Volodymyr Sheiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Volodymyr Sheiko
LahirVolodymyr Sheiko
11 Januari 1962 (umur 62)
Kharkiv, Ukraina
AlmamaterKonservatori Kyiv, Ukraina
PekerjaanKonduktor
Organisasi
Situs webvladimirsheiko.com

Volodymyr Oleksandrovych Sheiko (lahir 11 Januari 1962 di Kharkiv) adalah seorang konduktor berkebangsaan Ukraina, artis terhormat Ukraina, artis rakyat Ukraina, direktur Asosiasi "Musik," [1] dan kepala konduktor Orkestra Simfoni Radio Ukraina.[2]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sheiko lulus dari Sekolah Musik Negeri Poltava pada tahun 1981 yang diberi nama MV Lysenko sebagai pemimpin paduan suara dan ahli teori musik. Pada tahun 1988 ia lulus dari Tchaikovsky Kyiv State Conservatory dengan gelar di bidang opera dan simfoni (Prof. Stefan Turchak) dan paduan suara (Prof. Lev Venediktov). Kemudian pada 1989-1991 ia magang di Opera Bolshoi dan Teater Balet (Moskow) yang disutradarai oleh Fuat Mansurov.

Karya kreatif[sunting | sunting sumber]

Segera setelah lulus pada 1988, ia mendirikan Orkestra Simfoni "Ukraina" yang baru dan sebagai pemimpin dan direktur musiknya melakukan tur ke seluruh Eropa untuk tampil dan membuat banyak rekaman radio dan TV serta produksi CD. Selama periode itu ia ikut menyelenggarakan Festival "Tenoratorio" di Solothurn, Swiss, dan mendirikan Festival Musik internasional "Meetings at Easter" di Kyiv pada tahun 2000. Ia juga berpartisipasi dalam pembukaan Verdiano – Festival 2001 di Busseto, Italia pada tahun 2001.

Tahun 1994 -2005 sebagian besar ia dedikasikan untuk teater. Volodymyr Sheiko memimpin produksi dan proyek opera besar-besaran dalam genre pidato, di antaranya: Yevgeniy Onegin oleh P. Tchaikovsky; La Traviata dan Rigoletto oleh G. Verdi; Porgy dan Bess oleh G. Gershwin; Carmen oleh G. Bizet; Pengantin Tsar oleh N. Rymsky-Korsakov; Il Barbiere di Siviglia oleh G. Rossini; Cosi fan tutti, Impressario dan Le nozze di Figaro oleh WA Mozart; Requiem oleh G. Verdi; Requiem oleh M. Reger; Requiem oleh G. Fauret; Magnificat oleh JS Bach.

Pada tahun 2005 ia menjadi direktur musik dan kepala konduktor Orkestra Simfoni Radio Ukraina.

Di bawah arahan Volodymyr Sheiko, orkestra telah menampilkan pertunjukan chedeuvres musik hebat yang mengesankan, di antaranya: Requiem oleh G. Verdi; Simfoni No. 9 oleh LV Beethoven; Simfoni No. 6, Pathétique oleh P. Tchaikovsky; Simfoni No. 2 oleh S. Rachmaninoff; Carmina Burana oleh Carl Orff; "Stabat Mater" oleh G. Rossini; "Eksekusi Stepan Rasin" oleh D.Shostakovich; "St. Jonn dari Damaskus" oleh S.Taneev; "Ketika Pakis Mekar" oleh Y. Stankovych; "Requiem" dan "Davidde Penitente" oleh WA Mozart; Le Poème del'extase oleh A. Scriabin, "Symphonic Gospel" oleh Alemdar Karamanov.

