Tusam putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tusam putih
Pinus strobus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN42417
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliPinaceae
GenusPinus
SpesiesPinus strobus
Linnaeus, 1753

Pinus strobus, biasa disebut tusam putih timur,tusam putih utara, tusam putih , tusam Weymouth (Inggris), dan tusam lunak adalah tusam besar yang berasal dari Amerika Utara bagian timur. Tersebar tumbuh dari Newfoundland, Kanada, barat melalui wilayah Great Lakes hingga tenggara Manitoba dan Minnesota, Amerika Serikat, dan selatan sepanjang Pegunungan Appalachian dan Piedmont bagian atas hingga Georgia paling utara dan mungkin sangat jarang di beberapa dataran tinggi di timur laut Alabama . Hal ini dianggap langka di Indiana .[2]

Suku Haudenosaunee memelihara pohon itu sebagai simbol utama konfederasi multinasional mereka, menyebutnya sebagai " Pohon Perdamaian ", [3] di mana Seneca menggunakan nama o'sóä' [4] dan Kanienʼkehá:ka menyebutnya onerahtase'ko: wa .[5] Dalam Konfederasi Wabanaki, suku Mi'kmaq menggunakan istilah guow untuk menamai pohon tersebut, [6] baik suku Wolastoqewiyik maupun Peskotomuhkatiyik menyebutnya kuw atau kuwes, [7] dan suku Abenaki menggunakan istilah kowa .[8]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

P. strobus ditemukan di bioma berdaun lebar beriklim sedang dan hutan campuran di Amerika Utara bagian timur. Ia lebih menyukai tanah yang memiliki drainase baik atau berpasir dan iklim lembab, tetapi juga dapat tumbuh di daerah berawa dan dataran tinggi berbatu. Di hutan campuran, pohon dominan ini menjulang tinggi dibandingkan pohon lainnya, termasuk beberapa kayu keras berdaun lebar. Ini menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi banyak burung hutan, seperti paruh-silang merah, dan mamalia kecil seperti bajing. [9]

Fosil daun tusam putih dan serbuk sari telah ditemukan oleh Brian Axsmith, ahli paleobotani di Universitas South Alabama, di Dataran Pesisir Teluk, di mana pohon tersebut sudah tidak ada lagi. [10]

Hutan tusam putih bagian timur awalnya menutupi sebagian besar Amerika Utara bagian utara-tengah dan timur laut. Hanya 1% dari hutan tua yang tersisa setelah operasi penebangan besar-besaran dari abad ke-18 hingga awal abad ke-20.

Hutan tua, atau tegakan perawan, dilindungi di Taman Nasional Pegunungan Great Smoky . Kawasan lindung lainnya yang diketahui memiliki hutan perawan, sebagaimana dikonfirmasi oleh Eastern Native Tree Society, termasuk Taman Provinsi Algonquin, Taman Provinsi Quetico, Dataran Tinggi Algoma di Ontario, dan Hutan Tua Sungai Sainte-Marguerite di Quebec, Kanada; Estivant Pines, Pegunungan Huron, Taman Negara Bagian Pegunungan Landak, dan Kawasan Hutan Belantara Sylvania di Semenanjung Atas Michigan, Amerika Serikat; Taman Negara Bagian Hartwick Pines di Semenanjung Bawah Michigan ; Reservasi Indian Menominee di Wisconsin ; Hilangnya 40 Kawasan Ilmiah dan Alam (SNA) dan Hutan Belantara Kawasan Kano Perairan Batas di Minnesota ; Taman Negara Bagian White Pines, Illinois ; Cook Forest State Park, Hearts Content Scenic Area, dan Anders Run Natural Area di Pennsylvania ; dan Hutan Belantara Ngarai Linville di Carolina Utara, Amerika Serikat.

Kebun kecil atau spesimen individu tusam putih timur tua ditemukan di berbagai spesies di AS, termasuk di Ordway Grove, Maine ; Es Glen, Massachusetts ; dan Taman Adirondack, New York. Banyak lokasi dengan spesimen berukuran besar yang mencolok mewakili suksesi ekologi lahan lama yang sudah maju. Stand tinggi di Mohawk Trail State Forest dan William Cullen Bryant Homestead di Massachusetts adalah contohnya.

