Wang Duo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wang Duo (王鐸) (†884), nama kehormatan Zhaofan (昭範), resminya Adipati Jin (晉公), merupakan seorang pejabat Tiongkok Dinasti Tang, ia melayani sebagai kanselir di masa pemerintahan Kaisar Yizong dan putra Kaisar Yizong, Kaisar Xizong. Setelah pemberontak agraria Huang Chao menangkap ibu kota Tang, Chang'an pada tahun 880 dan memaksa Kaisar Xizong melarikan diri, Wang ditugaskan oleh Kaisar Xizong untuk melayani sebagai komandan tertinggi pasukan Tang di kekaisaran pusat dan timur, secara efektif melayani sebagai raja muda dengan penuh otoritas kekaisaran untuk mengeluarkan fatwa, dan Wang berperan dalam berbagai manuver Tang, termasuk membujuk Li Keyong dan Zhu Quanzhong untuk bergabung dengan penyebab Tang, dalam mengalahkan Huang. Pada tahun 884, dalam perjalanan ke kantor barunya sebagai gubernur militer (Jiedushi) Sirkuit Yichang (義昌, yang berkantor pusat di Cangzhou modern, Hebei), Le Congxun (樂從訓) putra Le Yanzhen gubernur militer Sirkuit Weibo (魏博, yang berkantor pusat di Handan modern, Hebei), tertarik oleh kelompok wanita yang menyertai Wang, menyergap Wang dan membunuhnya serta menangkap para wanita tersebut.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui kapan Wang Duo dilahirkan. Dia berasal dari keluarga bangsawan terkemuka, karena pamandanya Wang Bo menjabat sebagai kanselir selama pemerintahan Kaisar Muzong dan putra Kaisar Muzong, Kaisar Wenzong, meskipun ayahanda Wang Duo, Wang Yan (王炎) meninggal lebih awal dan karena itu tidak mencapai posisi tinggi. Wang Duo sendiri lulus ujian kekaisaran di kelas Jinshi pada awal era Huichang (841-847) dari saudara Kaisar Wenzong, Kaisar Wuzong, dan kemudian melayani dua periode pada staf gubernur daerah. Pada awal pemerintahan pangeran dan pewaris Kaisar Wuzong, Kaisar Xuānzong, ia dipanggil kembali ke ibu kota Chang'an untuk melayani sebagai sensor kekaisaran dengan gelar Jiancha Yushi (監察御史),[1] dan kemudian disajikan pada staf mantan kanselir Bai Minzhong ketika Bai menjabat sebagai gubernur militer (Jiedushi) Sirkuit Xichuan (西川, yang berkantor pusat di Chengdu modern, Sichuan).[2]

Selama pemerintahan Kaisar Yizong[sunting | sunting sumber]

Pada awal era Xiantong (860-874) putra Kaisar Xuānzong dan penerus Kaisar Yizong, Wang Duo dipanggil kembali ke Chang'an untuk melayani sebagai Jiabu Langzhong (駕部郎中), seorang pejabat pengawasan di kementerian pertahanan (兵部, Bingbu), dan ditugaskan mengatur dekrit. Dia kemudian dijadikan Zhongshu Sheren (中書舍人), seorang pejabat tingkat menengah di biro legislatif pemerintah (中書省, Honghe Sheng). Pada tahun 864, ia diangkat menjadi wakil menteri ritual (禮部侍郎, Libu Shilang), dan dalam kapasitas itu mengawasi pemeriksaan kekaisaran selama dua tahun. Dikatakan bahwa dia memilih peserta ujian yang lulus dengan benar dan dipuji untuk itu. Pada 866, ia diangkat menjadi wakil menteri sensus (戶部侍郎, Hubu Shilang) dan direktur keuangan.

