Kung Fu Hustle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kung Fu Hustle
KungFuHustleHKposter.jpg
Sutradara Stephen Chow
Produser Stephen Chow
Chu Po-Chui
Jeffrey Lau
Penulis Stephen Chow
Tsang Kan-Cheong
Xin Huo
Chan Man-Keung
Pemeran Stephen Chow
Yuen Wah
Yuen Qiu
Danny Chan Kwok Kwan
Bruce Leung
Musik Raymond Wong
Sinematografi Poon Hang-Sang
Penyunting Angie Lam
Distributor Hong Kong:
Columbia Pictures Film Production Asia
Amerika Serikat:
Sony Pictures Entertainment
Sony Pictures Classics
Tanggal rilis
Bendera Kanada 14 September 2004
Bendera Republik Rakyat Tiongkok 23 Desember 2004
Bendera Amerika Serikat 23 Januari 2005
Bendera Britania Raya 24 Juni 2005
Durasi
95 menit
Negara Republik Rakyat Tiongkok
Hong Kong
Bahasa Kanton
Mandarin
Anggaran US$20 juta
Pendapatan kotor US$101.104.669

Kung Fu Hustle (Tionghoa: 功夫; Pinyin: Gōngfu) adalah film Hong Kong yang dibintangi dan disutradarai oleh Stephen Chow. Film ini berjenis film komedi yang dipadukan dengan film aksi dengan efek khusus yang sesuai dengan perkembangan teknologi animasi yang berkembang saat ini. Shanghai pada tahun 1930-an adalah plot dan latar dari cerita dalam film ini. Kung Fu Hustle mengisahkan tentang seorang pengangguran yang bernama Chow yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak (Axe Gang).[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada waktu itu kekacauan melanda kota Shanghai. Banyak geng berkuasa dan salah satunya adalah geng Kapak merah yang sangat ditakuti, yang diketuai oleh Kakak Sum yang. Tanpa adanya penegak hukum, polisi pun takut pada geng, rakyat hanya bisa hidup damai di kampung orang miskin, contohnya adalah Rumah Susun Kandang Babi (Pig Sty Alley) yang dihuni rakyat dari berbagai latar belakang, dimiliki seorang juragan yang bejat dan istrinya yang bersifat sok berkuasa. Satu hari, dua orang pembuat masalah, Xing dan Bone, datang ke rusun meniru anggota Geng kapak untuk 'memeras' orang - orang. Parahnya, mereka gagal, dan ulah Xing melempar kembang api malah mendatangkan Geng Kapak yang sebenarnya. Akibat ulah Xing dan bone pemukiman babi pun diserbu oleh geng Kapak Merah. Akhirnya geng Kapak dikalahkan oleh tiga orang gila, yaitu Kuli si ahli jurus Tendangan 12 Penjuru, Si Penjahit, ahli jurus Tangan Besi, dan Tukang Mie si ahli jurus Tongkat Enam Penjuru.

Sing dan Bone ditangkap oleh Kakak Sum karena membuat masalah dan mempermalukan Geng kapak di mata umum. Mereka lolos dari kematian ketika Sing mengutili gemboknya dengan cepat ketika mereka digantung. Sing meminta Sum untuk menjadikannya dan Bone anggota geng kapak. Kagum dengan keahlian mengutil kunci Sing, Sum lalu mengatakan kalau Sing berhasil membunuh 1 orang, ia akan diangkat menjadi anggota geng kapak. Esoknya, mereka kembali ke Rusun Kandang Babi untuk membunuh si Nyonya Juragan, tapi gagal total karena suatu tindakan yang bodoh. Mereka berpencar dan lolos dari amarah si Nyonya Juragan. Sing cedera parah dan bersembunyi di atas mimbar lampu lalu lintas, dimana cederanya terobati. Selama pemulihan, tanpa sadar Sing menonjoki sisi besi dari mimbarnya, meninggalkan bekas yang dalam untuk tangannya. Setelah pulih, Sing bertemu Bone kembali, tapi tak bisa menjelaskan perasaan anehnya Sing.

