Akumulasi parkir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Akumulasi parkir adalah jumlah kendaraan yang parkir pada suatu saat tertentu, di suatu tempat gedung parkir atau pelataran parkir. Informasi mengenai akumulasi parkir ini digunakan untuk merencanakan ruang parkir yang dibutuhkan pada suatu tempat ataupun untuk menerapkan pengendalian parkir disuatu kawasan.

Survai akumulasi parkir[sunting | sunting sumber]

Untuk mendapatkan informasi mengenai akumulasi parkir perlu melakukan survai untuk mendapatkan profil kendaraan yang parkir dalam satu hari, angka capaian tertinggi jumlah kendaraan yang parkir disebut sebagai akumulasi tertinggi parkir. Angka ini bervariasi[1] menurut kegiatan tempat dimana ada pelataran/gedung parkir. Perkantoran mencapai puncaknya pada siang hari sedang pertokoan/mall akumulasi hari kerja lebih rendah dari akumulasi pada penghujung minggu(weekend) pada sore hari dan permukiman/apartemen pada malam hari.

Contoh akumulasi parkir suatu kantor pelayanan umum

Besarnya akumulasi[sunting | sunting sumber]

Besarnya akumulasi parkir diberikan dengan formula[2][3] sebagai berikut:

di mana:

AP adalah akumulasi parkir
Ei adalah jumlah kendaraan yang masuk ketempat parkir
Ex adalah jumlah kendaraan yang keluar tempat parkir

Jika sebelumnya sudah ada kendaraan yang diparkir dilokasi parkir, maka jumlah maka akumulasi yang ada tersebut dijumlakan dalam jumlah akumulasi parkir. Kendaraan yang ada di dalam kadang karena sudah ada kendaraan yang datang sebelum survai dilakukan atau ada kendaraan yang menginap ataupun rusak dan ditinggal pemiliknya.

di mana :

N = jumlah kendaraan yang ada sebelumnya

Waktu pelaksanaan survai[sunting | sunting sumber]

Waktu pelaksanaan survai tergantung kepada jenis kegiatan dimana survai dilakukan, di perkantoran kegiatan lebih dominan pada jam kerja, pasar pada pagi hari, sekolah pada saat masuk dan keluar sekolah, hunian/apartemen pada malam hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Munawar, Parkir
  2. ^ Suwardi, Analisis Kebutuhan Dan Karakteristik Parkir Bus Di Terminal Tirtonadi Surakarta
  3. ^ Suwardi, Analisis Karakteristik Dan Dampak Parkir Terhadap Lalulintas, Di Solo Grand Mall Surakarta [1]
  • Mott MacDonald, King's Lynn Town Centre Parking Study, Sheffield, 2001