Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wang Chen menjabat sebagai Wakil Ketua (tingkat utama) Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional mulai 17 Maret 2018

Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (Hanzi sederhana: 全国人民代表大会常务委员会副委员长; Hanzi tradisional: 全國人民代表大會常務委員會副委員長; Pinyin: Quánguó Rénmín Dàibiǎo Dàhuì Chángwù Wěiyuánhuì Fùwěiyuánzhăng) adalah jabatan politik di Tiongkok. Menurut Konstitusi Republik Rakyat Tiongkok, Wakil Ketua bertanggung jawab membantu Ketua dalam menjalankan tugasnya sebagai ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional. Sejak tahun 1982, Wakil Ketua diangkat untuk masa jabatan lima tahun dan tidak boleh menjabat lebih dari dua kali masa jabatan.

Pada 7 Desember 2020, Kementerian Keuangan Amerika Serikat, berdasarkan "Executive Order" (Perintah Eksekutif, yaitu kewenangan khusus Presiden Amerika Serikat untuk membuat kebijakan tanpa melewati proses legislasi yang normal) No. 13936 yang ditandatangani oleh Presiden Donald Trump, mengumumkan sanksi terhadap semua Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional karena dinilai telah melanggar hak asasi manusia dan merusak otonomi Hong Kong dengan membatasi kebebasan berekspresi atau berkumpul.[1]

Jabatan Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional bukan hanya dipegang oleh 1 orang. Untuk masa jabatan Maret 2018-Maret 2023, terpilih 14 para Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat. Wang Chen menjabat sebagai Wakil Ketua (tingkat utama), sesuai dengan urutan daftar terpilih (dari kiri ke kanan) pada sesi sidang pertama Kongres Rakyat Nasional ke-13:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hong Kong-related Designations". United States Department of the Treasury. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-07. Diakses tanggal 2020-12-07.