Sing dan Bone meratapi kegagalannya di jalanan, dan Sing curhat soal masa kecilnya. Dia menghabiskan uang tabungannya yang sangat sedikit untuk membeli buku panduan jurus "Tapak Buddha" dari seorang pengemis dengan tujuan "menjaga kedamaian dunia". Ia berlatih secara otodidak, tapi ketika ia harus membela seorang gadis bisu yang sedang dikerumuni oleh pengganggu yang berusaha mencuri lolipopnya, ia dikalahkan, bahkan dikencingi. Sing menyimpulkan kalau orang baik tak pernah menang, dan memutuskan untuk menjadi seorang kriminal. Setelah curhat, mereka mencuri es krim dari seorang pedagang jalanan, tertawa secara gila saat mereka kabur pakai trem.

Marah karena kekalahan geng kapaknya, Kakak Sum menyewa sepasang pemain kecapi, yang merupakan pembunuh profesional yang memakai kecapi yang ada sihirnya. Mereka menyerang rusun di malam hari ketika Coolie, Penjahit, dan Donat bersiap berangkat karena bertempur dengan geng kapak. Trio itu kewalahan dan menggerakkan hati Tuan dan Nyonya Juragan, yang ternyata ahli kungfu dengan keahlian yang lebih tinggi: jurus Auman Singa. Meskipun geng kapak dan para pembunuh kabur, tapi trio itu menderita cedera fatal: Coolie menjadi cacat, si Penjahit mati karena luka tusuk, dan Donat mati karena trauma. Tuan dan Nyonya Juragan pun mengevakuasi apartemen untuk keamanan penghuninya.

Tanpa kemajuan berarti, Sing menjambret si pedagang es krim, hanya untuk menyadari kalau si pedagang es krim itu adalah gadis bisu yang merupakan teman masa kecilnya. Si gadis bisu menawarkan permen yang dulu pernah ia coba berikan sebagai tanda terima kasih, tapi Sing menolaknya, bahkan dilempar ke tembok dan kabur. Setelah dia dan Bone berpisah, Sing dijemput Geng kapak. Sum menyuruh Sing untuk pergi ke rumah sakit jiwa untuk membebaskan Beast, yang konon katanya adalah pembunuh top dunia. Sing membebaskan Beast dan membawanya ke kantor Sum. Si "pembunuh top dunia" membuat bingung orang-orang karena sikapnya yang sembarangan dan penampilannya yang acak-acakan - tetapi setelah Beast membuktikan dirinya dengan menghentikan peluru yang ditembakkan ke arahnya, para gengster langsung menunduk hormat. Beast pergi dan menghadapi Bapak dan Ibu Juragan di rumah judi, yang menunggu untuk membunuh Sum dan orang-orangnya. Bapak dan Ibu Juragan berkelahi dengan Beast, sambil menghancurkan rumah judi, sampai mereka bertiga berhenti karena terkunci. Sing langsung masuk, dan dengan mengabaikan perintah Sum untuk membunuh Bapak dan Ibu Juragan, malah memukul Beast dengan kaki meja. Karena marah, Beast membebaskan diri dan meninju Sing. Sebelum bisa memberikan sebuah pukulan maut, Bapak dan Ibu Juragan mengambil tubuh Sing yang sedang tak sadarkan diri dan membawanya kabur. Sum dengan kesal menyalahkan Beast karena membiarkan Bapak dan Ibu Juragan serta Sing lolos, dan Beast malah membunuh Sum sebagai balasannya.

