University College, Durham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
University College
Universitas Durham
Menara Kastel Durham, University College
Lambang kebesaran University College
Senjata: Biru langit, Salib Patonce atau, di antara empat Singa Perak yang merajalela, di Kepala yang terakhir, Salib Santo Kutbertus berwana hitam, di antara dua Mitra Durham merah.[1]
                                                      
LokasiThe Castle, Palace Green, Durham DH1 3RW
JulukanCastle; Castle College
Motobahasa Latin: Non nobis solum
Moto dalam bahasa Inggris
Not for ourselves alone (Tidak untuk diri kita sendiri)
Didirikan1832; 191 tahun lalu (1832)
GenderKo-edukasi
Laki-laki (sebelumnya)
Prasyarat keanggotaanTidak ada.
Sebelumnya diharuskan berjenis kelamin laki-laki dan merupakan anggota Gereja Inggris.
Kepala koleseWendy Powers[2]
Wakil KepalaEllen Crabtree[3]
Sarjana698
Pascasarjana153
KapelKapel Tunstall
Situs webwww.dur.ac.uk/university.college
Klub dayungUniversity College Boat Club

University College, secara informal dikenal sebagai Castle atau Castle College, adalah sebuah kolese konstituen Universitas Durham, Inggris. Berpusat di Kastel Durham di Palace Green, kolese ini didirikan pada tahun 1832 dan merupakan kolese pertama dan tertua di Universitas Durham. Sebagai kolese konstituen Universitas Durham, kolese ini terdaftar sebagai institusi pendidikan tinggi berdasarkan pasal 216 Undang-Undang Reformasi Pendidikan tahun 1988. Hampir semua kegiatan akademik, seperti penelitian dan bimbingan belajar, bergerak di tingkat universitas. Mahasiswa anggota University College seringkali distereotipkan sebagai mahasiswa yang ambisius dan berani, sangat kaya atau memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi.[4]

University College pindah ke lokasinya saat ini pada tahun 1837. Sekitar 150 mahasiswa berasrama di dalam Kastel Durham. Gedung kolese lainnya, termasuk rumah-rumah abad ke-18 yang telah diubah menjadi akomodasi yang dibangun khusus dari tahun 1950-an, 1970-an, dan 1980-an, berjarak lima menit berjalan kaki dari kastel. University College memiliki 700 anggota mahasiswa sarjana dan saat ini merupakan kolese yang paling kelebihan peminat dan paling susah untuk dimasuki di universitas tersebut. Pada tahun 1987, University College untuk pertama kalinya menerima mahasiswa perempuan sebagai anggota, setelah sebelumnya merupakan kolese khusus laki-laki.

Tradisi

University College memiliki tradisi yang rumit dan kental. Misalnya, sebelum disajikan makanan di perjamuan formal, pada hari Selasa dan Kamis malam setiap minggunya selama semester,[5] para mahasiswa wajib mendaraskan doa dalam bahasa Latin, yang dipimpin oleh seorang anggota senior JCR. Meskipun asal muasal doa tersebut secara resmi tidak diketahui,[6] versi yang hampir sama juga digunakan sebagai doa pasca-prandial oleh Sekolah Westminster.[7]

Domine omnipotens, aeterne Deus; qui tam benigne nos pascere hoc tempore dignatus es; largire nobis, ut tibi semper pro tua in nos bonitate ex animo gratias agamus; vitam honeste et pie transigamus; et studia ea sectemur quae gloriam tuam illustrare et ecclesiae tuae adiumenta esse possint; per Christum dominum nostrum. Amen.[6]

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bunyinya sebagai berikut:

Tuhan Yang Mahakuasa, Tuhan yang kekal; yang dengan murah hati berkenan memberi kami makan pada saat ini; karuniai kami, agar kami selalu bersyukur kepada-Mu atas kebaikan-Mu kepada kami; agar kita dapat menjalani hidup kita dengan terhormat dan bertakwa; dan agar kami dapat mengikuti upaya-upaya yang dapat menerangi kemuliaan-Mu dan memberikan bantuan kepada gereja-Mu; melalui Kristus, Tuhan kita. Amin.

Mahasiswa juga diwajibkan mengenakan pakaian dan jubah akademik di dalam semua kegiatan kolese. Mahasiswa yang menghadiri acara formal harus berdiri ketika anggota meja kehormatan masuk, ketika doa diucapkan atau dinyanyikan, dan ketika Mahasiswa Senior membungkuk, keheningan total harus dijalankan selama periode ini. Setelah doa, mahasiswa tidak diizinkan berdiri selama acara formal berlangsung, dan sampai Siswa Senior membungkukan diri kepada Master kolese tersebut, yang merupakan simbol pembukaan atau penutupan jamuan resmi.[8]

Kegiatan mahasiswa
Kapel Tunstall di University College

University College adalah kolese dengan jumlah peminat terbanyak di universitas; pada tahun 2006, terdapat 2.858 pelamar hanya untuk 170 tempat (kira-kira 17 pelamar untuk setiap tempat yang ada).[9] Meskipun kolese hanya memperhatikan kesejahteraan, rekreasi dan akomodasi, University College telah menyelenggarakan 'Seri Kuliah Kastel Durham' sejak tahun 2012.[10] Pembicara sebelumnya termasuk Saskia Sassen, Gayatri Chakravorty Spivak, Rowan Williams, Anthony Giddens, Justin Welby, Martin Wolf, Noam Chomsky dan Peter Singer.

