Unknown (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Unknown
Unknown Poster.jpg
US theatrical release poster
Sutradara Jaume Collet-Serra
Produser
Penulis
  • Oliver Butcher
  • Stephen Cornwell
Berdasarkan Out of My Head 
karya Didier Van Cauwelaert
Pemeran
Musik
Sinematografi Flavio Labiano
Penyunting Timothy Alverson
Studio Dark Castle Entertainment Babelsberg Studios
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi 113 minutes
Negara
  • Canada
  • France
  • Germany
  • Japan
  • United States
  • United Kingdom
Bahasa
  • English
  • German
Anggaran $30[1]–40[2] million
Pendapatan kotor $136,123,083[3]

Unknown adalah film Inggris-Jerman-Perancis bergenre psychological thriller yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Jaume Collet-Serra dengan bintang-bintang antara lain Liam Neeson, Diane Kruger, January Jones, Aidan Quinn, Bruno Ganz, dan Frank Langella. Unknown merupakan diadaptasi dari novel Perancis terbitan tahun 2003 berjudul Out of My Head karya Didier Van Cauwelaert, ini dibintangi antara lain oleh [4][5][6]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Unknown mengisahkan tentang seorang dokter bioteknik bernama Dr. Matin Harris (Liam Neeson) yang pergi berlibur ke Berlin, Jerman untuk menghadiri sebuah pertemuan internasioanal tentang bioteknik. Setibanya mereka tiba dihotel Dr. Martin baru menyadari kalau kopernya tertinggal di bandara. Ia pun langsung kembali ke bandara untuk mengambil koper yang tertinggal tersebut dengan menggunakan taxi yang dikemudikan oleh seorang wanita bernama Gina. Tetapi sayangnya saat dalam perjalanan ke bandara, taxi yang ditumpangi Dr. Martin mengalami kecelakaan dan mengakibatkan Dr. Martin mengalami koma selama empat hari.

Tersadar dari komanya, Dr Martin mencari tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi dengannya. Ia yang masih dalam keadaan sakit pun pulang ke hotel untuk menengok sang istri, betapa kagetnya dia ketika sang istri tak mengenali suaminya sendiri dan anehnya ada seorang lelaki yang mengaku-ngaku sebagai dia. Martin kemudian mencari bantuan untuk membuktikan jati dirinya dari temannya, Suster Herfort, detektif swasta dan mantan agen Stasi (polisi rahasia Jerman Timur) di Kementrian Hankam, Herr Jürgen (Bruno Ganz). Martin hanya bisa menunjukkan bukunya yang selalu ia bawa, dan juga Gina yang telah bekerja di sebuah rumah makan setelah dia dipecat dari perusahaan taksi sejak insiden itu. Sementara Martin berusaha membujuk Gina untuk membantunya menjernihkan masalah identitasnya, Jürgen menggali sampai informasi yang terkait dengan Martin dan juga konferensi bioteknologi. Dia menemukan bahwa konferensi ini akan dihadiri oleh Pangeran Shada (Mido Hamada) dari Arab Saudi, seorang yang mendanai proyek rahasia yang dipimpin oleh Bressler. Shada sebelumnya telah selamat dari percobaan pembunuhan oleh kaum ekstremis di negaranya sendiri, dan Jürgen menyangka bahwa pencurian identitas Martin mungkin upaya lain untuk mengambil kehidtpan pangeran. Jürgen kemudian menerima kedatangan Cole di rumahnya, tapi karena ia menyadari bahwa Cole bukanlah siapa-siapa, Jürgen mengatakan dan menduga bahwa Cole adalah anggota unit pembunuh bayaran yang berbasis di Eropa bernama Section 15. Setelah itu Jürgen membunuh dirinya sendiri dihadapan Cole dengan meminum sianida dicampur kopi. Dia juga mengetahui identitas Martin yang sebenarnya adalah juga anggota dari unit yang sama, karena kata-kata terakhirnya adalah untuk bertanya kepada Cole, "Bagaimana jika dia [Martin] ingat segalanya? Apa yang akan terjadi?"

