Uni Aragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Uni Aragon (Kastila: Unión de Aragón) atau "Uni Bangsawan"[1] adalah gerakan anti-kerajaan[2] di antara kaum bangsawan dan penduduk kota dari wilayah-wilayah Takhta Aragon selama kuartal terakhir abad ke-XIII. Upayanya memuncak dalam serangkaian artikel yang menegaskan hak istimewa aristokrasi dan kota-kota dan melarang kekuatan monarki yang dikenal sebagai Magna Carta Aragon.

Uni itu berasal dari sifat Takhta Aragon, menggabungkan berbagai kerajaan di berbagai waktu. Berbagai negeri bersaing untuk mendapatkan perhatian raja dan berjuang untuk melindungi hak-hak istimewa mereka dan pengaruh mereka terhadap kebangkitan yang lain. Pada saat yang sama, Raja Pero III menaklukkan Sisilia dan kekuasaan Spanyol diabaikan.

Akhirnya, Paus Martinus IV mengadakan perang salib, Perang Salib Aragon, melawan Pero dan kerajaannya, membubarkan rakyatnya dari sumpah setia mereka. Pero harus memungut pajak yang berat untuk membiayai perlawanan terhadap "perang salib" melawannya. Para bangsawan kerajaan, percaya bahwa mereka seharusnya berkonsultasi sebelum kampanye apa pun ke Sisilia, membentuk Uni.

Pada 1283, para bangsawan Aragon mengadakan pengadilan (cortes) di Zaragoza di mana mereka bersumpah untuk menegakkan hak satu sama lain. Dalam waktu tiga bulan, Parlemen Katala bersumpah serupa di Tarragona. Pada keduanya, Pero III harus mengakui adat kuno dan Fuero orang-orang dan bersumpah untuk memanggil cortes setiap tahun. Ini dikenal sebagai Hak Istimewa Umum (Privilegio general).

Pada bulan Desember 1286, Uni bertemu di Zaragoza dan kemudian pada bulan Januari 1287 di Teruel. Setelah pembicaraan singkat dengan Alifonso III pada bulan Mei 1287, Uni menyerbu Valencia dan melakukan beberapa pertempuran dengan pendukung raja hingga seorang rahib Dominikan dari Zaragoza, Valero, mengatur pertemuan di Zaragoza pada tanggal 20 Desember. Uni memaksa banyak konsesi kerajaan dari Alifonso yang lemah, yang memberi mereka Hak Istimewa Serikat (Privilegio de la unión). Hak istimewa menyebut Uni sebagai "penjaga sejati hukum Aragon"[3] di wilayah Takhta. Hak Istimewa melimpahkan banyak fungsi kerajaan kepada bangsawan yang lebih rendah dan Takhta Aragon hampir jatuh ke dalam anarki, terutama pada masa pemerintahan Pero IV. Dante Alighieri menempatkan Alifonso di Purgatorionya, di luar gerbang, dalam mendorong kekacauan Eropa pada saat itu.[4] Namun Alifonso sendiri tidak senang dan mengatakan "en Aragón había tantos reyes como ricoshombres." (di Aragon ada raja sebanyak orang kaya)[5]

Hak Istimewa menetapkan bahwa raja tidak dapat melanjutkan melawan bangsawan mana pun tanpa izin sebelumnya dari Justicia yang bertindak atas persetujuan cortes. Yang terakhir ini akan dipanggil setiap tahun (pada bulan November) ke kota Zaragoza. Jika raja pernah melanggar ketentuan Hak Istimewanya, dia tidak perlu dipatuhi dan tidak ada tindakan terhadapnya yang dianggap pengkhianatan. Dengan demikian, raja dapat digulingkan oleh para bangsawan dalam keadaan ekstrem. Pada Januari 1288, Uni menunjuk para penasehat raja.

Chaime II menolak untuk mengakui Hak Istimewa dan, dengan Penetapan Uni, mempermanenkan Takhta Aragon dan uni Aragon, Valencia, dan Catalunya di bawah satu takhta. Uni Aragon ditiru oleh Uni Valencia.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chaytor (1933), hlm. 126
  2. ^ Wintle (2003), hlm. 188
  3. ^ Wintle (2003), hlm. 190
  4. ^ Alighieri, Dante. Purgatorio, Canto VII, l. 115ff.
  5. ^ Chaytor (1933), hlm. 120

Sumber[sunting | sunting sumber]