Vega, Norwegia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vega kommune
Munisipalitas
Pemandangan Pelabuhan Nes di Vega
Pemandangan Pelabuhan Nes di Vega
Lambang Vega kommune
Lambang
Logo resmi Vega kommune
Nordland di
Norway
Letak Vega di Nordland
Letak Vega di Nordland
Negara Norwegia
CountyNordland
DistrictHelgeland
Administrative centreGladstad
Pemerintahan
 • Mayor (2007)Andre Møller (Ap)
Luas
 • Total164,79 km2 (6,363 sq mi)
 • Darat162,54 km2 (6,276 sq mi)
 • Air2,25 km2 (87 sq mi)
Peringkat luas351 in Norway
Penduduk (2017)
 • Total1.234
 • Peringkat381 in Norway
 • Kepadatan7,6/km2 (200/sq mi)
 • Change (10 years)-5,0 %
DemonimVegværing[1]
Zona waktuCET (UTC+1)
 • Musim panas (DST)CEST (UTC+2)
ISO 3166NO-1815
Bahasa resmiBokmål
Situs webwww.vega.kommune.no
Data Statistik Norwegia
Vegaøyan
The Vega Archipelago
Situs Warisan Dunia UNESCO
KriteriaBudaya
Nomor identifikasi1143
Tahun pengukuhan2004 (sesi ke-28)

Vega adalah suatu munisipalitas di County Nordland, Norwegia. Munisipalitas ini termasuk sebagai bagian dari Distrik Helgeland. Pusat administratif munisipalitas Vega adalah Desa Gladstad. Desa-desa lain yang termasuk administrasi Vega adalah Holand dan Ylvingen.

Munisipalitas Vega mencakup sekitar 6.500 pulau di Kepulauan Vega. Pulau utama munisipalitas juga disebut Vega dan merupakan pulau terbesar dengan luas 163 kilometer persegi (63 sq mi). Di barat daya munisipalitas Vega terdapat Mercusuar Bremstein.[2]

Dengan luas total sekitar 165-kilometer-persegi (64 sq mi), munisipalitas Vega berada pada urutan ke-351 terbesar dari 426 munisipalitas di Norwegia. Dari jumlah penduduk, Vega menempati peringkat ke-381 dengan populasi 1.234 jiwa. Kepadatan penduduk Vega sekitar 76 jiwa per kilometer persegi (200 jiwa/mil2) dan populasinya terus berkurang hingga mencapai 5% selama satu dekade terakhir.[3]

Informasi umum[sunting | sunting sumber]

Munisipalitas Vega didirikan pada tanggal 1 Januari 1838. Tanggal 1 Januari 1965, wilayah Skogsholmen (populasi: 196 jiwa) dialihkan administrasinya dari Tjøtta ke Vega. Kemudian, pada tanggal 1 Januari 1971, kepulauan Skålvær (populasi hanya 32 jiwa) yang berada di timur laut Vega dialihkan ke Alstahaug.[4]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama munisipalitas ini diambil dari nama pulau utamanya, yaitu Vega (dari bahasa Nordik Tua: Veiga). Nama itu mungkin berasal dari kata veig yang berarti "cairan" atau "fluida" (yang mengacu pada danau-danau dan rawa-rawa yang ada di pulau). Hingga tahun 1891, nama itu ditulis "Vegø".[5]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang munisipalitas Vega diresmikan pada tanggal 20 November 1987. Lambang itu menunjukkan gambar sebuah gayung berwarna emas yang biasanya digunakan di perahu dengan latar belakang berwarna merah. Gayung adalah suatu alat yang penting bagi munisipalitasi Vega karena masyarakatnya bergantung pada laut. Sebelumnya, lambang yang diusulkan untuk Vega adalah siluet hitam sebuah perahu layar dengan latar belakang kuning yang kini digunakan sebagai lambang County Nordland.[6]

Gereja[sunting | sunting sumber]

Gereja Norwegia memiliki satu paroki (sokn) di dalam wilayah munisipalitas Vega. Gereja ini bagian dari dekenat Sør-Helgeland, sebagai bagian dari Keuskupan Sør-Hålogaland.