Sementara itu, sekali lagi pembunuh suster yang dibantu oleh Jones (Stipe Erceg) berusaha membunuh Martin dan Gina, tapi mereka dapat melarikan diri setelah berkelahi di apartemen Gina. Martin melihat buku catatannya dan menemukan satu set angka yang ditulis oleh Liz: angka pertama mengacu pada halaman buku, angka kedua mengacu pada baris halaman buku, dan angka ketiga mengacu pada kata di kalimat itu, yang muncul sebagai kode rahasia. Menggunakan jadwal yang ditulis pada buku, Martin menemui Liz secara sembunyi-sembunyi. Liz mengatakan kepadanya bahwa kopornya tertinggal di bandara, karena itulah Martin harus kembali mengambilnya dan menunggunnya di sana. Setelah mengambil kopornya, Martin berpisah dengan Gina. Saat di luar itulah, Gina melihat Martin dibuat pingsan dan diculik oleh Cole beserta Jones. Gina pun mencuri taksi dan mengejar mobil Cole. Ketika Martin sadar, ia menemukan identitasnya sebenarnya dari Cole. Hal ini menunjukkan bahwa orang bernama Martin Harris itu tak ada, dan tak pernah ada. Martin telah menggunakan nama itu karena ia mengarang identitas Martin Harris sebagai samaran untuk memasuki konferensi. Dan Liz sebenarnya bukanlah istrinya, karena dia, Liz dan Martin B adalah tim pembunuh bayaran yang dikirimnya untuk membunuh target. Dan karena dia cedera kepalanya selama kecelakaan mobil, ingatannya telah berubah dan dia percaya bahwa nama Martin Harris adalah identitas kehidupan nyata nya. Namun, ia masih tidak ingat identitas dirinya sebenarnya. Gina bergegas masuk menghentikan Jones yang berusaha membunuh Martin di mana Cole bersembunyi di dalam mobil. Ada perkelahian singkat antara Jones dan Gina yang berakhir ketika Gina melaju mobilnya menabrak Jones hingga mati dan juga tak sengaja menabrak mobil Cole. Dampak dari kecelakaan itu telah mengirim mobil Cole jatuh keluar parkir dan Cole masih di dalamnya. Martin kemudian mengalami kompartemen setelah membuka kopor kerjanya, dan menemukan dua paspor yaitu paspor dirinya atas nama William Sean Carmichael, dan paspor Liz atas nama Anne Rachael Carmichael yang sama-sama dari Kanada. Dia pun menyadari bahwa dia dan Liz sudah ada di Berlin tiga bulan sebelumnya dan telah memasang bom di kamar hotel Shada.

Keduanya kemudian menuju hotel untuk menghentikan pembunuhan itu. Mereka langsung ditangkap oleh keamanan, tetapi Martin meyakinkan mereka tentang bom di hotel yang dipasangnya 3 bulan sebelumnya. Dia kemudian menyadari bahwa Shada bukanlah target pembunuhan, tetapi Bressler. Liz menggunakan kode rahasia yang ada di bukunya sendiri untuk mengakses laptop Bressler dari jarak jauh, dan mencuri datanya. Setelah yakin ada bom, pihak keamanan mengungsikan para penghuni hotel. Melihat upaya pembunuhan mereka telah digagalkan, Liz mencoba mematikan bom, tapi terlambat dan terbunuh sebagai bagian dari Hotel Adlon yang telah meledak. Martin B adalah pembunuh yang tersisa dan mencoba untuk membunuh Bressler, namun Martin segera berkelahi dengannya dan membunuhnya. Bressler kemudian mengumumkan proyeknya kepada dunia, sementara Martin dan Gina menuju kereta bersama- sama dengan membawa paspor baru mereka dengan identitas baru.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Unknown di Box Office Mojo. Retrieved 2013-04-12.
  2. ^ 40 million according to Andrew Rona at Berlinale press conference, Friday 18 February 2011. See "Video Press Conference" at Berlinale web site after 30 minutes. Retrieved 2013-04-12.
  3. ^ Unknown at The Numbers. Retrieved 2013-04-12.
  4. ^ Studio Babelsberg press release 18 January 2011: European premiere for Studio Babelsberg co-production Unknown at the 2011 Berlinale Retrieved 2013-04-08
  5. ^ "Unknown White Male Starts Principal Photography". MovieWeb.com. Retrieved 2011-02-21.
  6. ^ Dargis, Manohla (2011-02-17). "Me, My Doppelgänger and a Dunk in the River". The New York Times. Retrieved 2011-02-18.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]