Twist (Jerman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Twist
Lambang Twist
Lambang
Location of Twist within Emsland district
Twist in EL.svg
NegaraJerman
BagianLower Saxony
KreisEmsland
Pemerintahan
 • MayorErnst Schmitz (CDU)
Luas
 • Total105,61 km2 (4,078 sq mi)
Ketinggian
16 m (52 ft)
Populasi
 (2013-12-31)[1]
 • Total9.623
 • KepadatanBad rounding here0,91/km2 (Bad rounding here2,4/sq mi)
Zona waktuWET/WMPET (UTC+1/+2)
Kode pos
49767
Kode telepon0 59 36
Plat kendaraanEL
Situs webwww.twist-emsland.de

Twist adalah sebuah kotamadya di Emsland, Niedersachsen, Jerman. Kota ini berada tepat di perbatasan Belanda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemukiman di daerah kota twist saat ini mulai terlambat sekitar tahun 1784. Tanah itu tidak cukup subur dan sedikit sekali mata pencaharian yang bisa didapat dan orang-orang tidak hidup dengan nyaman. Pembangunan kanal "Nord-Süd-Kanal" sekitar 100 tahun kemudian membawa perbaikan yang signifikan dalam kualitas hidup masyarakat, karena kanal bias melakukan drainase sistematis dan pembersihan gambut.

Pada bulan Agustus / September 2011 Twist merayakan HUT 225 dengan festival selama10 hari.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Karena perselisihan panjang dengan Kerajaan Belanda tentang perbatasan antara kedua negara harus mengambil bahasa yang umum digunakan untuk nenyebut "Twistrich" atau "Twist Gebiet" (daerah Twist). Dalam rendah Jerman "Twistrich" atau "Twist Gebiet" memiliki arti yang sama dengan "sengketa perbatasan". Bahasa ini adalah bahasa resmi pada waktu itu dan masih sebagian digunakan.

Hasil penelitian baru dari Jürgen Udolph, seorang ilmuwan di bidang onomastika, menunjukkan bahwa nama twist berawal pada kata-kata "twistel" dalam arti "Zwiesel" atau "Zweiung", yang berarti sesuatu yang bercabang dua. Dalam arti ini juga kata-kata seperti "zwieträchtig", "twisten" dan "di Zweispalt, Streit sein" (dalam bahasa Inggris: perbedaan, perselisihan) penjelasan tentang asal-usul nama Twist.

Hal yang menonjol[sunting | sunting sumber]

Gereja St. Franziskus[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun pada tahun 1928 – 1929. Arsitek Theo Burlage merencang gereja itu dengan gaya ekspresionis. Gereja itu mempunyai muka jam di tiga sisinya. Tidak seperti muka jam biasanya, yang satu ini tidak memiliki angka. Tokoh yang menonjol adalah Iron cross pada tahun 1914 dan 1918 (selama perang dunia I). Tiga puluh tiga tokoh lain di muka jam diberi label nama prajurit yang terbunuh di desa Schonighsdorf dan Provinzialmoor.

Gereja protestan di Neuringe[sunting | sunting sumber]

Gereja protestan di Neuringe merupakan gereja yang luar biasa istimewa karena gereja ini merupakan salah satu gereja tertua dan merupakan bagian yang berharga (dibangun pada tahun 1719) di gereja nasional protestan. Gereja itu sendiri dibangun pada tahun 1904.

Pemandangan alam[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006 kabupaten di Jerman, Emsland dan Grafschaft Bentheim didirikan bersama-sama dengan daerah di Belanda Drenthe (Taman Rawa Internasional). Taman ini membentang di sebagian besar kota Twist. Taman ini memiliki biota yang unik dan setiap tahunnya terdapat banyak burung yang bermigrasi karena musim dingin.

Kegiatan rekreasi dan budaya[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Heimathaus Twist adalah rumah seorang petani tua yang dibangun ulang, terletak di pusat kota Twist. Ini dikenal dengan blues dan folk konser yang berlangsung beberapa kali dalam setahun. Disamping Heimathaus Twist adalah museum minyak mintah dan gas alam berada. Ditunjukkan juga beberapa pameran dan sejarah dari minyak mentah dan gas alam. Industri minyak dan gas alam memiliki sejarah yang panjang di Twist karena itulah disebut Jerman Texas.

Kegiatan rekreasi[sunting | sunting sumber]

Di setiap daerah di Twist ada beberapa klub olhraga dimana sepak bola adalah olahraga yang dominan, namun basket, ping pong, lari, menunggang kuda, renang, tenis, bola tangan dan senam juga ditawarkan.

Ekonomi dan infrastuktur[sunting | sunting sumber]

Lalu lintas[sunting | sunting sumber]

Dengan mobil[sunting | sunting sumber]

Twist mempunyai koneksi langsung menuju Autobahn 31 yang bertindak sebagai jalur selatan-utara di antara laut utara dan Ruhr. Twist juga terhubung ke Europastrasse 233 yang dibangun disisi Jerman seperti Autobahn sampai pada titik sambungan Autobahn 31 dan disisi Belanda sudah memiliki status sebagai Autobahn A 37. Europastrasse (E233) menghubungkan Rotterdam, Amsterdam dengan Hamburg dan berakhir di Skandinavia. Di sisi Jerman dimaksudkan untuk tahun mendatang untuk mengikuti sisi Belanda dan untuk memperbesar jalan diseluruh jalan Autobahn.

Lalu lintas udara[sunting | sunting sumber]

Bandara internasional terdekat adalah Münster-Osnabrück Internatinal Airport di kota Greven, Jerman. Bandara ini kira-kira 90 km dari Twist dan mudah dicapai dengan menggunakan Autobahn 31 dan kemudian berganti dengan Autobahn 30. Düsseldorf adalah pusat informasi terdekat untuk penerbangan antar benua. Jarak menuju bandara kira-kira 170 km (1,5 jam dengn mobil) dan untuk jarak perjalanan seluruhnya bisa menggunakan Autobahn 31, dan setelah itu berganti ke Autobahn 44 untuk meninggakan bandara (Ausfahrt Flughafen) Bandar Udara Internasional Schiphol adalah bandara lainnya yang dekat. Bandara ini kira-kira 200 km dan dapat dicapai denga cepat dengan menggunakan jalur cepat Belanda. Belanda “Autobahn” A 37 dimulai dari Twist dan seluruhnya sampai di bandara dapat menggunakan Autobahn.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sampai pada pertengahan tahun 1990an minyak mentah, gas alam dan industry bahan bakar mendominasi ekonomi di Twist. Khususnya di industri-industri ini banyak pegawai kehilangan pekerjaan mereka. Sejak saat itu banyak perusahaan kecil maupun sedang menetap di Twist khususnya di Autobahn. Perusahaan terbesar di Twist adalah perusahan Belanda Wavin. Perusahaan ini merupkan pemimpin pasar Eropa yang bergerak dai bidang pipa plastic.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di Twist ada lima Sekolah Dasar (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setelah pergantian besar dan dibangun ulang pada tahun 2007, SMP ini berlangsung sehari penuh. Pada tahun 2009 Sekolah Dasar (SD) juga berlangsung sekolah sehari penuh. Dengan adanya perbaikan di sekolah ini para siswa dijamain akan mendapatkan makan dan juga pengawasan penuh selama di sekolah.

Referensi dan Pranala[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Landesbetrieb für Statistik und Kommunikationstechnologie Niedersachsen, 102 Bevölkerung - Basis Zensus 2011, Stand 31. Dezember 2013 (Tabelle K1020014)