Pada 870, saat itu Wang disebut sebagai menteri pertahanan (兵部尚書, Bingbu Shangshu) dan direktur monopoli garam dan besi, Kaisar Yizong menjadikannya menteri ritual (禮部尚書, Libu Shangshu) dan memberi dia sebutan Tong Zhongshu Menxia Pingzhangshi (同中書門下平章事), membuatnya menjadi kanselir de facto.[3] Pada saat itu, kanselir Wei Baoheng (menantu Kaisar Yizong) sangat kuat, dan Wei menghormati Wang sebagai orang yang memilihnya ketika dia lulus ujian kekaisaran. Namun, karena ini, ketika Wei mencoba untuk menempatkan pengikutnya sebagai pejabat kekaisaran, Wang menolak. Akibatnya, karena upaya Wei, pada tahun 873, Wang dikirim keluar dari ibu kota untuk melayani sebagai gubernur militer Sirkuit Xuanwu (宣武, yang berkantor pusat di Kaifeng modern, Henan), masih membawa gelar Tong Zhongshu Menxia Pingzhangshi sebagai gelar kehormatan.

Selama pemerintahan Kaisar Xizong[sunting | sunting sumber]

Sebelum pendudukan Huang Chao di Chang'an[sunting | sunting sumber]

Kaisar Yizong meninggal pada tahun 873 dan digantikan oleh putranya yang masih muda, Kaisar Xizong. Baik kasim yang kuat, Tian Lingzi dan kanselir Zheng Tian percaya Wang mampu, Wang segera dipanggil untuk melayani sebagai Zuo Pushe (左僕射), salah satu kepala biro eksekutif (pemerintah Shangshu Sheng), dan pada tahun 876 dikembalikan ke kanselir dengan penunjukan Tong Zhongshu Menxia Pingzhangshi serta gelar Menxia Shilang (門下侍郎), untuk membantu menangani krisis yang semakin dalam dari pemberontakan agraria, yang terbesar yang dipimpin oleh Wang Xianzhi dan Huang Chao, yang pada saat itu telah menggabungkan pasukan mereka.

Kemudian pada tahun 876, Wang Xianzhi menangkap Prefektur Ru (汝州, Pingdingshan modern, provinsi Henan) dan menawan adik Wang Duo, Wang Liao (王鐐).[4] Selanjutnya, ketika Wang Xianzhi menyerang Prefektur Qi (蘄州, Huanggang modern, Hubei), Wang Xianzhi meminta Wang Liao bernegosiasi atas namanya dengan prefek Prefektur Qi, Pei Wo (裴偓). Selanjutnya, Pei dan Wang Liao menegosiasikan istilah-istilah di mana Wang Xianzhi akan tunduk pada otoritas kekaisaran dan menerima komisi kekaisaran. Pei membuka gerbang kota dan mengundang Wang Xianzhi dan top letnannya, termasuk Huang, ke kota, dan mengajukan petisi kepada Kaisar Xizong yang meminta Wang Xianzhi diberi komisi kekaisaran. Kebanyakan kanselir menentang, tetapi atas desakan Wang Duo, Kaisar Xizong mengeluarkan komisi yang menamai Wang Xianzhi seorang perwira penjaga kekaisaran. Namun, Huang marah bahwa dia tidak menerima komisi juga, dan menyerang Wang Xianzhi secara fisik. Wang Xianzhi, dalam ketakutan, menolak komisi dan menjarah Prefektur Qi. Pei melarikan diri, sementara Wang Xianzhi dan Huang berpisah dan melanjutkan kampanye mereka melawan pasukan Tang.

Pada tahun 877, sementara kampanye melawan Wang Xianzhi dan Huang berlanjut, Wang Duo dan kanselir Lu Xi berselisih besar dengan Zheng tentang struktur komando pasukan kekaisaran yang dikirim terhadap Wang Xianzhi dan Huang - karena Wang Duo dan Lu ingin menempatkan jenderal kekaisaran Zhang Zimian (張自勉) di bawah komando Song Wei (宋威), tetapi Zheng percaya bahwa, karena persaingan antara Zhang dan Song, jika Zhang jatuh di bawah komando Song, Song akan mencari alasan untuk membunuhnya, dan karena itu menolak untuk menyetujui rekomendasi Wang Duo dan Lu. Ketidaksetujuan ini meningkat sedemikian rupa sehingga Wang Duo dan Lu menawarkan untuk mengundurkan diri dan Zheng menawarkan untuk pensiun. Kaisar Xizong tidak menyetujui tawaran ini.[5]

