Vernon J. Baker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Vernon J. Baker (17 Desember 1919  –  13 Juli 2010) adalah seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat dengan pangkat Letnan Dua yang menerima penghargaan militer tertinggi Amerika Serikat, Medal of Honor, atas aksinya di Viareggio, Italia pada tanggal 5 - 6 April 1945.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Baker lahir di Cheyenne, Wyoming pada tanggal 17 Desember 1919, dan merupakan yang termuda dari tiga bersaudara. Setelah kedua orang tuanya tewas pada sebuah kecelakaan mobil saat ia berusia empat tahun, ia dan kedua kakak perempuannya dibesarkan oleh kakek-nenek mereka. Kakeknya adalah Joseph S. Baker, seorang pekerja kereta api di Cheyenne. Kakeknya mengajari Baker cara berburu agar dapat memberi makan kepada keluarganya, dan menjadi "orang paling penting dalam kehidupan Vernon." Namun, hubungannya dengan neneknya tidak begitu baik. Ia menghabiskan waktu beberapa tahun di panti asuhan Boys Town hanya di Nebraska agar dapat menghindari neneknya.

Ia memulai karier di Angkatan Darat pada tahun 1941. Pada masa Perang Dunia II, ia dikirim untuk bertempur melawan pasukan Jerman . Ia terluka, namun berhasil bertahan hidup dalam pertempuran tersebut dan karena jasa-jasanya, ia mendapatkan penghargaan Medal of Honor dari pemerintah Amerika Serikat, sebagai bentuk penghargaan tertinggi atas aksinya yang luar biasa berani dan melampaui tugas yang diberikan kepadanya.[1] Selain Medal of Honor, ia juga mendapatkan penghargaan lain, yaitu Silver Star, Bronze Star, dan Purple Heart.

Tindakan heroik[sunting | sunting sumber]

Kala itu Vernon J. Baker dan pasukannya bertempur melawan tentara Jerman sebagai bagian dari Perang Dunia II. Pasukannya ditugaskan untuk menyerang sebuah kantung pertahanan musuh yang dijaga sangat ketat di daerah pegunungan. Setibanya di sana, pasukannya disambut serangan senapan mesin. Sendirian, Baker maju menyerang dan menghancurkan senjata mesin tersebut. Ia kemudian merangkak dan menghancurkan beberapa posisi lagi dan membunuh tiga prajurit Jerman.

Tak berhenti di sana, ia terus maju hingga ke pos pemantauan Jerman dan membunuh dua orang di dalam. Dibantu salah seorang rekannya, Baker menyerang dua lagi posisi senjata mesin, membunuh atau melukai prajurit Jerman pada prosesnya. Ia kemudian melindungi evakuasi rekan-rekannya yang terluka dengan menyerang dan mengalihkan perhatian musuh. Di malam harinya, Baker secara sukarela memimpin batalion untuk melewati ladang ranjau dan memenuhi tugas dari divisinya.[2]

Ia menerima penghargaan ini dari Presiden Amerika Serikat Bill Clinton.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]