Universitas Loyola Marymount

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Loyola Marymount University
Seal LMU
MotoAd Maiorem Dei Gloriam - Tua Luce Dirige
JenisSwasta
Didirikan1911
Dana abadiUSD 500 juta
PresidenRev. Robert B. Lawton, SJ, PhD.
Staf administrasi
839
Sarjana5,465
Magister3,082
Lokasi, ,
KampusUrban, 150 ha)
WarnaMerah kardinal dan biru laut
MaskotLions
Situs webwww.lmu.edu

Loyola Marymount University (LMU) adalah universitas swasta Yesuit Katolik di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu dari 28 perguruan tinggi yang tergabung di dalam the Association of Jesuit Colleges and Universities (Asosiasi Kolese dan Universitas Jesuit Amerika Serikat) dan merupakan satu di antara lima perguruan tinggi Marymount. LMU berdiri pada tahun 1973 setelah bergabungnya Marymount College dan Loyola University di Los Angeles.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Bluff
Xavier Hall

LMU berada di atas bukit seluas 150 hektare di kawasan Westchester, di sebelah barat Los Angeles, terletak di perbukitan Del Rey Hills. Luas tanah aslinya seluas 99 hektare merupakan sumbangan dari Harry Culver, seorang pengusaha real estate. Xavier Hall, yang dinamai dari nama Santo Fransiskus Xaverius, S.J., salah seorang sahabat Santo Ignatius Loyola, S.J., dan St. Robert's Hall, yang dinamai dari nama Santo Robert Bellarmine, S.J., seorang kardinal dan Doktor Gereja, adalah dua bangunan pertama yang dibangun di area kampus Westchester saat ini. Setelah selesai dibangun pada tahun 1929, Xavier Hall ditempati baik oleh para dosen Jesuit dan para mahasiswa pada waktu St. Robert's Hall digunakan sebagai gedung akademis dan administratif.

Sacred Heart Chapel (Kapel Hati Kudus) dan Regents Bell Tower adalah bangunan kampus non-residensial yang dibangun (1953-1955). Malone Student Center, dinamai dari nama Lorenzo M. Malone, S.J., seorang alumnus universitas dan mantan Dekan dan Bendahada Universitas, diselesaikan pada tahun 1958 dan direnovasi pada tahun 1996. LMU saat ini memiliki 36 fasilitas akademis, atletik, administratif dan event selain 12 gedung perumahan mahasiswa dan 6 kompleks apartemen di area kampus.

Kampus Westchester ini juga memiliki dua lapangan rumput luas yang bukan fasilitas olah-raga. Alumni Mall dan Sunken Gardens menyediakan pemandangan kampus yang indah yang telah disertai dengan pemandangan seluruh wilayah pantai Los Angeles, Marina del Rey, Playa Vista, Playa del Rey dan Lautan Pasifik.

University Hall
Sculpture Gardens

Akuisisi pihak universitas atas bangunan University Hall pada tahun 2000 menciptakan gerbang masuk kampus baru, selain ruang kantor dan kelas yang sangat dibutuhkan. University Hall adalah sebuah fasilitas yang unik bagi suatu institusi akademis: bangunan ini aslinya dibangun untuk perusahaan Hughes Aircraft sebagai kantor pusatnya dan merubahnya dari fasilitas perusahaan yang eksklusif menjadi suatu bangunan yang menunjang kehidupan akademis. LMU memperoleh bangunan seluas 1.000.000 meter persegi ini pada bulan Januari 2000 dari Raytheon yang membeli Hughes Aircraft. LMU menyelesaikan penataan ulang interior ruangan seluas 250.000 meter persegi di bulan April 2001. Bangunan ini, yang ditempati oleh Bellarmine College of Liberal Arts, dibangun dengan konmstruksi baja dan beton, dan menjulah tujuh lantai di atas tanah. University Hall memiliki lebih dari 500.000 meter persegi ruangan dan mampu menampung lebih dari 1000 tempat parkir dalam tiga tingkat parkir bawah tanahnya. Ruang atrium seluas 70.000 meter persegi saat ini terus dipakai sebagai tempat untuk berbagai event LMU.

Princeton Review belum lama ini menempatkan LMU sebagai universitas yang memiliki kampus paling indah ke-7 di seluruh Amerika Serikat.[1] CampusSqueeze college e-zine ranked LMU as having the 3rd most beautiful campus in America.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Princeton Review
  2. ^ 11Alive.com | Atlanta, GA | Top 20 Most Beautiful Colleges

Pranala luar[sunting | sunting sumber]