Grumman HU-16 Albatross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hu16-N3HU-071022-13-12.jpg
Grumman HU-16 Albatross milik Penerbangan TNI Angkatan Laut pada tahun 1960-an

Grumman HU-16 Albatross adalah kapal terbang amfibi besar mesin twin-radial sayap tinggi (high wing) yang digunakan oleh Angkatan Udara AS, Angkatan Laut AS dan US Coast Guard, terutama sebagai pencarian dan penyelamatan dan pencarian tempur dan penyelamatan pesawat.

Awalnya ditunjuk sebagai SA 16-untuk USAF dan JR2F-1 dan UF-1 untuk USN dan USCG, kapal terbang itu redesignated sebagai HU-16 pada tahun 1962.

Desain dan Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Perbaikan desain Grumman Mallard, Albatross dikembangkan untuk mendarat di situasi samudra terbuka untuk mencapai penyelamatan. Penampang lambungnya dalam-V dan panjang lunas memungkinkannya mendarat di laut terbuka. Albatross dirancang untuk laut dengan ketinggian 4 kaki yang optimal, dan bisa mendarat dalam kondisi yang lebih parah, tetapi dibutuhkan JATO (jet-assisted take off, atau hanya roket penguat) untuk lepas landas dalam jarak 8-10 kaki (2.4-3.0 m) laut atau lebih.

Grumman HU-16 Albatross TNI AURI/TNI AU[sunting | sunting sumber]

Salah satu pesawat angkut amfibi (Seaplane/flying boat) yang pernah dioperasikan Angkatan Udara Republik Indonesia (sekarang TNI AU) adalah HU-16 Albatros (versi Indonesia HU-16A). Pesawat yang diproduksi oleh Grumman Aircraft Engineering Corporation (sekarang Northtrop Grumman), Amerika Serikat ini diproduksi dari tahun 1946-1961 dengan jumlah 466 unit. AURI memiliki sedikitnya 6 unit Albatross yang tergabung dalam Skardon Udara 5 Pengintai Laut yang didirikan pada 23 Mei 1953.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]