Waplau, Buru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Waplau)
Waplau
Negara Indonesia
ProvinsiMaluku
KabupatenBuru
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri81.04.06
Kode BPS8104022
Luas- km²
Desa/kelurahan10


Waplau adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Buru, Maluku, Indonesia. Kecamatan Waplau dengan Ibu kota Waplau memiliki wilayah seluas 585,23 Km2 dengan jumlah desa 9 dan 6 dusun, secara geografis Kecamatan Waplau berbatasan dengan:

  • Sebelah Utara: Laut Seram
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Waeapo
  • Sebelah Barat: Kecamatan Air Buaya
  • Sebelah Timur: Kecamatan Namlea

Jarak masing-masing desa di kecamatan Waplau dengan Ibu Kota Kecamatan adalah sebagai berikut:Lamahang 1 Km, Waeura 7 Km, Samalagi 8 Km, Namsina 9 Km, Hatawano 12 Km, Wailihang 14 Km, Waprea 20 Km, Waipoti 24 Km.

Perjalanan ke Ibu Kota Kecamatan (Waplau) dari Ibu Kota kabupaten (Namlea) dilakukan dengan kendaraan bermotor melalui jalan Nasional dengan jarak tempuh 37 Km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam Kecamatan ini terletak pada ketinggian 0 – 1.540 mdpl. Daerah tepi pantai merupakan daerah yang relatif datar, sementara di bagian Selatan terdapat beberapa pegunungan di antaranya Gunung Fotooleng, Gunung Karmedan, Gunung Langit, Gunung Koit dan Gunung Late dengan puncak tertinggi di Gunung Late dengan ketinggian 1.540 mdpl. Kecamatan ini didominasi oleh kawasan pegunungan dengan jenis elevasi rendah berlereng agak curam sedangkan di sepanjang pantai bagian utara merupakan daerah dengan elevasi rendah berlereng landai akan tetapi dibatasi oleh pegunungan di bagian selatan.