Northrop Grumman RQ-4 Global Hawk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Luftwaffe 99-01 RQ-4B EuroHawk ILA 2012 1.jpg
RQ-4 Global Hawk.jpg
NASA Global Hawk 872 (NASA 872)
Overview of the Global Hawk communications architecture.

Northrop Grumman (sebelumnya Ryan Aeronautical ) RQ-4 global Hawk (dikenal sebagai Tier II + selama pengembangan) adalah kendaraan udara tak berawak (UAV) pengintai (reconnaissance aircraft) sayap rendah (low wing) yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Jerman sebagai pesawat pengintai .

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Global Hawk adalah pesawat tanpa awak yang terbesar dan tercanggih di dunia saat ini. RQ-4 Global Hawk adalah pesawat tanpa awak pertama yang mem[eroleh sertifikasi dari FAA (badan penerbangan Amerika) untuk terbang dan mendarat di bandara sipil secara otomatis. Karena keunggulannya ini, Global Hawak diharapkan dapat menjadi perintis pesawat penumpang dengan pilot otomatis dimasa mendatang. Pada saat pengujian, Global Hawk mampu terbang dari Amerika Serikat menuju Australia pulang pergi dengan membawa sejulah alat pengintai. Untuk keperluan militer, pesawat ini dapat dipergunakan untuk melakukan pengintaian, pengawasan dan survey intelejen pada daerah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Northrop Grumman Global Hawk

Pertama terbang pada tanggal 28 Februari 1998 dari pangkalan udara Angkatan Udara AS di California. Global Hawk perangkat pertama dipindahkan ke angkatan laut Amerika Serikat di 2004 dan memulai misi tempur Maret 2006 .

Unit ini dapat patroli selama 30 jam pada ketinggian 18.000 meter. Dikembangkan oleh perusahaan AS Teledyne Ryan Aeronautical , anak perusahaan Northrop Grumman .

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gambar pada pranala luar
Northrop Grumman RQ-4A Global Hawk Block 10 Cutaway
Searchtool.svg Northrop Grumman RQ-4A Global Hawk Block 10 Cutaway from Flightglobal.com