Ula (permainan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan Ula merupakan permaian tradisional dari Lampung ula berarti gacou, maka main ula berarti bermain gacou. Permaianan ini biasanya dimainkan anak perempuan dan kadang-kadang anak laki-laki.Umur peserta berkisar 7-14 tahun terdiri dari 2 orang pasang peserta. Dapat dimainkann kapan saja dan tidak membutuhkan lapangan permainan yang luas.

Dua orang anak perempuan sebaya bersepakat untuk bermain ula. Mereka menyiapkan 5 buah batu kerikil yang besarnya hampir sama disebut batu permaianan dan 1 buah batu keiirikil yang bulat dan sedikit lebih besar dari batu permainan disebut ula atau gacou. Kedua pemain akan melakukan undian dengan sut untukk menentukaan siapa yang duluan/pertama melakukan permainan.

kedua pemain saling berhadapan , 5 buah batu permainan ditaruh di lantai dan gacou digenggam pada tangan kanan. Setiap pengambilan, pelepasan batu permainan dilaksanakan setelah gacou dlempar/dialungkan ke atas setinggi 30 sampai 35 cm, batu permaian di ambil/dilepas dari/ke genggaman tangan kanan sesuai dengan tahapan permainan,dan segera menangkap gacou oleh tangan kanan yang berisi batu permainan. Saat pengambilan dan pelepasan batu, gacou permainan, tidak boleh jatuh sesuai dengan dipersyaratkan.