Whitehall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Whitehall pada tahun 2012, dengan The Cenotaph yang berada di tengah jalan, dan menara jam Big Ben tampak di kejauhan.

Whitehall adalah sebuah jalan di City of Westminster, di pusat kota London, Inggris. Jalan ini merupakan bagian pertama dari jalan A3212 yang membentang dari Trafalgar Square ke Chelsea. Whitehall adalah jalan utama yang melintas dari Charing Cross di ujung selatan Trafalgar Square menuju Parliament Square. Jalan ini dikenal sebagai pusat Pemerintahan Britania Raya, berjajar dengan departemen pemerintah dan kementerian lainnya. Nama "Whitehall" juga sering digunakan sebagai metonimia untuk pusat administrasi pemerintahan Britania secara keseluruhan, serta menjadi nama geografis untuk daerah sekitarnya.

Nama jalan ini diambil dari Istana Whitehall yang berlokasi di jalan ini dan hancur karena kebakaran pada tahun 1698. Whitehall awalnya merupakan jalan lebar yang mengarah ke depan istana. Trafalgar Square kemudian dibangun di ujung utara pada awal abad 19. Bagian selatan antara Parliament Square dan Downing Street dinamakan Parliament Street. Secara keseluruhan, jalan-jalan ini memiliki panjang sekitar 0,6 mil (1 km).

Whitehall juga dikenal sebagai lokasi dari sejumlah patung dan monumen peringatan, termasuk monumen peringatan perang Britania Raya, The Cenotaph.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ First published by Phoenix House (London) in 1950 with no ISBN

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°30′15″N 0°07′35″W / 51.50417°N 0.12639°W / 51.50417; -0.12639