Valparaíso Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Valparaíso Metro
Metro Valparaiso 2014.png
Info
Wilayah Gran Valparaíso, Chili
Jenis Angkutan cepat/rel berat
Jumlah jalur 1[1]
Jumlah stasiun 20[1]
Penumpang tahunan 19,3 juta (2015)[2]
Situs web Metro Valparaíso
Operasi
Dimulai 23 November 2005 (2005-11-23)
Operator Metro Valparaíso
Waktu antara 6–12 menit
Teknis
Panjang sistem 43 km (27 mi)[1]
Lebar sepur 1.676mm
(Indian gauge)
Listrik N/A

Valparaíso Metro (bahasa Spanyol: Metro Valparaíso, juga sering disebut "Merval") adalah sebuah sistem angkutan cepat rel berat yang melayani wilayah Gran Valparaíso, Chili. Sistem ini memiliki satu jalur, sepanjang 43 kilometer (27 mi), melayani 20 stasiun,[1] menghubungkan kota Valparaíso, Viña del Mar, Quilpué, Villa Alemana, dan Limache[1] (di luar wilayah kota Valparaíso).

Sistem ini diatur oleh Metro Regional de Valparaíso S.A., sebuah anak perusahaan dari badan usaha milik negara Chili Empresa de los Ferrocarriles del Estado. Valparaíso Metro dimulai dengan konversi sebuah jalur rel antar kota menjadi layanan yang mrip dengan angkutan cepat pada tahun 2005[3] – jalur yang direnovasi diresmikan pada 23 November 2005 dan memulai layanan operasi angkutan cepat pada hari berikutnya. Valparaíso Metro mengangkut 19,31 juta penumpang pada tahun 2015.[2]

Bersama dengan Santiago Metro yang jauh lebih besar, sistem ini menjadi satu dari dua sistem bawah tanah di Chili (Valparaíso Metro memiliki jalur bawah tanah sepanjang 5-kilometer (3,1 mi) yang membentang dari stasiun Miramar hingga Chorrillos di Viña del Mar), "namun tidak bisa ditetapkan sebagai sebuah sistem metro penuh karena keberadaan beberapa perlintasan sebidang dan jauhnya jarak beberapa stasiun di jalur sebelah timur" menurut Robert Schwandl dari UrbanRail.net.[4] Karena keberadaan perlintasan sebidang membuat Valparaíso lebih menyerupai sistem kereta api ringan.

Simbol Valparaíso Metro

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kereta memasuki Puerto

Valparaíso memiliki sebuah sistem kereta api penumpang antar kota yang ada sejak abad ke-19, namun tidak bisa disebut sebagai sistem angkutan cepat karena frekuensi yang rendah dan permasalahan operasional lainnya. pada tahun 1999 pembangunan dimulai pada sistem yang ada saat ini, membongkar stasiun antar kota yang lama, dan membangunnya dengan rancangan yang sama. Di Viña del Mar, sebuah terowongan sepanjang 5-kilometer (3,1 mi) dibangun. Kereta baru tiba di Chili pada 22 Februari 2005 dan sistem yang lama dibongkar pada 30 Juni tahun tersebut, dan mengarah ke sistem Valparaíso Metro yang baru pada jalur tersebut.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Peta rute

ANtara Puerto dan Recreo jalur melintas sebidang dengan jalan, berbatasan dengan pantai, sejajar dengan Jalan Errázuriz dan España. Jalur ini menurun ke terowongan di bawah Jalan Viana dan Álvarez, dengan empat stasiun bawah tanah. Jalur ini keluar dari terowongan di wilayah industri di El Salto, dan melanjutkan di jalur berliku di wilayah metropolitan dalam.

Armada dan operasional[sunting | sunting sumber]

Valparaiso Metro memiliki armada 35 kereta; 27 rangkaian gerbong lantai tunggal X'Trapolis 100 yang dibangun oleh Alstom di Prancis, dengan corak biru putih dan 8 rangkaian gerbong lantai tunggal X'Trapolis Modular yang dibangun oleh Alstom di Barcelona.

Layanan operasional dilakukan pada pukul 06:30-22:30 pada hari kerja; 07:30-22.30 pada hari sabtu, dan 08:00-22:15 pada hari Minggu dan hari libur nasional. Layanan antara Puerto dan Sargento Aldea adalah yang paling sering, dengan interval 6 menit, di wilayah lain 12 menit, dan 12 menit pada hari minggu dan libur nasional.[5]

Tarif dan tiket[sunting | sunting sumber]

Unit mengarah ke Limache di Portales

Untuk mengakses layanan dari Metro Valparaiso hanya dapat dilakukan melalui pembayaran dengan menggunakan kartu Metroval, sebuah kartu pintar berharga CLP$1.350 (RP 27.500) pada bulan Mei 2016 dan dijual di seluruh stasiun, dan discan saat masuk dan keluar stasiun, karena tarif bergantung pada jarak tempuh dan waktu perjalanan. Semua kartu dapat diisi ulang di seluruh kantor penjualan tiket dengan uang tunai atau Redcompra. Biaya pengisian minimal untuk uang tunai adalah $ 300 dan $ 1.000 dengan menggunakan Redcompra. Semua pengisian haru memiliki kelipatan $ 100. Terdapat lima zona dan tiga pembagian waktu tarif.

Terdapat keringanan tarif bagi pelajar, lansia, kaum difabel, dan wisatawan (Dengan kartu yang memungkinkan melakukan perjalanan tak terbatas dalam sehari dengan harga CLP$2.360 atau Rp 45.000), dan anak yang memiliki tinggi badan kurang dari satu meter dapat melkukan perjalanan dengan gratis.

Layanan pelanggan dan informasi terdapat di 3 stasiun; Viña del Mar, Puerto dan Limache.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "XIX Memoria Anual 2013" (pdf) (dalam bahasa Spanish). Metro Valparaíso S.A. hlm. 16. Diakses tanggal 2014-07-26.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  2. ^ a b "XIX Memoria Anual 2013" (pdf) (dalam bahasa Spanish). Metro Valparaíso S.A. hlm. 22. Diakses tanggal 2014-07-26.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  3. ^ "Conócenos - Historia - El Servicio Ferroviario del siglo XXI" (dalam bahasa Spanish). Metro Valparaíso. Diakses tanggal 2014-07-25.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  4. ^ Schwandl, Robert. "Valparaíso". UrbanRail.net. Diakses tanggal 2014-07-25. 
  5. ^ "Viaje en Metro - Frecuencia" (dalam bahasa Spanish). Metro Valparaíso. Diakses tanggal 2016-07-03.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]