North Shore (Sydney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
North Shore
New South Wales
Jumlah penduduk207,241 (2007)[1]
LGA

North Shore adalah sebuah sebutan informal yang diberikan untuk menyebut wilayah penghunian di metropolitan utara Sydney, di negara bagian New South Wales, Australia. Sebutan ini biasa merujuk pada pinggiran yang terletak di tepi utara Sydney Harbour antara Middle Harbour dan Lane Cove River, meskipun sering digunakan meliputi pinggiran di sepanjang jalur kereta North Shore. Sejak belum ditetapkan secara jelas, sebutan ini digunakan untuk merujuk pinggiran di barat Ryde Bridge, meskipun deskripsi lebih luas ini mencakup apa yang juga dikenal sebagai Northern Suburbs.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum pemukiman Eropa, Lower North Shore adalah rumah bagi Gorualgal (Mosman dan Southern Willoughby) dan Cammeraygal (North Sydney dan Eastern Lane Cove).

Setelah pendirian Sydney tahun 1788, pemukiman North Shore di dermaga ini terbatas. Pemukim pertama adalah James Milson. Tepi utara lebih berbukit dibanding tepi selatan dan wilayah barat dermaga dan memiliki potensi pertanian yang terbatas. Aktivitas awal di daerah ini yaitu penebangan pohon, pembuatan kapal dan beberapa perkebunan buah di tempat-tempat subur terbatas. North Shore Line dibangun tahun 1890-an. Akses ke Sydney CBD, terletakdi tepi selatan dermaga masih sulit hinga selesainya Sydney Harbour Bridge tahun 1932. Ini membawa daerah ini pada pembangunan pinggiran di North Shore.

Pemetaan Cumberland County sejak 1792 hingga 1894 menandakan bahwa enam pemerintah lokal yang berdiri sekarang berawal dari dua pemerintah lokal[butuh rujukan]: Parish of Willoughby dan Parish of Hunters Hill. Dari Hunters Hill muncullah Municipality of Hunters Hill dan City of Ryde. Dari Parish of Willoughby muncul juga City of Willoughby dan Municipality of Mosman, Lane Cove dan North Sydney. North Sydney sebelumnya dikenal sebagai St. Leonards dan pada satu waktu seluruh North Shore pernah dinamai "Huntershill".

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota pinggiran Chatswood terletak di tengah North Shore
Lavender Bay Wharf
Tunks Park, Cammeray

Kebanyakan pinggiran North Shore adalah bagian dari Hawkesbury Plateau, sebuah plato batu pasir besar yang terbentuk dari serangkaian pegunungan dan aliran air. Plato ini berawal di utara Port Jackson dan membentang hingga Hawkesbury River. Sebagian besar North Shore berbukit dengan banyak lembah dalam yang membentang ke dermaga dan sungai di sisi lain. Pegunungan dan lembah ini dipenuhi oleh hutan sklerofil kering, kebanyakan masih ada. Ada sejumlah taman dan hutan sklerofil kecil yang dekat dengan wilayah penghunian, sehingga daerah ini dijuluki "North Shore berdaun". Lane Cove National Park dan Garigal National Park mencakup banyak daerah sisa semak belukar dekat Lane Cove River dan Middle Harbour. Ada aktivitas mendaki, turun tebing dan memanjat tebing di sekitar Lindfield. Gordon memiliki salah satu koloni kelelawar terbesar di Sydney di sebuah cagar kelelawar di Middle Harbour.

Upper North Shore[sunting | sunting sumber]

Upper North Shore merujuk pada semua pinggiran di utara Chatswood dan Middle Cove di North Shore, daerah ini terdiri dari penghunian. "Upper North Shore" biasa mencakup pinggiran di baratlaut Chatswood hingga hulu Ku-ring-gai dan meliputi pinggiran seperti Pymble, Turramurra dan St Ives. Upper North Shore mencakup wilayah pemerintah lokal Ku-ring-gai council dan Hornsby Shire.

Lower North Shore[sunting | sunting sumber]

Lower North Shore memiliki luas 80 kilometer persegi (20.000 ekar)[butuh rujukan] dan mencakup seluruh tepi utara North Shore di Sydney Harbour yang membentang dari Lane Cove River di barat hingga Middle Head (Mosman) di timur dan meliputi Hunters Hill, Mosman, Kirribilli dan Longueville.