Di rumah susun Kandang Babi, Sing, saat sedang diperban dari kepala sampai kaki dan diobati dengan pengobatan Cina, mengalami metamorfosis. Ia pulih dengan cepat karena aliran chi-nya, dan potensi laten "ahli kung-fu" yang ia miliki, langsung terwujud karena telah mengalahkan Beast. Ia dengan mudah mengalahkan geng kapak sebelum menghadapi Beast. Sebuah perkelahian terjadi, dimana Beast menggunakan jurus kung fu katak untuk menerbangkan Sing. Lagi-lagi, karena jurusnya Beast, aliran chi Sing bertambah sehingga ia tambah kuat. Setelah ia kembali ke bumi, ia melakukan jurus Tapak Buddha yang membuat Beast kalah dan meninggalkan bekas telapak tangan yang besar di tanah. Setelah sebuah usaha yang sia-sia untuk mengalahkan Sing, Beast mengakui kalau Sing adalah petarung yang lebih baik. Beberapa lama kemudian, Sing dan Bone membuka toko permen. Saat tukang es krim yang bisu lewat, Sing keluar menemuinya, berubah menjadi anak kecil dan rujuk. Saat mereka kembali ke toko, seorang anak kecil yang berjalan keluar toko permen bertubrukan dengan seorang pengemis yang pernah menawarkan Sing buku tentang Tapak Buddha. Awalnya, si bocah berjalan begitu saja, tapi si pengemis menawarkan dia beberapa buku bela diri yang lain. Si bocah menatapnya dengan rasa tertarik.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Stephen Chow sebagai Sing, seorang pecundang yang berminat menjadi anggota geng kapak. Ia berbuat jahat untuk mempertegas citra "orang jahat" tapi perbuatannya gagal semua.
  • Yuen Qiu sebagai Ibu Juragan. Seseorang yang egois dan sok berkuasa (padahal sebenarnya berkepribadian lembut dan baik hati), ia adalah seorang perokok berat bersuara nyaring sebagai efek samping dari jurus Auman Singa yang mampu memecahkan kaca, merobek acian tembok, dan membuat orang terbang seperti boneka. Dalam suatu adegan dimana ia kejar-kejaran dengan Sing, kecepatan larinya luar biasa cepat.
  • Yuen Wah sebagai Bapak Juragan, yang bejat dan tukang cari masalah. Di sisi lain, ia akrab sekali dengan penghuni rumah susun, kadangkala mendapat berbagai hadiah dari penghuninya seperti bubur dan kue gratis dari Donat, meskipun ini adalah percobaannya untuk menurunkan sewa.
  • Danny Chan sebagai Kakak Sum, ketua geng kapak. Sum adalah orang yang paling kejam di antara anggota geng kapak, tapi di sisi lain, ia adalah orang yang pemalas. Usut punya usut, Sum ternyata adalah orang yang cukup lemah setelah kepalanya ditabok Sing, menyebabkan kepalanya berdarah dan ia sendiri menangis. Sum dibunuh oleh Beast setelah wajahnya ditabok begitu keras sehingga kepala Sum bisa berputar (minimal) 520 derajat.
  • Bruce Leung sebagai Beast, seorang jagoan kung fu, kabarnya adalah orang paling berbahaya yang pernah ada, tapi keahliannya disamarkan dengan penampilannya yang sembarangan. Karena telah membunuh banyak orang, ia dimasukkan ke rumah sakit jiwa, sampai Sing membebaskannya. Di akhir film, ia menggunakan jurus katak.
  • Xing Yu sebagai Kuli, seorang kuli panggul yang ahli jurus Tendangan 12 Penjuru. Ia tidak pakai senjata dalam bertarung dan adalah lawan kata dari si tukang jahit, memiliki kekuatan badan bagian bawah yang luar biasa.
  • Chiu Chi-ling sebagai Peri, tukang jahit banci yang ahli jurus Tinju Besi, bertarung dengan cincin besi di lengannya.
  • Dong Zhihua sebagai Donat, seorang tukang roti di Rusun Kandang Babi yang merupakan ahli kung fu yang telah pensiun. Jurus andalannya adalah jurus Tongkat Delapan Penjuru. Ia memiliki kelincahan yang luar biasa, bisa menangkis tendangan dari si kuli yang bisa membuat sendi bergeser.
  • Lam Chi-chung sebagai Bone, kawan setia Sing yang gendut, pemalas dan bodoh.
  • Eva Huang sebagai Fong, perempuan kesukaan Sing yang bisu. Di masa kecilnya, ia pernah diselamatkan oleh Sing dari segerombol berandalan yang memukuli dan mengencinginya. Sejak itu, ia memandang Sing sebagai seorang pahlawan.
  • Tin Kai-man sebagai penasihat Kakak Sum sekaligus bendahara geng kapak. Ia adalah orang yang pintar tapi akalnya kurang sehat, terlihat saat ia menuangkan arak di rambut Kakak Sum yang terbakar.
  • Gar Hong-hay dan Fung Hak-on sebagai duo pemain kecapi, dua orang yang dibayar oleh geng kapak untuk menghabisi Kuli, Donat, dan si tukang jahit. Mereka bertarug menggunakan kecapi Cina yang disebut guqin.
  • Lam Suet dan Liang Hsiao sebagai dua petinggi geng kapak.
  • Yuen Cheung-yan sebagai si pengemis, seorang tunawisma gila yang menawarkan buku panduan jurus Tapak Buddha seharga 10 dolar yang nilainya hanya 20 sen kala itu. Ia terlihat lagi menawarkan buku panduan jurus Tapak Buddha, bersama dengan lima buku panduan jurus lainnya.
  • Feng Xiaogang sebagai ketua Geng Buaya yang dibunuh di permulaan film.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sketsa awal Rumah Susun Kandang Babi

