Vorwärts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman depan edisi pertama (1 Oktober 1876) Vorwärts

Vorwärts (Jerman: [ˈfɔʁvɛʁts], "Forward") adalah surat kabar yang diterbitkan oleh Partai Sosial Demokrat Jerman. Didirikan pada tahun 1876, surat kabar ini telah menjadi organ utama SPD selama beberapa dekade. Awalnya diterbitkan setiap hari setelah Kongres Halle pada 1891 sebagai penerus Berliner Volksblatt, yang didirikan pada tahun 1884. Saat ini, surat kabar ini diterbitkan setiap dua bulan dan dikirimkan kepada semua anggota SPD.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Vorwärts didirikan sebagai penggabungan dari Der Volksstaat Eisenacher dan Der Sozialdemokrat Lassallisme (Asosiasi Pekerja Umum Jerman). Penyunting pertamanya adalah Wilhelm Hasenclever dan Wilhelm Liebknecht.[1] Tokoh-tokoh terkenal seperti Friedrich Engels dan Kurt Tucholsky pernah menulis untuk surat kabar ini. Vorwärts mendukung ekonom Marxist Rusia dan kemudian kaum Mensheviks, setelah perpecahan di Partai Komunis Rusia. Artikel-artikel karya Leon Trotsky, dimuat, tetapi tidak dengan Vladimir Lenin.

Selama Perang Dunia 1, Vorwärts menentang kebijakan Burgfriedenspolitik yang mendukung pasifisme dan netralitas hingga tahun 1916. Setelah Rudolf Hilferding diwajibkan, Friedrich Stampfer was introduced as editor-in-chief. He guided the central organ back towards the party line (prompting accusations from half of the Socialist camp that it had become chauvinist).

Koran ini menentang Revolusi Oktober dengan gigih, serta mendukung upaya pengenalan sistem parlementer di Jerman.[2]

Pada tahun 1923, Vorwärts mengalami kekalahan dalam kasus pencemaran nama baik yang diajukan oleh Adolf Hitler, dan diwajibkan untuk membayar ganti rugi sebesar 6,000,000 mark. Koran tersebut melaporkan bahwa Hitler mendapatkan pendanaan dari 'orang-orang Yahudi Amerika' dan Henry Ford.[3][4]

Selama era Nazi, Partai Sosial Demokrat Jerman dinyatakan ilegal, yang mengakibatkan penghentian penerbitan Vorwärts di Jerman pada tahun 1933. Namun, penerbitannya dilanjutkan di pengasingan, terlebih dahulu di Czechoslovakia hingga tahun 1938, dan kemudian di Paris hingga tahun 1940.

Pada tahun 1948, koran ini kembali diterbitkan dengan nama Neuer Vorwärts ("Maju Baru"), dan pada tahun 1955 kembali menggunakan nama Vorwärts. Pada tahun 2020, koran ini memiliki sirkulasi sekitar 360.000 eksemplar setiap dua bulan,[5] dikirimkan kepada seluruh anggota SPD.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Steenson, Gary P. Karl Kautsky: EarlyAssumptions, Preconceptions and prejudices. hlm. 42. 
  2. ^ Geschichte schreiben, Zukunft gestalten. 125 Jahre vorwärts (as part of: vorwärts, Oktober 2001, Berlin)
  3. ^ "Hitler Wins in Libel Suit". Jewish Telegraph Agency. 4 September 1923.
  4. ^ Hitler Wins in Libel Suit Canadian Jewish Review, 14 September 1923. p.9. http://multiculturalcanada.ca/node/426390 Diarsipkan 24 December 2015 di Wayback Machine.
  5. ^ "Mediadaten 2020" (PDF). Vorwärts. Diakses tanggal 29 November 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]