Lower North Shore biasa merujuk pada pinggiran yang dekat dengan dermaga seperti Neutral Bay, Waverton, Mosman, Cremorne, Lavender Bay, Milsons Point, Cammeray dan North Sydney. Lower North Shore memiliki perbatasan timur dekat dengan Middle Harbour, atau di Roseville Bridge di Castle Cove dan Roseville Chase. Sebutan Lower North Shore dapat mencakup wilayah pemerintah lokal Municipality of Mosman, City of Willoughby, Municipality of Lane Cove dan North Sydney Council.

Wilayah ini adalah rumah bagi ratusan taman dan cagar alam, termasuk Sydney Harbour National Park dan Lane Cove National Park. Tempat olahraga lokal terdapat di North Sydney Oval, tempat berkapasitas terbesar di daerah ini, diikuti oleh Chatswood Oval dan Christie Park. Jalur air besar di daerah ini yaitu Port Jackson, Lane Cove River, Parramatta River, Middle Harbour dan banyak sistem sungai kecil yang muncul dari jalur air utama ini.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Rute angkutan utama di North Shore adalah Pacific Highway dan North Shore Line yang memberikan akses ke pusat kota Sydney melalui Sydney Harbour Bridge.

Wilayah komersial[sunting | sunting sumber]

The Forum, St Leonards
North Sydney dari udara

Pusat komersial dan ritel di North Shore terdiri dari North Sydney, Crows Nest, Chatswood, St Leonards, Neutral Bay dan Gordon.

North Shore memiliki dua pusat komersial besar yang terletak di North Sydney dan Chatswood dengan banyak perusahaan internasional yang mendirikan cabang Australia atau Asia Pasifik-nya di daerah Sydney ini. Distrik bisnis pusat terbesar di daerah ini adalah North Sydney, yang menjadi rumah bagi kaki langit pencakar langit perkotaan modern. Meskipun North Sydney tak mempunyai pusat perbelanjaan besar Sydney, tetapi daerah ini adalah rumah bagi berbagai pertokoan dan café. Chatswood adalah salah satu wilayah ritel terbesar di Lower North Shore. Daerah ini rumah bagi pusat perbelanjaan besar seperti Westfield Chatswood, Chatswood Chase dan menara apartemen seperti The Sebel. St Leonards adalah daerah komersial besar yang terdiri dari perkantoran dan apartemen.

Markah tanah[sunting | sunting sumber]

Taronga Zoo

Lower North Shore memiliki banyak markah tanah unik seperti: Sydney Harbour Bridge, Taronga Zoo di Mosman, Kirribilli House (kediaman Perdana Menteri Australia), Luna Park dan Balmoral Beach. Di tingkat Sydney atau lokal, markah tanahnya lebih banyak dan mencakup: The Lane Cove Azalea Beds, Blues Point Tower, Eden Gardens, Balmoral Rotunda, Stanton Library di North Sydney, Lane Cove Mall, Zenith Towers di Chatswood, Northpoint Tower di North Sydney, jembatan suspensi Cammeray di Cammeray, Echo Point Park di Roseville Chase, Royal North Shore Hospital, Hornsby Water Clock, the 'Forum' di St Leonards dan North Sydney Oval.

Gereja markah tanah di daerah ini meliputi St Mary's di North Sydney, Christ Church di Lavender Bay, Gladesville-Macquarie Chapel dan St Paul's di Chatswood.

Acara dan perayaan[sunting | sunting sumber]

Willoughby Spring Festival diadakan di seluruh LGA Willoughby, bulan September setiap tahun. Festival ini diadakan selama sebulan dan menyelenggarakan 40 acara termasuk musik/hiburan langsung, pameran, pentas budaya, acara bisnis dan banyak aktivitas masyarakat lainnya. Puncaknya adalah Willoughby StreetFair di mana Chatswood CBD dipenuhi tenda pasar, partisipan. penari dan musisi. StreetFair mengadakan Willoughby Street Parade yang menarik 1.000 peserta tahun 2007.

Festival/acara utama lainnya di Lower North Shore meliputi: Tartan Day di Lane Cove, Guringgai Festival untuk menghormati warga Aborigin di utara Sydney, Moocooboola Festival di Hunters Hill, Mosman Festival, Lane Cove's Cammeraygal Festival, Tahun Baru Cina di Chatswood. Mosman, North Sydney, Willoughby juga mengadakan lomba seni tahunan. Semua wilayah pemerintah lokal di daerah ini dan di seluruh Australia merayakan Hari Australia, yang jatuh pada 26 Januari.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Suratkabar lokal yaitu Hornsby and Upper North Shore Advocate dan North Shore Times.

Daftar pinggiran kota[sunting | sunting sumber]

Upper North Shore[sunting | sunting sumber]

Lower North Shore[sunting | sunting sumber]

Pemukiman[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]