Gereja di Vega
Paroki
(Sokn)
Nama gereja Lokasi
gereja
Tahun dibangun
Vega Gereja Vega Gladstad 1864
Kapel Ylvingen Ylvingen 1967

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau utama mulai ditempati oleh manusian diperkirakan sejak 10.000 tahun yang lalu, yang menjadikan pulau tersebut tempat tertua yang telah dihuni manusia di Norwegia Utara. Pertanian dan penangkapan ikan adalah bidang utama usaha/pekerjaan masyarakat Vega. Penduduknya sekarang terkonsentrasi di Holand, Valla, Igerøy, Ylvingen, dan Gladstad. Gladstad menjadi tempat kedudukan dewan munisipalitas dan pusat bisnis sebagian besar usaha di pulau itu.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Seluruh pemerintah munisipalitas di Norwegia, termasuk Vega, bertanggung jawab atas pendidikan dasar (hingga kelas 10), layanan kesehatan, perawatan warga yang telah memasuki masa tua, pengurangan pengangguran dan layanan-layanan sosial lain, penataan kota, pembangunan ekonomi, dan pemeliharaan jalan kota. Munisipalitas diatur oleh suatu dewan munisipalitas yang beranggotakan wakil-wakil pilihan rakyat, yang kemudian mereka akan memilih seorang wali kota.

Dewan munisipalitas[sunting | sunting sumber]

Dewan munisipalitas (Kommunestyre) Vega terdiri atas 15 orang wakil rakyat yang dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Saat ini, komposisi partai yang anggotanya duduk dalam dewan sebagai berikut: 8 orang dari Partai Buruh (Arbeiderpartiet), 5 dari Partai Tengah (Senterpartiet), 1 dari Partai Kiri Sosialis (Sosialistisk Venstreparti), dan 1 dari independen (Lokale lister).[7]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Tahun 2004, lanskap budaya Kepulauan Vega masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai perwakilan dari "cara para nelayan/petani dari generasi ke generasi selama 1.500 tahun belakangan, mempertahankan kehidupan yang berkelanjutan di lingkungan laut yang tidak ramah dekat Lingkar Arktik, berdasarkan praktik, yang kini unik, mengumpulkan bulu-bulu yang jatuh dari bebek laut." Iklim samudra dan batuan dasar gamping telah memungkinkan 10 spesies berbeda dari anggrek untuk tumbuh di Vega dan tercatat ada 210 spesies burung di kepulauan itu.

Cagar alam Eidemsliene memiliki banyak spesies tanaman pecinta kehangatan dan hutan pinus paling berhubungan dengan samudra di Norwegia Utara.[8] Cagar alam Holandsosen adalah area lahan basah penting dengan suatu danau dangkal dan tanah yang kaya akan kapur. Di cagar alam ini, 149 spesies burung bisa diamati (banyak burung yang menggunakan cagar alam ini sebagai tempat tujuan saat migrasi musim dingin). Cagar alam Lånan melindungi banyak jenis alam pesisir dan merupakan daerah yang sangat penting bagi banyak spesies burung. Pengumpulan bulu-bulu yang jatuh dari bebek laut masih dipraktikkan di tempat ini.[9]

Galeri media[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Personnemningar til stadnamn i Noreg" (dalam bahasa Norwegian). Språkrådet. 
  2. ^ Store norske leksikon. "Vega (bilde)" (dalam bahasa Norwegia). Diakses tanggal 14-11-2011. 
  3. ^ Statistisk sentralbyrå (2017). "Table: 06913: Population 1 January and population changes during the calendar year (M)" (dalam bahasa Norwegia). Diakses tanggal 23-09-2017. 
  4. ^ Jukvam, Dag (1999). "Historisk oversikt over endringer i kommune- og fylkesinndelingen" (PDF) (dalam bahasa Norwegia). Statistisk sentralbyrå. 
  5. ^ Rygh, Oluf (1905). Norske gaardnavne: Nordlands amt (dalam bahasa Norwegia) (edisi ke-16). Kristiania, Norge: W. C. Fabritius & sønners bogtrikkeri. hlm. 32. 
  6. ^ "Kommunevåpenet" (dalam bahasa Norwegia). Vega Kommune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17-08-2009. Diakses tanggal 30-11-2008. 
  7. ^ "Table: 04813: Members of the local councils, by party/electoral list at the Municipal Council election (M)" (dalam bahasa Norwegia). Statistics Norway. 2015. 
  8. ^ "Eidemsliene naturreservat" (dalam bahasa Norwegia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17-04-2012. Diakses tanggal 30-11-2008. 
  9. ^ "Lånan - Skjærvær naturreservat/Fuglefredningsområde" (dalam bahasa Norwegia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29-09-2007. Diakses tanggal 30-11-2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]