Video RAM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Jenis VRAM[sunting | sunting sumber]

Synchronous Graphics RAM (SGRAM)
SGRAM adalah jenis RAM yang tersinkronisasi. Ini berarti data dapat diubah dalam satu operasi daripada sebagai urutan membaca, menulis, dan memperbarui operasi. Hal ini memungkinkan latar belakang, depan, dan gambar yang akan mengisi layar dengan lebih efisien.
Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
Perangkat ini dirancang oleh Rambus dan termasuk milik Rambus. Video editing pro chip ini dioptimalkan untuk streaming video.
Window RAM (WRAM)
WRAM bekerja secara dual-porting, artinya memiliki bandwidth sekitar 25% lebih banyak daripada VRAM standar, yang bertujuan untuk mengurangi biaya.
Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
Ini juga merupakan VRAM kinerja tinggi, dikembangkan oleh MoSys yang membagi memori menjadi bagian-bagian sebesar 32 KB yang dapat diakses secara individual. Hal ini membuat transfer memori lebih efisien dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Keuntungan lain dari MDRAM adalah dapat diproduksi dengan jumlah memori yang tepat untuk suatu resolusi, sehingga lebih murah jika dibuat secara massal dibanding dengan jenis VRAM lainnya.