Di antara kolese-kolese di Durham, saingan utama Castle adalah Hatfield College, yang merupakan kolese tertua kedua di Durham, setelah terpisah dari Castle pada tahun 1850-an. Persaingan ini dipertahankan melalui lelucon dan olok-olokan mahasiswa serta dalam berbagai acara olahraga antar kolese.

Badan mahasiswa sarjana (Junior Common Room atau JCR) diatur oleh Komite Eksekutif terpilih yang dipimpin oleh Mahasiswa Senior dan didukung oleh beberapa pejabat lainnya. Pertemuan JCR rutin diadakan untuk membahas dan memberikan suara mengenai isu-isu penting. Ada beberapa pejabat non-eksekutif terpilih lainnya seperti Returning Officer, Fresher Rep dan Sports Captain yang mengatur fungsi penting kolese lainnya. Siswa Senior bertemu secara teratur dengan otoritas kolese dan universitas untuk mewakili JCR.

Komunitas pascasarjana di Castle membentuk Middle Common Room (MCR), yang berbasis di Ruang Maurice Tucker[11] (sebelumnya William de St-Calais[12]). Namun, karena keterbatasan jumlah anggota, saat ini tidak ada anggota MCR yang dapat tinggal di lingkungan Kastel Durham.[13] MCR, seperti JCR, menyelenggarakan sejumlah acara dan kegiatan sosial, seperti masuknya kolese ke dalam kompetisi Tantangan Universitas intra-kolegiat, yang berfungsi sebagai uji coba bagi tim universitas. Senior Common Room (SCR), adalah organisasi yang beranggotakan akademisi dan tutor yang terhubung dengan kolese. SCR juga menyelenggarakan jamuan makan formal dengan pembicara tamu.

Anggota Klub Dayung University College (UCBC) diakui sebagai Klub Dayung paling bergengsi yang sebelumnya lolos untuk berlomba di Henley Royal Regatta

JCR University College juga mendukung banyak perkumpulan yang dijalankan khusus untuk mahasiswa Castle. Perkumpulan yang paling populer termasuk University College Boat Club (UCBC), Castle Theatre Company, Mixed Lacrosse, Castle Rugby Club, Castle Football Club, dan Castle Hockey Club.

Castle Society dibentuk pada tahun 1947 oleh Alumni University College, awalnya bernama Durham Castleman's Society. Keanggotaan terbuka bagi alumni Castle dan siapa saja yang memiliki ikatan akademis dengan kolese tersebut, dan tujuannya adalah untuk menciptakan komunitas Castle yang lebih luas di luar mahasiswa langsungnya. Castle Society memberikan sumbangan rutin ke perpustakaan kolese, kapel, beasiswa anggota, dan berbagai perkumpulan kolese. Donasi ini telah membantu mendanai sejumlah proyek di dalam kolese, termasuk akomodasi di Moatside Court dan Fellows Garden, serta West Courtyard Common Room.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fox-Davies, Arthur Charles, 1871–1928. (1915). The book of public arms : a complete encyclopaedia of all royal, territorial, municipal, corporate, official, and impersonal arms. T.C. & E.C. Jack. p. 814. OCLC 33316096.
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Wendy
  3. ^ "University College : Who's who - Durham University". Dur.ac.uk. Diakses tanggal 2017-06-01. 
  4. ^ Binji, Zara. "The Durham college stereotypes, according to this year's pre-fresh". https://thetab.com. Diakses tanggal 2024-02-18.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  5. ^ "University College : Catering - Durham University". www.dur.ac.uk. Diakses tanggal 2020-09-03. 
  6. ^ a b Teasdal, Andrew. "A History of the Chapels of Durham Castle". www.ambrose.thurman.org.uk. Diakses tanggal 2020-09-03. 
  7. ^ Dixon, Henry Lancelot (1903). "Saying grace" historically considered, and numerous forms of grace taken from ancient and modern sources; with appendices. J. Parker. hlm. 205. OCLC 25884450. 
  8. ^ University College, Durham (2018). UNIVERSITY COLLEGE DURHAM -- INFORMATION AND GUIDELINES 2018-2019 (PDF). hlm. 13. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Sarah H
  10. ^ "Durham Castle Lecture Series". Durham University. Diakses tanggal 25 October 2013. 
  11. ^ "University College MCR". www.dur.ac.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 June 2011. Diakses tanggal 17 January 2022. 
  12. ^ "University College MCR". www.dur.ac.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 March 2011. Diakses tanggal 17 January 2022. 
  13. ^ Nawroyckyi, Nick (2006). "Information for Prospective Postgraduates". University College MCR. Diakses tanggal 8 October 2006.