Pada tahun 878, jenderal kekaisaran Zeng Yuanyu (曾 元 裕) mengalahkan dan membunuh Wang Xianzhi dalam pertempuran, tetapi pemberontak agraris setelah itu berada di bawah bendera Huang dan terus mengancam pemerintahan Tang. Pada tahun 879, Wang Duo menawarkan untuk mengawasi operasi, sehingga dia dijadikan gubernur militer di Sirkuit Jingnan (荊南, yang berkantor pusat di Jingzhou modern, Hubei) dan komandan tertinggi pasukan kekaisaran di sirkuit selatan, untuk mengawasi operasi melawan Huang ; ia juga membawa gelar kehormatan Situ (司徒, salah satu Tiga Bangsawan) dan Shizhong (侍中). Setelah Wang tiba di Jingnan, dikatakan bahwa dia segera melindungi pertahanan sirkuit. Namun, ia juga membuat langkah buruk dalam memerintahkan Li Xi (李係) sebagai wakil komandan tertinggi dan gubernur Sirkuit Hunan (湖南, yang berkantor pusat di Changsha modern, Hunan), untuk ditempatkan di ibu kota Hunan Prefektur Tan (di Changsha modern, Hunan) untuk mencegat Huang, meskipun fakta bahwa Li Xi sebenarnya tidak memiliki bakat militer, hanya atas dasar bahwa Li Xi berbicara dengan baik dan merupakan cicit dari jenderal besar Li Sheng. Pada musim dingin tahun 879, setelah Huang meninggalkan Prefektur Guang (廣州, Guangzhou modern, Guangdong) dan menuju utara, Huang menyerang Li Xi dan dengan mudah mengalahkannya. Dengan pasukan yang dia harapkan belum berkumpul, Wang Duo melarikan diri dari ibu kota Jingnan, Jianling dan meninggalkan petugasnya Liu Hanhong di pertahanan Jiangling, tetapi segera setelah dia meninggalkan Jiangling, Liu menjarah Jiangling, mengambil pasukannya, dan menjadi pemberontak juga. Sebagai akibat dari bencana ini, sekitar tahun baru 880, Wang dijadikan penasihat bagi Pangeran Mahkota—sebuah gelar kehormatan sepenuhnya karena tidak ada putra mahkota saat itu — dengan kantornya di ibu kota timur Luoyang. Gelar komandan tertinggi malah diberikan pada Gao Pian, gubernur militer Sirkuit Huainan (淮南, yang berkantor pusat di Yangzhou modern, Jiangsu).

Selama pendudukan Huang Chao di Chang'an[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 880, dengan Gao yang tidak mampu atau tidak ingin menghentikan Huang, Huang menyerang Chang'an dan menangkapnya, menyatakan dirinya sebagai kaisar negara Qi yang baru. Kaisar Xizong melarikan diri ke Sirkuit Xichuan. Wang Duo mengikuti Kaisar Xizong ke Xichuan, dan pada musim semi 881 kembali diangkat sebagai menteri dengan gelar Tong Zhongshu Menxia Pingzhangshi, Menxia Shilang, dan Penjara Situ, dan segera setelah itu juga dijadikan Shizhong. Wang, melihat bahwa Gao, sementara melayani sebagai komandan tertinggi tituler, tidak mengambil tindakan terhadap Huang, sekali lagi menawarkan untuk mengawasi operasi melawan Huang. Pada musim semi 882, Wang dijadikan gubernur militer Sirkuit Yicheng (義成, yang berkantor pusat di Anyang modern, Henan) dan komandan tertinggi pasukan kekaisaran serta direktur perpajakan. Jenderal Cui Anqian dijadikan deputinya. Wang juga tampaknya diberi wewenang untuk mengeluarkan fatwa dalam nama Kaisar Xizong, dan setelah itu sering melakukannya sebagai bagian dari operasi. Wang juga segera memimpin pasukan Xichuan, Dongchuan (東川, yang berkantor pusat di Mianyang modern, Sichuan), dan Shannan Barat (山南西道, yang berkantor pusat di Hanzhong modern, Shaanxi) dan mendekati Chang'an, bertemu dengan para jenderal Tang lainnya untuk mengelilingi wilayah Chang'an, berniat untuk merebutnya kembali.[6] Dengan kekuatan kekaisaran Tang berkumpul, salah satu pengikut utama Huang, Zhu Wen, kemudian membela Prefektur Tong (同州, Weinan modern, Shaanxi), menyerah kepada Tang, dan Wang menugaskan dia sebagai gubernur militer Tonghua (同華, yang berkantor pusat di Prefektur Tong). Sementara itu, berdasarkan saran dari monitor kasim tentara, Yang Fuguang, Wang juga mengeluarkan dekrit mengampuni kepala suku Shatuo, Li Keyong, yang telah memberontak terhadap otoritas Tang sebelumnya, dan menugaskan Li Keyong untuk menyerang negara Qi Huang. Li Keyong menerima komisi dan bergabung dengan kampanye melawan Huang. Wang juga mengeluarkan perintah kepada Zheng Congdang gubernur militer Sirkuit Hedong (河東, yang berkantor pusat di Taiyuan modern, Shanxi), yang sebelumnya tidak mengizinkan Li Keyong melewati sirkuitnya, untuk memungkinkan Li Keyong lewat.[7]

