Virgin Atlantic GlobalFlyer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Scaled Composites Model 311 Virgin Atlantic GlobalFlyer adalah sebuah pesawat yang dirancang oleh Burt Rutan dan pesawat ini diterbangkan oleh Steve Fossett secara solo non-stop mengelilingi dunia dalam waktu 67 jam 1 menit dari 28 Februari 2005 sampai 3 Maret 2005. Dengan kecepatan rata-rata 550,7 km/j (342,2 mpj) pesawat ini memecahkan rekor penerbangan mengelilingi dunia nonstop yang sebelumnya juga dipegang oleh pesawat yang dirancang Rutan Voyager dengan waktu 9 hari 3 menit dan kecepatan rata-rata 186,11 km/j (115,65 mpj).

Pesawat ini dimiliki oleh pilot Steve Fossett yang disponsori oleh maskapai milik Richard Branson yaitu Virgin Atlantic Airways, dan dibuat oleh perusahaan Burt Rutan, yang bernama Scaled Composites.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Pesawat ini dibuat menggunakan carbon fiber epoxy yang diperkuat. Sayapnya dibuat menggunakan bahan komposit dengan kulit pesawat menggunakan grafit/epoxy dan Aramid honeycomb. Penggunaan bahan yang ringan membuat berat bahan bakarnya mengambil 83% dari berat lepas-landas, sebuah rasio yang belum pernah ada dalam dunia penerbangan.

Gesekan aerodinamika pesawat ini begitu kecil, sehingga bila mesin tidak jalan pesawat ini hanya dapat turun maksimum 700 kaki per menit. Drogue chutes digunakan untuk memperlambat kecepatan mendarat pesawat ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]