr. Wiendu Nuryanti diakui sebagai ahli terkemuka pada isu-isu budaya, pariwisata dan pembangunan berada di Indonesia. Beliau adalah Profesor penuh Arsitektur dan Pariwisata Perencanaan di Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Indonesia.

Pada tahun 2011, Prof. Nuryanti diangkat oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kabinet Indonesia Bersatu sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dia menjabat sampai akhir periode pada tahun 2014.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Pasca Wiendu Nuryanti menyelesaikan sarjana dan pascasarjana, Ia bekerja di Indonesia. Ia memperoleh gelar dalam arsitektur dan perencanaan kota sebelum pergi untuk belajar di Amerika Serikat, dia menerima gelar masternya di Urban Design dari University of Wisconsin (1987). Kemudian dia memperoleh gelar Ph.D. bidang Pariwisata Perencanaan dan Pembangunan Daerah dari Universitas Surrey dan Bournemouth University di Inggris (1998).

Pengalaman Kerja[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Prof. Nuryanti mendirikan serta menjadi Direktur Eksekutif dari Program Magister Perencanaan Pariwisata (MPAR) di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Ini merupakan satu-satunya program pascasarjana tingkat dalam perencanaan pariwisata yang saat ini tersedia di Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan pengambil keputusan di sektor publik dan swasta dari seluruh wilayah Indonesia untuk mengembangkan perencanaan dan pengembangan pariwisata kebijakan di tingkat tertinggi.

Pada tahun 2007, Dr. Nuryanti diangkat sebagai Profesor penuh di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. Bersamaan dengan menjadi profesor penuh di Universitas Gadjah Mada, Prof. Nuryanti juga menjadi direktur eksekutif dari sebuah LSM yang ia didirikan pada tahun 1986. Dalam kapasitas ini, Ia telah berperan sebagai penasehat Pemerintah lokal, regional dan nasional di seluruh Indonesia. Prof. Nuryanti juga sekaligus sebagai konsultan senior bidang budaya, pengembangan pariwisata dan kebijakan kepada Kementerian Kebudayaan & Pariwisata, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Kementerian BUMN.

Pada tahun 2010, Dr. Nuryanti ditunjuk oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk memimpin tim internasional yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Rencana Induk Nasional Lima Belas Tahun untuk Pengembangan Pariwisata dan Pengembangan Budaya untuk Indonesia (2010-2025).

Beliau dan timnya juga ikut terlibat dalam berbagai isu-isu penting di bidang yang sama untuk berbagai organisasi internasional termasuk Program Pembangunan PBB (UNDP), UNESCO, dan Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Prof. Nuryanti telah menjadi Sekretaris Jenderal di International Center for Culture and Tourism (ICCT) selama lebih dari 15 tahun. Selama bertahun-tahun, lembaga ini telah diketahui atas berbagai diskusi-diskusi isu penting di bidang budaya, pariwisata, dan pengembangan khususnya yang mempengaruhi negara-negara berkembang.

Beberapa dari makalah terbaik dari konferensi internasional yang telah diorganisir oleh ICCT dan telah diedit Prof. Nuryanti, beberapa diantaranya telah diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press. Pembicara terkenal yang turut diundang oleh ICCT antara lain futurologists Alvin Toffler, John Naisbitt, filsuf Mohammad Arkoun, mantan Kanselir Jerman Helmut Schmidt, dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, Javier Perez de Cuellar.

Prof. Nuryanti saat ini menjabat sebagai ketua umum pada "Mitra Museum" (Indonesian Society Museum) yang berkantor pusat di Jakarta dengan misi untuk membantu museum Indonesia untuk dapat diandalkan dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan sejarah Indonesia melalui pengembangan manajemen mutu museum; mengumpulkan dukungan untuk kerjasama Indonesia dengan museum dan sektor swasta antara publik di tingkat lembaga domestik dan internasional; dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia atas warisan budaya nasional dan regional yang luar biasa.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI pada tahun 2002.
  • Tokoh Pariwisata Berprestasi Pilihan PWI Cabang Yogyakarta (SIWATA) pada 1999
  • British Chevening Award (1994)
  • Marshall Award (Marshall Foundation) Bidang Permuseuman (1985).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://acadstaff.ugm.ac.id/MTk1NjA1MTUxOTgzMTIyMDAx#main
  2. ^ https://tokoh.id/biografi/2-direktori/ingin-pendidikan-yang-berbudaya/
Jabatan politik
Didahului oleh:
Fasli Jalal
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Bidang Kebudayaan

2011–2014
Diteruskan oleh:
Tidak ada