Whoscall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Whoscall
Tipeperangkat lunak
Versi pertamaAgustus, 2010
GenreID penelepon, Direktori Telepon, Penyaringan Spam, perlindungan penipuan
LisensiGratis
Bahasa
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid, Windows Phone
Informasi tambahan
Situs webwhoscall.com
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Whoscall adalah sebuah aplikasi smartphone yang mengatur nomor telepon dan mengidentifikasi asal usul panggilan asing, dikembangkan oleh Gogolook, sebuah perusahaan berbasis Taiwan. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi panggilan tak dikenal yang masuk sehingga pengguna dapat memutuskan menerima panggilan penting dari rekan bisnis atau mengabaikan panggilan yang tidak diinginkan. Di dalamnya termasuk fitur pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci, database offline, dan tersedia di platform Android and Windows Phone dengan 10 bahasa yang berbeda. Aplikasi ini dapat diunduh tanpa biaya dan tidak ada pembelian tambahan lainnya.

Dengan mengandalkan jaringan lokal yang kuat, whoscall melakukan pencarian melalui internet dan komunitas pengguna untuk menghasilkan konten dalam identifikasi nomor panggilan.

Whoscall masuk di dalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia.[1] Pada tahun 2013, diakuisisi oleh Naver dengan nilai yang dirahasiakan

Sejarah dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pemikiran mengenai aplikasi ini lahir saat pertemuan mingguan dari tiga orang pendiri Gogolook, yang pada saat itu mengambil waktu senggang di tengah pekerjaan untuk merealisasikan ide-ide mereka terhadap aplikasi yang variatif. Suatu kali, saat sedang berdiskusi, salah seorang dari mereka mendapat panggilan telepon dari nomor tak dikenal. Dengan segera, dia meminta kedua orang lainnya untuk mencari informasi melalui internet mengenai siapa penelepon yang bersangkutan agar dia dapat memutuskan untuk menerima atau mengabaikannya. Saat itulah, timbul pemikiran bahwa aplikasi ini akan sangat dibutuhkan..[2]

Versi pertama aplikasi ini diluncurkan pada bulan Agustus 2010 dan saat itu masih termasuk proyek sampingan yang memperlihatkan perkembangan signifikan, hingga suatu kali melalui kunjungan Eric Schmidt, CEO Google ke Taiwan, aplikasi ini mulai dibawa ke permukaan dan menjadi pusat perhatian. Schmidt memperkenalkan aplikasi ini atas nama Whoscall, “Sebuah aplikasi bernama Whoscall dapat memberitahu Anda identitas dari panggilan asing yang masuk. Aplikasi ini berkembang dengan pesat… dan dia berasal dari Taiwan.”[3]

Saat itulah ketiga pendiri ini memutuskan berhenti dari pekerjaan tetap mereka dan focus mengembangkan aplikasi ini, sehingga lahirlah perusahaan Gogolook pada tanggal 12 April 2012.[4]

Pendanaan awal whoscall diperolah dari perusahaan Investasi Trinity dan investor-investor lainnya.[5] Pada tahun 2013, sebuah perusahaan web raksasa milik Korea, Naver, mengakuisisi Gogolook dan nilai yang dirahasiakan dan pada tahun 2014.[6]

Fitur[sunting | sunting sumber]

  1. Identifikasi ID Penelepon Secara Instan menolong pengguna mengidentifikasi panggilan masuk dari penelepon yang tidak terdapat dalam kontak telepon, agar pengguna dapat mempersiapkan diri menerima panggilan bisnis yang penting atau mengabaikan panggilan tak diinginkan
  2. Blokir Nomor dan Kata Kunci memampukan pengguna memblokir nomor-nomor dengan satu tombol saat panggilan berakhir. Anda juga dapat memilih memblokir berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam penanda (tag), seperti memblokir semua nomor yang mengandung kata Bank dalam hasil pencarian, semua nomor yang diawali 081, atau semua nomor internasional.
  3. ShowCard Whoscall tampilan personal saat panggilan keluar dan halaman informasi nomor. Cukup dengan telepon genggam, Anda dapat memulai usaha Anda.
  4. Pengaturan Nomor menolong pengguna mengkategorikan nomor-nomor yang tidak ingin disimpan di dalam daftar nomor kontak telepon.
  5. Database Offline menolong Anda mencari nomor-nomor tanpa harus memiliki koneksi Internet. Fitur ini juga menghasilkan pencarian kilat. Fitur ini merupakan fitur pilihan dapat diunduh tanpa biaya.
  6. Kartu Whoscall menolong pengguna whoscall mengedit nama pribadi atau nama bisnis mereka dan nama ini akan dibubuhkan pada nomor ponsel mereka. Pengguna whoscall yang lain dapat melihatnya dengan tampilan standar ID penelepon saat menerima panggilan dari pengguna dengan kartu whoscall.[7]

ShowCard Whoscall[sunting | sunting sumber]

Kegunaan paling utama dari ShowCard Whoscall adalah membuat kartu pribadi dengan tampilan personal untuk panggilan keluar. Pengguna juga dengan mudah menyunting tampilan personal mereka dan halaman informasi telepon. Saat pengguna Whoscall melakukan panggilan keluar, tampilan personal kartu pribadi pengguna akan muncul di layar penerima telepon. Setelah panggilan selesai dilakukan, orang yang menerima ShowCard Whoscall dapat masuk ke dalam halaman informasi penelpon untuk melihat informasi produk atau pelayanan yang juga ditampilkan pada jendela yang sama.

