Golden Hind

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Replika kapal Golden Hind di St Mary Overie Dock

Golden Hind adalah kapal yang mengangkut Sir Francis Drake mengelilingi dunia. [1]

Sir Francis Drake (1543-1596) adalah orang Inggris pertama yang mengelilingi dunia. [1] Pelayarannya memperkuat dominasi kekuatan laut Inggris. Saat Drake berangkat dari Plymouth, Inggris tanggal 13 Desember 1577, ia membawahi 160 orang dan 5 buah kapal. Kapal utamanya akan terkenal sepanjang sejarah, yaitu Golden Hind.[1]

Sebelum dinamakan Golden Hind, kapal tersebut diberi nama Pelican.[1] Drake mengubah nama kapalnya dari Pelican menjadi Golden Hind saat Drake memulai pelayarannya melewati Selat Mallegan bulan September 1587 untuk menghormati pelindungnya, Sir Christoper Hatton, yang memiliki lambang rusa betina emas. Pelican diluncurkan tahun 1560 dengan bobot 100 ton, dengan panjang 2 meter dan lebar 19 kaki (kurang lebih 5 meter).[1]

Pelican adalah kapal kecil bertiang tiga yang cepat dengan dek yang menonjol (poop deck) dan haluan yang jauh lebih tinggi dibanding dek utamanya.[1] Tiang haluan dan tiang utamanya membawa layar persegi, dan membentangkan layar segitiga di tiang mizzen-nya, serta membawa 18 pucuk senapan.

Drake menerima perintah rahasia Ratu Elizabeth untuk menenggelamkan kapal-kapal serta penduduk Spanyol; pelayarannya ditandai dengan perseteruan, pengkhianatan, percobaan pemberontakan dan anak buah yang melarikan diri. Pada saat Golden Hind berlayar melewati Selat Mallegan dan memasuki Samudera Pasifik, ketiga kapal yang menyertainya melarikan diri. Golden Hind terpisah dari kapal lainnya, kapal Elizabeth yang berbalik arah dan pulang.

Golden Hind melanjutkan perjalanan, berlayar mengelilingi dunia dan kembali ke Plymouth tanggal 26 September 1580. Pada saat itu, mereka membawa harta karun senilai setengah juta pound yang diperoleh dari kapal-kapal Spanyol. Spanyol menuduh Drake sebagai pembajak laut, tetapi Inggris justru memberinya hadiah. Tanggal 4 April 1581, ratu Elizabeth mengangkat Drake menjadi bangsawan di atas dek Golden Hind.

Golden Hind terus bersandar di Deptfort, sebuah galangan kapal London di sungai Thames. Orang-orang dapat melihat kapal itu dengan membayar sejumlah uang, yang hasilnya disumbangkan untuk amal. Kapal itu diperbaiki dan dipelihara bertahun-tahun dan tetap bertahan hingga abad berikutnya. Tetapi, kisah akhirnya tidaklah diketahui; kapal itu diyakini tidak dapat diperbaiki lagi dan dibongkar.

Satu-satunya kayu yang masih tersisa dari Golden Hind saat ini adalah sebuah kursi yang terdapat di Bodleian Library di Oxford dan sebuah meja di Middle Temple Hall di London.

Pada akhir 1970-an, sebuah kapal bernama Golden Hind dipamerkan di San Fransisco, California. Akan tetapi itu bukan kapal Drake yang asli, melainkan tiruan yang sangat akurat dari jenis kapal yang berlayar pada masa pemerintahan Elizabeth. Golden Hind kedua itu berlayar dari Greenwich, Inggris ke San Fransisco tahun 1977.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Caper, William. 100 Ships and Planes That Shaped World History. Blue woods books 2000. California. Page 22-23