Selama kepemimpinan artistiknya, Volodymyr Sheiko mendirikan serangkaian proyek musik bersama Perusahaan Radio dan Perusahaan Televisi Nasional Ukraina, seperti: “Art Stories”; "RadioSymphony_UA"; “Symphonic Mainstream” dan “Message from Ukiraine”, dan membuat lebih dari 500 rekaman mahakarya musik dunia dan Ukraina untuk National Radio Fund. Volodymyr Sheiko membawa Radio Symphony Orchestra ke lebih dari selusin negara di seluruh dunia; Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Iran, Aljazair, Tunisia, Spanyol, Italia, Swiss, Perancis, Portugal, Belanda, Luksemburg, Belgia, Rumania, Polandia dan Belarus, dan masih banyak lagi, dan panggung terkenal seperti: Konzerthaus Wien; Concertgebouw di Amsterdam, Koningen Elisabethzaal di Antwerpen; Arena Sferisterio di Macerata, Italia; Teater Carlo Felice di Genova; Teater Petruzzelli di Bari; Teater Ponchielli di Cremona; Teater Luciano Pavarotti di Modena; Teatro Romano di Ascoli Piceno, Italia; Teater Politeamo Garibaldi di Palermo; Auditorium Teatro Manzoni di Bologna; Teatro Gesualdo di Avellino, Italia; Stadtcasino Musiksaal Basel, Swiss; Auditorio Nacional de Musica, Teatro Monumental di Madrid; Palau de la Musica Catalana di Barcelona; Auditorio de Zaragoza, Kepala Teatro di Zaragoza, Spanyol; Casa da Musik; Coliseu do Porto di Porto, Portugal; Coliseu dos Recreios di Lisbon; Coliseum di Nimes, Prancis; Teatro Romano di Vienne, Prancis; Opera Nasional Bukares; Opera Nasional Rumania di Timisoara; Teater Nasional Aljazair, Istana "Moufdi Zakaria", Gedung Opera Aljir di Aljazair; Balai Kota Seoul; Coliseum di El Jem, Tunisia; Amfiteater di Cartage, Tunisia; Opera Nasional Tunisia; Balai Kota Hong Kong; Philharmonic Nasional Beijing, Tiongkok; Dubai Opera, di Uni Emirat Arab.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 2003 ia dianugerahi gelar kehormatan "Artis Terhormat Ukraina" - atas kontribusi pribadi yang signifikan terhadap perkembangan sosial-ekonomi dan budaya ibu kota Ukraina - kota Kyiv. [3]
  • Pada tahun 2005 ia dianugerahi gelar Ordo Santo Vladimir III
  • Pada tahun 2005 ia dianugerahi Diploma Verkhovna Rada Ukraina
  • Pada tahun 2012 ia dianugerahi Diploma Kabinet Menteri Ukraina
  • Penghargaan kehormatan dari Kementerian Kebudayaan Ukraina
  • "Lencana Kehormatan" Dewan Kota Kyiv
  • Pada tahun 2015 ia dianugerahi gelar kehormatan " Artis Rakyat Ukraina "
  • Pada tahun 2019, ia memenangkan Hadiah Shevchenko dalam kategori "Seni Musik" - untuk rekaman audio karya komposer Ukraina di Yayasan Radio Ukraina, dan program konser dari tahun 2013 hingga 2018 [4]
  • Pada tahun 2020 ia dianugerahi Order of Merit (Ukraina), kelas III
  • Pada tahun 2021 menjadi anggota Akademi Seni Nasional Ukraina

Nominasi[sunting | sunting sumber]

Hadiah Nasional Taras Shevchenko Ukraina 2015. Program konser tahun 2009-2014 dinominasikan untuk nominasi Konser dan Seni Pertunjukan: 160 konser, yang masing-masing menjadi acara spiritual dan pendidikan yang terkenal, menonjolkan posisi artistik dan sosial aktif artis dan mendapat tanggapan positif luas dari masyarakat. Secara khusus, beberapa siklus konser terbesar artis adalah proyek media musik "Art Stories" dan "RadioSymphony_UA", di mana Volodymyr Sheiko berpartisipasi sebagai direktur artistik, konduktor proyek, pengembang proyek, dan sutradara. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ШЕЙКО Володимир Олександрович". Комітет з Національної премії України імені Тараса Шевченка. 
  2. ^ "One-man orchestra: Meet conductor Volodymyr Sheiko". Kyiv Post. 
  3. ^ Указ Президента України від 21.05.2003 № 424/2003 «Про відзначення державними нагородами України працівників підприємств, установ і організацій міста Києва»
  4. ^ "Президент на Тарасовій горі вручив Національні премії України імені Тараса Шевченка". Офіційне інтернет-представництво Президента України (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2019-03-11. 
  5. ^ "Держкомтелерадіо висунув трьох претендентів на здобуття Шевченківської премії". ridna.ua. «Рідна країна». 29 October 2014. Diakses tanggal 29 October 2014. 

Tautan luar[sunting | sunting sumber]