Luapan penyangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Buffer)
Jump to navigation Jump to search

Dalam keamanan informasi dan pemrograman, luapan penyangga adalah sebuah anomali ketika sebuah program, saat menulis data ke dalam penyangga hingga melampaui batas dan menimpa berdekatan lokasi memori.

Penyangga adalah wilayah memori yang disisihkan untuk menampung data, sering sambil bergerak dari satu bagian program ke program lain, atau antarprogram. luapan penyangga sering dipicu oleh cacat masukan; jika menganggap semua masukan menjadi lebih kecil dari ukuran tertentu dan penyangga ini diciptakan sebagai ukuran, maka anomali transaksi yang menghasilkan lebih banyak data dapat menyebabkan penulisan data hingga melewati batas akhir penyangga tersebut. Jika hal ini menimpa data yang berdekatan atau kode yang dapat dijalankan, hal ini dapat mengakibatkan ketidakmenentuan perilaku sebuah program, termasuk kesalahan akses memori, hasil yang salah, dan galat aplikasi.

Deskripsi teknis[sunting | sunting sumber]

Luapan penyangga terjadi ketika data ditulis ke dalam penyangga juga merusak nilai-nilai data pada alamat memori yang berdekatan dengan penyangga tujuan karena kurangnya batas memeriksa. Hal ini dapat terjadi ketika menyalin data dari satu penyangga ke dalam penyangga yang lain tanpa memeriksa terlebih dahulu bahwa data apakah sesuai dalam penyangga tujuan.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Dalam contoh berikut yang ditulis dalam C, program ini memiliki dua variabel yang berdekatan dalam memori: penyangga 8 bita, A, dan dua bita integer big-endian, B.

Awalnya, A tidak berisi apa-apa kecuali nol bita, dan B berisi angka 1979.

nama variabel A B
nilai [string null] 1979
nilai hex 00 00 00 00 00 00 00 00 07 BB

Sekarang, program ini mencoba untuk menyimpan string berakhir dengan nol "excessive" dengan ASCII yang dienkode dalam penyangga A.

"excessive"adalah 9 karakter dan mengenkode 10 bita termasuk terminator null, tetapi hanya dapat mengambil 8 bita. Karena gagal memeriksa panjang dari string, ia juga akan menimpa nilai B:

nama variabel A B
nilai 'e' 'x' 'c' 'e' 's' 's' 'i' 'v' 25856
hex 65 78 63 65 73 73 69 76 65 00

Nilai B kini telah secara tidak sengaja diganti dengan nomor yang dibentuk dari bagian dari karakter string. Dalam contoh ini "e" diikuti dengan byte nol akan menjadi 25856.

Menulis data setelah alokasi akhir dalam memori kadang-kadang dideteksi oleh sistem operasi dan menghasilkan segmentasi kesalahan yang mengakhiri proses tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]