Viktor Shklovsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Viktor Shklovsky
Sklovsky.jpg
LahirViktor Borisovich Shklovsky
24 Januari [K.J.: 12 Januari] 1893
Sankt-Peterburg, Kekaisaran Rusia
Meninggal6 Desember 1984(1984-12-06) (umur 91)
Moskwa, Uni Soviet
AlmamaterUniversitas Kekaisaran Sankt-Peterburg
Karya terkenalArt as Device (1917)
Zoo, or Letters Not About Love (1923)
Theory of Prose (1925)
AliranFormalisme Rusia
Minat utama
Teori sastra
Kritisisme sastra
Gagasan penting
Ostranenie (1917)

Viktor Borisovich Shklovsky[1] (bahasa Rusia: Ви́ктор Бори́сович Шкло́вский; IPA: [ˈʂklofskʲɪj]; 24 Januari [K.J.: 12 Januari] 1893 – 6 Desember 1984) adalah seorang teoretikus sastra, kritikus, penulis dan penulis risalah Rusia dan Soviet. Ia adalah salah satu figur besar yang berasosiasi dengan formalisme Rusia. Shklovsky dikenal sebagai ahli penting dalam teori sastra dan budaya di abad ke-20[2].

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Shklovsky lahir di St.Peterburg, Rusia. Ayahnya adalah seorang matematikawan Yahudi Lithuania dan ibunya keturunan Jerman-Rusia. Ia berkuliah di Universitas Negeri Sankt Peterburg.

Saat Perang Dunia I, ia menjadi sukarelawan Angkatan Darat Rusia sebagai pelatih pengemudi mobil lapis baja di St. Peterburg. Kemudian pada tahun 1914, ia membentuk OPOYAZ (Obshchestvo izucheniya POeticheskogo YAZyka) atau suatu perkumpulan masyarakat untuk Studi Bahasa Puitis. Selain itu, ia juga menjadi bagian dari Serapion Brothers, sekumpulan penulis yang mulai melakukan pertemuan pada tahu 1921 di St. Peterburg. Kedua kelompok tersebut menyadari bahwa pentingnya sastra tidak hanya terletak pada konten sosial saja melainkan pada penciptaan bahasa yang independen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Juga ditransliterasikan menjadi Shklovskii.
  2. ^ Admin, Bloomsbury (2017-12-11). "Announcing MLA award winners: Ecocriticism and Italy and Viktor Shklovsky: A Reader". Bloomsbury Literary Studies Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]