Sebagai spesies introduksi, P. strobus kini dinaturalisasi di subdivisi Carpathians Barat Luar di Pegunungan Carpathian di Republik Ceko dan Polandia selatan. Tusam putih ini menyebar dari spesimen yang ditanam sebagai pohon hias .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan anggota kelompok tusam putih, tusam subgenus Strobus, daun ("jarum") termasuk jenis pohon jarum, terdapat dalam kumpulan (bundel) yang terdiri dari lima, atau jarang tiga atau empat, dengan selubung daun . Daunnya lentur, hijau kebiruan, bergerigi halus, dan 5–13 cm (2,0–5,1 in) panjang.

Kerucut bijinya ramping,8–16 cm (3,1–6,3 in) panjang (jarang lebih lama dari itu) dan4–5 cm (1,6–2,0 in) lebar bila terbuka, dan mempunyai sisik dengan puncak membulat dan ujung agak melengkung, sering kali mengandung resin. Benihnya adalah4–5 mm (0,16–0,20 in) panjang, dengan ramping15–20 mm (0,59–0,79 in) sayap, dan disebarkan oleh angin. Produksi kerucut mencapai puncaknya setiap 3 hingga 5 bertahun-tahun.

Cabang-cabangnya berjarak tiap 18 inci pada batangnya dengan lima atau enam cabang tampak seperti jari-jari pada roda gerobak. Tusam putih timur subur, tetapi benih yang dihasilkan dengan cara ini cenderung menghasilkan bibit yang lemah, kerdil, dan cacat. Pohon dewasa seringkali berumur 200–250 tahun, dan beberapa dapat hidup lebih dari 400 tahun. Sebuah pohon yang tumbuh di dekat Syracuse, New York, berumur sekitar 458 tahun pada akhir tahun 1980-an dan pohon-pohon di Michigan dan Wisconsin berumur sekitar 500 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farjon, A. (2013). "Pinus strobus". 2013: e.T42417A2978687. doi:10.2305/IUCN.UK.2013-1.RLTS.T42417A2978687.en. 
  2. ^ "Plants Profile for Pinus strobus (eastern white pine)". www.plants.usda.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-28. Diakses tanggal 2020-10-07. 
  3. ^ Graymont, Barbara (2009). The Iroquois. Infobase Publishing. hlm. 21. The tree had four symbolic roots, the Great White Roots of Peace, spreading north, east, south, and west. If any other nation ever wished to join the League, it would have to follow the White Roots of Peace to the source and take shelter beneath the tree. Atop the tree, he placed an eagle to scream out a warning at the approach of danger. He symbolically planted the tree in the land of the Onondagas, the place of the Grre, the confederate lords, or peace chiefs, would sit beneath it and be caretakers of the Great Peace. 
  4. ^ Chafe, Wallace (2015). A Grammar of the Seneca Language (PDF). University of California Press. hlm. 18. ISBN 978-0-520-28641-2. 
  5. ^ "Mohawk Basic Knowledge". Diakses tanggal 10 September 2023. 
  6. ^ "Pine". Mi'gmaq-Mi'kmaq Online Dictionary. Listuguj. Diakses tanggal 10 September 2023. 
  7. ^ Francis, Kmihqitahaman David A.; Newell, Kmihqitahaman-ona Wayne A. "Passamaquoddy-Maliseet Language Portal". Diakses tanggal 10 September 2023. 
  8. ^ "White Pine". Western Abenaki Dictionary. Diakses tanggal 10 September 2023. 
  9. ^ Grimm, William Carey (1966). The Book of Trees (dalam bahasa Inggris). Harrisburg, Pennsylvania: The Stackpole Company. hlm. 41. 
  10. ^ "Dr. Brian Axsmith's Research Area". University of South Alabama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-10. Diakses tanggal 2020-05-10.