Namun, dengan kekuatan Tang berkumpul di Chang'an dan dengan Li Keyong menjadi pemimpin dalam kampanye melawan Huang, di musim semi 883, di bawah nasihat Tian Lingzi, Kaisar Xizong tiba-tiba membebaskan Wang dari pos komandannya dan menyuruhnya melapor ke Sirkuit Yicheng, ketika Tian menuduh Wang tidak mampu merebut kembali Chang'an tanpa menerima ide Yang-disarankan untuk memanggil Shatuo—yaitu, memuji Yang, daripada Wang, dengan kemenangan. Namun, untuk prestasi Wang, ia diciptakan sebagai Adipati Jin.

Setelah pendudukan Huang Chao di Chang'an[sunting | sunting sumber]

Selanjutnya, Chang'an direbut kembali, dan Huang meninggalkan wilayah itu dan melarikan diri ke timur. Sebagai bagian dari operasi lanjutan terhadap Huang (yang kemudian dibunuh pada awal tahun 884 oleh keponakannya sendiri Lin Yan (林言)) Zhu Wen (yang namanya telah diubah menjadi Zhu Quanzhong pada titik ini) dijadikan gubernur militer Sirkuit Xuanwu terdekat. Karena Wang sebelumnya telah menugaskan Zhu, dia pikir dia dapat bergantung pada bantuan Zhu, dan pada awalnya Zhu membantu Wang dalam mempertahankan pertahanan Sirkuit Yicheng. Namun, pada musim gugur tahun 884, Zhu, dirinya sendiri merasa lebih aman di Xuanwu pada titik ini, tumbuh arogan dalam kontaknya dengan Wang, dan Wang datang untuk melihat bahwa Zhu tidak dapat diandalkan. Khawatir bahwa posisi defensifnya sendiri diancam oleh Zhu, Wang diminta untuk kembali ke pemerintahan kekaisaran (yang telah kembali ke Chang'an). Namun, sebaliknya, ia menerima perintah untuk memindahkannya ke Sirkuit Yichang.[8]

Wang sering memiliki sekelompok besar selir dan wanita lain menemaninya. Saat dia melapor ke Yichang, dia pergi melalui Sirkuit Weibo, dan para wanita mengenakan pakaian mewah seolah-olah mereka sedang dalam masa damai. Le Congxun, putra dari gubernur militer Weibo Le Yanzhen, tertarik, dan menempatkan beberapa ratus tentara di dekat ibu kota Weibo Prefektur Wei (魏州). Mereka menyergap prosesi Wang dan membunuh Wang serta sekitar 300 anggota stafnya, menyita kekayaan dan wanita-wanita Wang. Le Yanzhen mengajukan laporan yang menyalahkan bandit atas kematian Wang, dan pengadilan Tang yang sangat lemah tidak dapat berbuat apa-apa.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buku Tua Tang, vol. 164.
  2. ^ Buku Baru dari Tang, vol. 185.
  3. ^ Zizhi Tongjian, vol. 252.
  4. ^ Yang Zizhi Tongjian, sambil membahas Wang Liao menangkap, disebut Wang Liao Wang Duo sepupu, bukan saudara, tapi kedua Wang Duo biografi dalam Buku Tua dari Tang dan Buku Baru dari Tang disebut Wang Liao Wang Duo kakak.
  5. ^ Zizhi Tongjian, vol. 253.
  6. ^ Zizhi Tongjian, vol. 254.
  7. ^ Zizhi Tongjian, vol. 255.
  8. ^ Zizhi Tongjian, vol. 256.