Kung Fu Hustle adalah sebuah kerjasama produksi Beijing Film Studio dan Star Overseas dari Hong Kong.[2] Setelah kesuksesan film 2001-nya, Shaolin Soccer, Chow dipilih pada 2002 oleh Columbia Pictures Film Production Asia, ditawarkan untuk berkolaborasi dengannya pada sebuah proyek. Chow menerima tawaran tersebut, dan proyek tersebut kemudian menjadi Kung Fu Hustle.[3] Kung Fu Hustle diproduksi dengan biaya sejumlah US$20 juta.[4]

Pemfilman[sunting | sunting sumber]

Konstruksi CGI dari Tapak Buddha

Pemfilman dilakukan di Shanghai dari Juni 2003 sampai November 2003.[5] Dua per tiga waktunya dijalankan untuk mengambil adegan-adegan bertarung.[6] Adegan-adegan tersebut awalnya dikoreografikan oleh Sammo Hung, yang keluar setelah dua bulan karena sakit, tak tahan dengan kondisi luar ruangan, berminat dengan proyek lainnya dan berbeda pendapat dengan kru produksi.[7] Hung digantikan oleh Yuen Woo-ping, seorang koreografer aksi yang berpengalaman dalam sinema aksi Hong Kong dari 1960an sampai film-film paling terkini seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon dan The Matrix. Yuen menerima tawaran tersebut.[3] Yuen menangani gaya-gaya bertarung wuxia seperti Melodi Mematikan dan Tapak Buddha.[8] Ia dipilih karena, di samping komedi alami dari film tersebut, proses pengambilan gambar merupakan sebuah materi yang serius karena jadwal yang padat.[9]

Rujukan kepada karya lainnya[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle membuat beberapa rujukan kepada film-film, kartun-kartun animasi, novel-novel wuxia dan sumber-sumber lainnya. Sing dan Bone mengingatkan pada George Milton dan Lennie Small dari film 1992 Of Mice and Men.[10] Tampil Rumah Susun Kandang Babi mirip dengan sebuah bangunan yang ditampilkan dalam film Hong Kong 1973, The House of 72 Tenants. Terdapat dua rujukan kepada film Chow sebelumnya, Shaolin Soccer. Ketika Sing datang ke Rumah Susun Kandang Babi, ia bermain terampil dengan sebuah bola sepak, kemudian berkata, "Kau masih dapat bermain sepak bola?". Rujukan keduanya adalah adegan dimana seorang pegawai mengalahkan Sing di sebuah bus. Pegawai tersebut juga muncul dalam Shaolin Soccer sebagai ketua dari sebuah tim lawan yang menggunakan senjata-senjata tersembunyi untuk mengalahkan tim sepak bola Shaolin. Ketika Sing bertanding dengan seorang bocah di Rumah Susun Kandang Babi, Sing menyebutnya "Bocah Karate", sebuah rujukan kepada film 1984 dengan nama yang sama. Pada saat perbincangan Sing dan penata rambutnya, penata rambut tersebut berkata, "Jika kau membunuhku, akan ada ribuan orang yang melebihiku!". Perkataan tersebut merupakan sebuah rujukan kepada sebuah kutipan terkenal yang dibuat oleh Lu Haodong, seorang revolusioner Tiongkok pada akhir dinasti Qing.[11] Sebuah adegan dimana Sing dikejar oleh Ibu Juragan ketika ia kabar dari Rumah Susun tersebut merupakan sebuah rujukan kepada Wile E. Coyote dan Road Runner, dua karakter dalam kartun Looney Tunes. Dalam sebuah adegan dimana Sing merampok gerai es krim, sebuah poster untuk film 1935 Top Hat berada di latar belakangnya. Ketika Sing datang ke sebuah pintu menuju sel Beast di sebuah tempat penyembuhan mental, ia berhalusinasi akan arus besar darah yang datang dari pintu sel, mirip dengan sebuah adegan dalam The Shining.[12] Ibu Juragan berkata pada satu adegan, "Kemarin adalah hari lain," yang merupakan sebuah kalimat dari novel 1936 Gone with the Wind dan adaptasi film 1939nya.