Pengguna Whoscall Android versi 4.3 ke atas dapat mencoba Beta testing untuk ShowCard Whoscall.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Whoscall telah disorot di dalam beberapa media internasional seperti TechCrunch,[8] TechinAsia,[6] dan e27.[9] Wujud penghargaaan diterima whoscall melalui berbagai ulasan positif dan dengan tetap mempertahankan peringkat 4 bintang di Google Play Store.[10] Pada tahun 2013, Google Play Taiwan menganugerahkan Penghargaan Inovasi 2013 kepada whoscall. Pada tahun yang sama, whoscall diberikan penghargaan sebagai Aplikasi Terbaik Tahunan Google Play di Taiwan, Hong Kong, Singapore, Philippines, Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Peristiwa Penting[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Noember 2011, Eric Schmidt, CEO Google, pada kunjungannya ke Taiwan, menyebutkan aplikasi ini, kemudian diberi nama WhosCall.“Sebuah aplikasi bernama Whoscall dapat memberitahu Anda dari identitas panggilan asing yang masuk. Aplikasi ini berkembang dengan pesat… dan dia berasal dari Taiwan.[3]

Pada tanggal 20 Mei 2014, Ma Ying-jeou, Presiden Taiwan dalam pidato peringatan tahun keenam masa jabatannya, Dia menyebut nama Gogolook, dan menunjuknya sebagai contoh kreativitas dan potensi kaum muda di Taiwan.[11]

Pada bulan April 2014, whoscall dihadapkan dengan isu mengenai masalah privasi yang mengakibatkan para tokoh masyarakat membawa kasus ini ke hadapan press dikarenakan informasi pribadi mereka, termasuk di dalamnya nomor telepon dan alamat, muncul di layar panggilan masuk. Gogolook dengan segera memberikan pernyataan bahwa mereka tidak pernah mengumpulkan atau menyimpan informasi data pribadi di dalam server perusahaan, apalagi menampilkannya secara publik.[12] Kemudian didapati bahwa informasi pribadi yang dimaksud oleh tokoh masyarakat tersebut berasal dari kebocoran server pemerintah dengan tingkat sekuritas rendah yang kemudian ditangkap melalui mesin pencari yang sering dipakai Gogolook untuk mendapatkan informasi. whoscall kemudian dikenal bukan hanya sebagai layar panggilan telemarketer, tetapi juga pengingat yang dapat diandalkan bagi informasi pribadi Anda yang menyebar.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Best Apps of 2013". Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  2. ^ Chen, Liz. "不明來電走著瞧——WhosCall 幕後團隊專訪". http://www.inside.com.tw/. Inside. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-29. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  3. ^ a b Chen, Ann. "Taiwanese startup breaking into market in Middle East". http://www.chinapost.com.tw/. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  4. ^ NIDA (26 Desember 2014). "Owner of Line, Naver Has Acquired Gogolook!". 9pot.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-08. Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  5. ^ Global Brain. "The Global Brain Alliance Forum: Highlights from the pitches and panels in Tokyo". http://thebridge.jp/. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  6. ^ a b Horwitz, Josh (9 Jan 2014). "Japanese messenger introduces Line Whoscall, a service to track and block unwanted phone calls". TechinAsia. Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  7. ^ Google. "LINE whoscall Blokir Telepon". https://play.google.com/. Google Play. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  8. ^ Shu, Catherine (7 June 2013). "Call-filtering App WhosCall Now Available To Help iPhone Users Avoid Spam Calls". TechCrunch. Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  9. ^ beSUCCESS (3 March 2014). "Korean mobile app Whoscall has helped over 10M people block spam". e27. Diakses tanggal 15 October 2014. 
  10. ^ Google. "LINE whoscall- Caller ID&Block". https://play.google.com/. Google Play. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  11. ^ Office of the President. "總統主持520 就職六週年記者會". http://www.president.gov.tw. Office of the President. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  12. ^ 蔡智銘; 葉濬明. "LINE whoscall很會找 名人個資全洩". AppleDailydate=18 February 2014. Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  13. ^ 生活中心 (19 Februari 2014). "輸入電話=肉搜?LINE whoscall太強大 個資全曝光". ETToday. Diakses tanggal 31 Oktober 2014.