Tutung, Linggang Bigung, Kutai Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tutung
Kampung
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Timur
Kabupaten Kutai Barat
Kecamatan Linggang Bigung
Luas 80,00 km²
Jumlah penduduk 917 jiwa
Kepadatan - jiwa/km²

Tutung adalah salah satu kampung di kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. tutung untuk sektor agribisnis dan terkenal akan proyek proyek yang tidak jadi, sementara ini mengembangkan komoditi sayur dan coklat,karna dua komoditi ini sangat diminati oleh masyarakat kampung tutung, -data GAPOKTAN & kelompok tani : Gapoktan SENAPALA NUSANTARA / Terbentuk ;16 oktober 2006( Komoditi Penangkar bibit coklat )

                    -ketua Gapoktan : SUNARYO
                    -sekretaris     : PANDU
                    -Bendahara      : SUKARSIH

-data kelompok tani: 1.SENAPALA NUSANTARA I 2.SENAPALA NUSANTARA II 3.SERAY JAYA 4.BATANG GARING 5.KETANG MEMBANGUN 6.KARYA BAHAGIA I 7.KARYA BAHAGIA II 8.KARYA BAHAGIA III

PPL / Penyuluh : MUHAMMAD SAFEI BPP : Linggang Bigung GAMBARAN SITUASI KAMPUNG

   A . Letak Geografis dan batas kampung.
kampung tutung yang terletak dalam wilayah kecamatan Linggang Bigung.dengan luas kampung dan jarak kekecamatan ,lihat tabel :
 Tabel,1

KECAMATAN Linggang Bigung KAMPUNG ~Tutung. JARAK DARI KECAMATAN +/- 23 Km LUAS KAMPUNG 80.00 km2

Keterangan : jarak dihitung dari pusat kota dan data luas kampung dari statistik kampung. Batas –batas kampung : WKPP Tutung memiliki cakupan wilayah yang luas , dengan potesi wilayah yang ada sangat memungkinkan sekali untuk di kembangkan suatu produk unggulan , yang kelak dapat diharapkan untuk meningkatkan hasil dan pendapatan petani , serta masyarakat sekitar. Batas-batas wilayah ; ~Tutung = sebelah utara berbatasan dengan Long hubung.

            =  sebelah selatan      berbatasan dengan               Lingau.
            =  sebelah timur        berbatasan dengan               Melapeh Baru.
            =  sebelah barat        berbatasan dengan               perbatasan Kalteng.

B .Topografi kampung. Keadaan tanah di wkpp tutung sebagian besar merupakan daerah berbukit atau dataran tinggi sehingga tidak pernah terjadi banjir,daerah ini banyak dilalui sungai-sungai kecil antara lain ; sungai kelian , sungai kelubaq , sungai seray , sungai map , sungai subang dan masih banyak lagi sungai – sungai kecil lainnya. Wkpp tutung dilalui oleh sebuah jalan perusahaan yang menghubungkannya dengan kampung-kampung lain seperti : bigung baru,melapeh baru,melapeh lama,purwodadi,linggang bigung,tering dan kampung-kampung lainnya,jalan ini sudah diaspal.

Sebagian besar wilayah wkpp tutung adalah belukar dan hutan rimba dimana masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan tanaman industri perkebunan ataupun tanaman pertanian yang bersifat intensifikasi.

C .Iklim dan curah hujan. Wkpp tutung termasuk dalam kategori daerah beriklim lembap,dengan iklim antara A1 s/d D1, curah hujan hamper sepanjang tahun dengan curah hujan rata-rata 1.500 s/d 3.000 mm dan bulan basah antara bulan OKTOBER s/d MARET sedangkan untuk bulan kering antara APRIL s/d SEPTEMBER dengan suhu antara 28 C s/d 30 o C

profil umum : -Sunaryo ( ketua kelompok tani SENAPALA NUSANTAR ,juga sebagai ketua GAPOKTAN SENAPALA NUSANTARA,terpilih menjadi sekretaris KTNA tingkat kabupaten,Kutai Barat,beberapa waktu yang lalu juga terpilih sebagai petani teladan 2 tingkat kabupaten. -YPI AL-MUHAJIRIN salah satu yayasan pendidikan islam penerima bantuan kegiatan LM3,dari dirjentan hortikultura.