Walter Nobbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangWalter Nobbe
Biografi
Kelahiran22 Februari 1941
Kota Malang
Kematian19 April 2005 (64 tahun)
Den Haag
Kegiatan
PekerjaanPelukis, perancang kostum dan scenographer (en)
Penghargaan

Walter Nobbe (22 Februari 1941 – 19 April 2005) adalah seorang pelukis dan dramawan Belanda.

Nobbe belajar di Koninkijke Academie voor Beeldende Kunsten di Den Haag. Ia lulus pada tahun 1964 dan berbagi apartemen studio dengan Pat Andréa yang lulus setahun kemudian. Walter menggabungkan antara mengajar (awalnya di sekolah menengah, kemudian di Akademi Rotterdam) dengan melukis bebas.

Pameran pertamanya pada tahun 1966 dilangsungkan di Galeri 20 Felix Valk Arnhem, bersama dengan Pat Andrea yang menjadi sahabat kentalnya, meskipun mereka menekuni aliran yang berbeda. Pada awalnya mereka mendapat pengaruh kuat dari Co Westerik. Pada tahun 1971, Nobbe mendapatkan Bantuan Kerajaan untuk Lukisan Bebas.

Pada tahun itu juga, ia merancang dekorasi dan kostum untuk Nederlands Dans Theater. Bersama teater itu gaat hij een lange verbintenis aan, eerst werkend voor Jiri Kylian, later voor Nacho Duato.

Antara tahun 1969-1973, ia menjadi dosen di Akademi Seni Patung Rotterdam. Lalu ia berkarya bagi Teater Tari Belanda. Ia juga melanjutkan lukisan figuratif bebas (interior, lukisan benda mati, dan patung telanjang manusia) di galerinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]