Volume parkir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Volume parkir yang merupakan komulatip kendaraan yang parkir

Volume parkir adalah jumlah kendaraan yang parkir di suatu tempat atau kawasan parkir tertentu selama waktu tertentu. Waktu yang yang biasanya digunakan adalah satu hari. Karakteristik volume parkir tergantung kepada tempat dimana pelataran parkir /gedung parkir tersebut berada, apakah diperkantoran, pusat perbelanjaan, daerah wisata, sekolah, pasar dan lain sebagainya. Kalau diperkantoran akan tinggi pada hari kerja sedang pusat perbelanjaan/mall akan tinggi pada akhir minggu.

Survai volume parkir[sunting | sunting sumber]

Untuk mendapatkan informasi mengenai volume parkir sebagai bagian dari survai parkir, informasi yang dikumpulkan adalah kumulatip kendaraan yang parkir di tempat atau kawasan tersebut. Pendekatan yang dapat dilakukan juga untuk mendapatkan volume parkir adalah dengan mengumpulkan data kendaraan yang masuk pelataran/gedung melalui pintu/gate masuk parkir.

Di mana:

VP:Volume parkir
Ei:jumlah kendaraan yang masuk ke pelataran/gedung parkir dalam periode i
n:jumlah periode jam pengamatan

Penggunaan informasi volume parkir[sunting | sunting sumber]

Volume parkir digunakan untuk merencanakan kebutuhan ruang parkir. Di samping itu data volume parkir beserta data lama parkir dan akumulasi parkir digunakan untuk menghitung besarnya jumlah ruang parkir yang perlu disediakan. Data volume parkir juga merupakan informasi penting yang diperlukan untuk pengendalian parkir dalam rangka kebijakan manajemen lalu lintas, di antaranya yang dilakukan di Indianapolis International Airport[1] adalah menurunkan tarif parkir untuk menaikkan volume parkir dalam kaitannya untuk menaikkan penumpang yang menggunakan angkutan udara atau sebaliknya menaikkan tarif untuk menurunkan volume parkir.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Abubakar,I. dkk, Menuju Lalu lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta, 1996
  • Nicholas J. Garber,Lester A. Hoel, Traffic and Highway Engineering, Cencage Learning, Toronto, 2009

Referensi[sunting | sunting sumber]