Unsur utama dari alurnya berdasarkan pada serial film wuxia Palm of Ru Lai (如來神掌), yang dirilis pada 1964.[13] Sing belajar jurus bertarung yang digunakan dalam Tapak Ru Lai ("jurus Tapak Buddha"), dari usia muda dan menggunakannya pada akhir Kung Fu Hustle. Pada kenyataannya, guru bertarung Tapak Buddha tidak meninggalkan kawah berbentuk tapak dan lubang pada dampaknya. Sebagai gantinya, pemakai mengirimkan pukulan kuat menggunakan tapaknya. Nama Beast dalam bahasa Tionghoa, Huoyun Xieshen (火雲邪神; Dewa Kejahatan dari Awan Berapi), dan pertarungan dengan Ibu Juragan dan suaminya juga merujuk kepada Tapak Ru Lai, dimana seorang master yang terluka parah menyerang susunan teknik akhir seninya dalam sebuah lonceng sehingga muridnya dapat mempelajarinya.[14] Kung Fu Hustle juga berisi rujukan langsung kepada karakter-karakter dari novel-novel wuxia karya Louis Cha. Contohnya, ibu jurangan dan bapak jurangan menyebut diri mereka sendiri sebagai Yang Guo dan Xiaolongnü, dua nama dari karakter dalam The Return of the Condor Heroes karya Cha, ketika mereka bertemu Beast.[15]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto 2004.[16] Film tersebut kemudian tayang perdana di sepanjang Asia Timur yang meliputi China, Hong Kong dan Malaysia pada Desember 2004.[17] Film tersebut pertama kali ditayangkan di AS di Festival Film Sundance pada Januari 2005,[18] dan kemudian dibuka dalam perilisan umum pada 22 April 2005 setelah ditampilkan di Los Angeles dan New York selama dua pekan.[19]

DVD Amerika Utara dirilis pada 8 Agustus 2005.[20] Versi Blu-ray dari DVD tersebut dirilis pada 12 Desember 2006 oleh Sony Pictures. Sebuah versi UMD dari film tersebut dirilis untuk PlayStation Portable.[21] DVD yang dirilis di Amerika Serikat disensor dan sejumlah adegan yang menampilkan darah dan kotoran manusia disensor, sebuah perilisan berikutnya menghilangkan penyuntingan tersebut.[22][23]

Di Britania Raya, DVD standar-nya dirilis pada 24 Oktober 2005. Pada hari yang sama, sebuah edisi khusus dirilis dengan barang-barang koleksi yang meliputi kartu-kartu permainan, gantungan kunci, bando dan kapak mainan.[24][25] Pada 8 April 2007, Sony Pictures Home Entertainment merilis sebuah versi Blu-ray.[26]

Judul Portugis dari film tersebut Kungfusão, yang merupakan percampuran dari kata Kung Fu dan Confusão (kebingungan).[27] Seperti halnya Kungfusão, judul Italia dan Spanyol-nya adalah Kung-fusion dan Kung-fusión, yang merujuk kepada kata "confusion" (kebingungan).[28][29] Di Perancis, film tersebut dikenal sebagai Crazy Kung Fu, dan judul Hongaria-nya adalah A Pofonok Földje, yang artinya Tanah Pukulan.[30][31]

