Wader jambu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wader jambu
Pethia conchonius
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN166646
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoCypriniformes
FamiliCyprinidae
GenusPethia
SpesiesPethia conchonius
Hamilton, 1822, 1822
Tata nama
Sinonim takson
  • Cyprinus conchonius F. Hamilton, 1822
  • Systomus conchonius (F. Hamilton, 1822)
  • Barbus conchonius (F. Hamilton, 1822)
  • Puntius conchonius (F. Hamilton, 1822)
  • Puntius conchonius khagariansis (Datta Munshi & Srivastava 1988)

Wader jambu ( Pethia conchonius ) adalah ikan cyprinid air tawar subtropis yang ditemukan di Asia selatan dari Afghanistan hingga Bangladesh .[2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Spesies wader hias ini tumbuh hingga 6 inci (14 cm) panjangnya. Remaja memiliki ekor yang besar dan bercabang dalam, yang proporsional dengan tubuhnya. Warna mereka menjadi lebih berani selama periode kawin mereka. Laki-laki memiliki warna yang lebih cerah dan perempuan sedikit lebih gemuk. Perhatikan juga bahwa betina tidak memiliki warna hitam di siripnya sedangkan jantan memiliki warna hitam. Beratnya bisa mencapai 340g (12 ons) saat dewasa tetapi beratnya bisa jauh lebih ringan selama masa remaja. Mereka matang pada 63.5mm (2.5 inci).

Habitat[sunting | sunting sumber]

Di alam liar, makanan omnivora mereka terdiri dari cacing, serangga, krustasea, dan tumbuhan . Mereka memiliki umur hingga 5 tahun. Rosy barbs secara alami hidup di danau dan air yang mengalir deras di iklim subtropis . Habitat alami mereka memiliki pH 6 hingga 8, kesadahan air 5-19 dGH, dan kisaran suhu 64 – 72 °F (18 – 22 °C).

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Saat betina siap bertelur, dia akan tampak bengkak dengan telur. Pejantan akan melingkari dan mengejar betina, berulang kali menyenggol bagian kepala dan perutnya. Pemijahan biasanya terjadi pada pagi hari, dan berlangsung beberapa jam menghasilkan beberapa ratus telur. Telur biasanya disimpan dalam kelompok tanaman, dan pasangan tersebut akan mencoba memakan apapun yang dapat mereka temukan.

Penetasan muda dalam 24 hingga 36 jam, tergantung pada suhu air. Sehari kemudian, ikan muda akan bergelantungan di tanaman, dan/atau sisi tangki jika pembibitan dilakukan di akuarium. Dalam waktu sekitar enam hari anak-anak berenang bebas dan akan mencari makanan. Di penangkaran, mereka bisa diberi makan udang air asin yang baru menetas.

Wader jambu telah berhasil dihibridisasi dengan ikan sumatra ( Puntius tetrazona ), yaitu menyilangkan ikan sumatra betina dengan wader jambu jantan. Hibrida mencapai kematangan dan semuanya jantan, namun mereka mandul.

Di akuarium[sunting | sunting sumber]

Wader jambu adalah spesies aktif dan damai yang cocok untuk akuarium komunitas. Itu dianggap sebagai salah satu duri paling keras, tidak menuntut dan indah, dan diwarnai paling mengesankan selama periode kawin. Itu bisa dipelihara bersama dengan ikan kecil lainnya tetapi bisa agresif terhadap ikan lain dan menggigit siripnya. Mereka akan makan sebagian besar makanan yang disediakan untuk mereka. Mereka paling baik disimpan dalam kelompok 5 atau lebih di akuarium dengan panjang minimal 76 ekor cm (30 inci). Mereka biasanya mencapai ukuran maksimum 10,2 cm (empat inci). Menggunakan kerikil berwarna gelap akan memamerkan warna ikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dahanukar, N. 2010. Pethia conchonius. In: IUCN 2012. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.2. <www.iucnredlist.org>. Downloaded on 3 May 2013.
  2. ^ Pethiyagoda, R., Meegaskumbura, M. & Maduwage, K. (2012): A synopsis of the South Asian fishes referred to Puntius (Pisces: Cyprinidae). Ichthyological Exploration of Freshwaters, 23 (1): 69-95.