Umukia biasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Umukia biasa
Burung jantan
Burung betina
Suara yang direkam di Inggris
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Tadorna tadorna

Sinonim

Anas tadorna Linnaeus, 1758

Umukia biasa (Tadorna tadorna) adalah spesies burung Anseriformes dari genus tadorna (Umukia). Burung ini tersebar luas dan umum di wilayah Palearktik Euro-Siberia, terutama berkembang biak di daerah beriklim sedang dan musim dingin di daerah subtropis, di musim dingin juga dapat ditemukan di Maghreb.

Fosil tulang dari Dorkovo (Bulgaria) yang dideskripsikan sebagai Balcanas pliocaenica mungkin termasuk dalam spesies ini. Kemungkinan besar, mereka adalah spesies Umukia yang telah punah (jika bukan genus yang berbeda). Spesies yang ada saat ini tidak diketahui secara pasti dari catatan fosil hingga sekitar 2–3 juta tahun kemudian (Piacenzium/ Pleistosen Awal).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Umukia biasa menyerupai angsa kecil berleher pendek dalam ukuran dan bentuk. Ini adalah burung yang mencolok, dengan paruh berwarna merah muda kemerahan, kaki berwarna merah muda, tubuh putih dengan bercak kastanye dan perut hitam, serta kepala dan leher berwarna hijau tua. Penutup sayap berwarna putih, bulu primer berwarna hitam, dan bulu sekunder berwarna hijau (hanya terlihat saat terbang) dan kastanye. Bagian bawah sayap hampir seluruhnya berwarna putih. Jenis kelaminnya serupa, tetapi betinanya lebih kecil, dengan beberapa tanda wajah berwarna putih, sedangkan jantan memiliki warna yang sangat tajam pada musim kawin, paruhnya berwarna merah cerah dan memiliki tonjolan yang menonjol di dahi.

Anak itik berwarna putih, dengan topi hitam, leher belakang, sayap, dan bercak punggung. Ikan remaja memiliki warna yang sama, keabu-abuan di bagian atas dan sebagian besar berwarna putih di bagian bawah, tetapi sudah memiliki pola sayap seperti orang dewasa.

Panggilannya adalah klakson yang keras.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung yang berkembang biak di Eurosiberia beriklim sedang. Sebagian besar populasi bermigrasi ke daerah subtropis pada musim dingin, namun spesies ini sebagian besar tinggal di Eropa paling barat, selain berpindah ke tempat ganti kulit yang disukai, seperti Laut Wadden di pantai utara Jerman .

Umukia biasa umum ditemukan di sekitar garis pantai Inggris Raya dan Irlandia (di mana ia hanya dikenal sebagai Umukia saja), di mana ia sering mengunjungi rawa-rawa garam dan muara. Ia sering bersarang di liang kelinci. Penampakan burung ini jarang terjadi di Amerika Utara dan dilaporkan jarang terjadi di AS dan Kanada.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Kawanan yang sedang berganti bulu bisa berjumlah sangat besar (100.000 ekor di Laut Wadden), karena sebagian besar pasangan meninggalkan anak-anak mereka yang sebagian sudah dewasa di penitipan hanya dengan satu atau dua orang dewasa.

Spesies ini terutama berasosiasi dengan danau dan sungai di lahan terbuka, berkembang biak di liang kelinci, lubang pohon, tumpukan jerami atau sejenisnya. Di musim dingin, hal ini biasa terjadi di muara yang sesuai dan dataran lumpur pasang surut juga.

Burung ini merupakan salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Anak-anaknya akan menyelam di bawah air untuk menghindari predator dan orang dewasa akan terbang menjauh dari mereka untuk bertindak sebagai umpan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Tadorna tadorna". 2019: e.T22680024A154560262. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22680024A154560262.en.