Di Korea, sebuah DVD Edisi Kolektor Terbatas dirilis yang meliputi sebuah dompet kulit, Foto Tapak Stephen Chow dengan tanda tangannya, sebuah album foto dan Buklet Kung Fu Khusus dengan sebuah Sertifikat otentisitas.[32]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mape, Marty. "Review of Kung Fu Hustle". Movie Habit. Diakses tanggal 13 Mei 2007. 
  2. ^ Szeto, Kin-Yan. "The politics of historiography in Stephen Chow's Kung Fu Hustle". Jump Cut. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 September 2007. Diakses tanggal 2007-05-05. 
  3. ^ a b "Kung Fu Hustle Production Notes". sensasain.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2005. Diakses tanggal 7 Oktober 2012. 
  4. ^ "Kung Fu Hustle general information". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  5. ^ Zu, Blackcat (31 December 2004). "An Interview with the Production Team (Centro Digital Pictures Ltd.)" (dalam Tionghoa). CGVisual. p. 1. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama interview
  7. ^ Zhu, Rongbin (20 Agustus 2003). "洪金寶走人袁和平救場 《功夫》緊急走馬換將 (Sammo Hung quits and is replaced by Yuen Woo-Ping)" (dalam Chinese). Eastern News. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  8. ^ Zhang, Wenbo (27 December 2004). 绝世功夫之技术篇--想像力的最高境界 (dalam Chinese). The Beijing News. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  10. ^ Kung Fu Hustle "Movie Classic – Kung Fu Hustle (2004)". stuff.tv. Diakses tanggal 13 March 2013. 
  11. ^ "從金剛腿到如來神掌—論《功夫》(From the Steel Leg to Ru Lai Shen Zhang, Kung Fu Hustle)" (dalam Chinese). Department of Chinese Literature, Sun-Yat-Sen university. 21 April 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Mei 2007. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  12. ^ Glaze, Violet (20 April 2005). "Review: Kung Fu Hustle". Citypaper Film. Diakses tanggal 2007-07-10. 
  13. ^ Kung Fu Hustle "Navigating Netflix: Kung Fu Hustle". pectatortribune.com. Diakses tanggal 13 Maret 2013. 
  14. ^ "Plot summary of Ru Lai Shen Zhang" (dalam Chinese). Pearlcity. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  15. ^ "神鵰俠侶‧人物介紹 (Character introduction of The Return of the Condor Heroes)" (dalam Chinese). TVB. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  16. ^ "Kung Fu Hustle Premieres in Toronto". China Internet Information Center. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  17. ^ Kay, Jeremy (27 December 2004). "Kung Fu Hustle Smashes Asian Records Through SPRI". Screen International. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  18. ^ Booth, William (21 April 2005). "A Way With the Punch Line". The Washington Post. 
  19. ^ Kehr, Dave (3 April 2005). "Excuse Me While I Kiss the Buddha in the Sky". The New York Times. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rotten_Tomatoes
  21. ^ "Kung Fu Hustle (2004) - Releases". Allmovie. Rovi Corporation. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  22. ^ "Comparison of the cut US cinema version (R-rated) and the uncut Hong kong version". movie-censorship.com. Diakses tanggal 8 July 2013. 
  23. ^ "Kung Fu Hustle Region One Cuts (US - )". dvdactive.com. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  24. ^ "Kung Fu Hustle DVD 2005". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 July 2013. 
  25. ^ "Kung Fu Hustle DVD Special Edition". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  26. ^ "Kung Fu Hustle Blu-ray 2007". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  27. ^ "Filme – Kung-fusão (Kung Fu Hustle)" (dalam Portuguese). CinePop. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  28. ^ "Official site of Kung-fusion". Sony Pictures Releasing International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Mei 2006. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  29. ^ "Spanish review of Kung-fusión" (dalam Spanish). Fotograma. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  30. ^ "Crazy kung-fu" (dalam French). Allocine. 8 June 2005. Diakses tanggal 2007-05-14. 
  31. ^ Viktor, Szekeres (9 July 2005). "A pofonok földje – Stephen Chow megmutatja" (dalam Hungarian). SG.hu. Diakses tanggal 2007-05-14. 
  32. ^ "Kung Fu Hustle Limited Edition (Korean Version) DVD Region 3". yesasia.com. Diakses tanggal 6 July 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]