Tulou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian luar tulou.
Tampak bagian dalam tulou.
Sebuah tulou di county Yongding.
Di dalam Yanxiang Lou, sebuah tulou bundar besar di desa Xinnan.

Tulou (Hanzi sederhana: 土楼; Hanzi tradisional: 土樓; Pinyin: tǔlóu; Pe̍h-ōe-jī: thó͘-lâu), atau "bangunan tanah", adalah sebuah tempat tinggal komunal tradisional orang Hakka di Fujian, bagian selatan Tiongkok, biasanya berupa konfigurasi melingkar yang mengelilingi sebuah kuil di pusatnya, dan merupakan bagian dari arsitektur Hakka. Struktur vernakular ini ditempati oleh kelompok klan.

Meskipun sebagian besar tulou terbuat dari konstruksi tanah, definisi "tulou" merujuk kepada deskripsi yang luas untuk jenis bangunan, tidak hanya menunjukkan jenis konstruksinya saja. Beberapa tulou dibangun dari granit yang dipotong-potong atau memiliki tembok besar dari batu bata yang dibakar. Sebagian besar tulou berskala besar yang ada sekarang dibangun dari komposit tanah, pasir, dan kapur yang dikenal sebagai sanhetu dan bukan hanya tanah semata.[1] Tulou sering dibangun tiga sampai empat lantai. Mereka juga sering menyimpan makanan di lantai bagian atas.

Karena penampilannya yang tidak ortodoks dan tampak aneh dari luar, tulou pernah dikira silo misil oleh Amerika selama perang dingin. Yang lain bahkan membandingkannya dengan 'pesawat ruang angkasa' kuno.[2]

Fujian Tulou yang terkenal itu telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008,[3] yang merupakan subkelompok kecil dan khusus tulou, dikenal karena bentuknya yang unik, skala besar, dan struktur yang cerdas. Ada lebih dari 20.000 tulou di Fujian selatan. Sekitar 3.000 di antaranya adalah Fujian Tulou, yaitu 15% dari tulou yang termasuk dalam kategori Fujian Tulou.

Referensi kontemporer[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Video games[sunting | sunting sumber]

  • Di Front Mission 3 pemeran utama secara singkat pergi ke Yongding, tampak tulou di latar belakangnya. NPC di bar Yongding berbicara tentang tulou ketika anda berbicara dengan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Knapp, Ronald G.. China's old dwellings. Honolulu: University of Hawaiʻi Press, 2000. 266. Print.
  2. ^ "Error". The Sydney Morning Herald. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-23. Diakses tanggal 2019-11-17. 
  3. ^ Centre, UNESCO World Heritage. "Fujian Tulou". whc.unesco.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]