Kung Fu Hustle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kung Fu Hustle
KungFuHustleHKposter.jpg
Sutradara Stephen Chow
Produser Stephen Chow
Chu Po-Chui
Jeffrey Lau
Penulis Stephen Chow
Tsang Kan-Cheong
Xin Huo
Chan Man-Keung
Pemeran Stephen Chow
Yuen Wah
Yuen Qiu
Danny Chan Kwok Kwan
Bruce Leung
Musik Raymond Wong
Sinematografi Poon Hang-Sang
Penyunting Angie Lam
Distributor Hong Kong:
Columbia Pictures Film Production Asia
Amerika Serikat:
Sony Pictures Entertainment
Sony Pictures Classics
Tanggal rilis
Bendera Kanada 14 September 2004
Bendera Republik Rakyat Tiongkok 23 Desember 2004
Bendera Amerika Serikat 23 Januari 2005
Bendera Britania Raya 24 Juni 2005
Durasi
98 menit[1]
Negara Republik Rakyat Tiongkok[2]
Hong Kong
Bahasa Kanton[1]
Anggaran $20 juta[3]
Pendapatan kotor $102 juta[3]

Kung Fu Hustle (Tionghoa: 功夫; Pinyin: Gōngfu) adalah sebuah film komedi aksi seni bela diri Hong Kong-Tiongkok 2004 yang disutradarai, diproduksi dan ditulis oleh Stephen Chow, yang juga membintangi peran utama. Produser lainnya adalah Chui Po-chu dan Jeffrey Lau, dan permainan latarnya ditulis bersama dengan Huo Xin, Chan Man-keung, dan Tsang Kan-cheung. Yuen Wah, Yuen Qiu, Danny Chan Kwok-kwan, dan Bruce Leung Siu-lung membintangi peran utama.

Film tersebut berjenis film komedi yang dipadukan dengan film aksi dengan efek khusus yang sesuai dengan perkembangan teknologi animasi yang berkembang saat ini. Shanghai pada tahun 1930-an adalah alur dan latar dari cerita dalam film ini. Kung Fu Hustle mengisahkan tentang seorang pengangguran yang bernama Chow yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak.[4]

Setelah kesuksesan komersial Shaolin Soccer, perusahaan produksinya, Star Overseas, mulai mengembangkan Kung Fu Hustle dengan Columbia Pictures Asia pada 2002. Film tersebut menampilkan sejumlah pensiunan aktor terkenal pada sinema aksi Hong Kong 1970an, bersanding dengan film-film seni bela diri berpengaruh dan semasanya seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon dan Hero. Gaya kartun pada film tersebut, yang diiringi dengan musik Tionghoa tradisional, sering dianggap sebagai fitur paling menonjol.

Film tersebut dirilis pada 23 Desember 2004 di Tiongkok dan pada 25 Januari 2005 di Amerika Serikat. Film tersebut meraih rating 90% di Rotten Tomatoes dan 78 dari 100 di Metacritic. Film tersebut meraih keuntungan sejumlah US$17 juta di Amerika Utara dan US$84 juta di wilayah lainnya. Kung Fu Hustle adalah film dengan keuntungan tertinggi dalam sejarah Hong Kong sampai pencapaian tersebut dipegang oleh You Are the Apple of My Eye pada 2011.

Film tersebut merupakan film berbahasa asing dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa di Amerika Serikat, serta film berbahasa asing dengan keuntungan tertinggi di negara tersebut pada 2005. Kung Fu Hustle memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk enam Penghargaan Film Hong Kong dan lima Penghargaan Golden Horse.

Film tersebut dirilis ulang dalam format 3D pada Oktober 2014 di seluruh Asia dan Amerika, menandai peringatan kesepuluh film tersebut.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada waktu itu kekacauan melanda kota Shanghai. Banyak geng berkuasa dan salah satunya adalah geng Kapak merah yang sangat ditakuti, yang diketuai oleh Kakak Sum. Tanpa adanya penegak hukum, polisi pun takut pada geng, rakyat hanya bisa hidup damai di kampung orang miskin, contohnya adalah Rumah Susun Kandang Babi yang dihuni rakyat dari berbagai latar belakang, dimiliki seorang juragan yang bejat dan istrinya yang bersifat sok berkuasa. Satu hari, dua orang pembuat masalah, Xing dan Bone, datang ke rusun meniru anggota Geng kapak untuk 'memeras' orang - orang. Parahnya, mereka gagal, dan ulah Xing melempar kembang api malah mendatangkan Geng Kapak yang sebenarnya. Akibat ulah Xing dan Bone pemukiman babi pun diserbu oleh geng Kapak Merah. Akhirnya geng Kapak dikalahkan oleh tiga orang gila, yaitu Kuli si ahli jurus Tendangan 12 Penjuru, Si Penjahit, ahli jurus Tangan Besi, dan Tukang Mie si ahli jurus Tongkat Enam Penjuru.

Sing dan Bone ditangkap oleh Kakak Sum karena membuat masalah dan mempermalukan Geng kapak di mata umum. Mereka lolos dari kematian ketika Sing mengutili gemboknya dengan cepat ketika mereka digantung. Sing meminta Sum untuk menjadikannya dan Bone anggota geng kapak. Kagum dengan keahlian mengutil kunci Sing, Sum lalu mengatakan kalau Sing berhasil membunuh 1 orang, ia akan diangkat menjadi anggota geng kapak. Esoknya, mereka kembali ke Rusun Kandang Babi untuk membunuh si Ibu Juragan, tetapi gagal total karena suatu tindakan yang bodoh. Mereka berpencar dan lolos dari amarah si Ibu Juragan. Sing cedera parah dan bersembunyi di atas mimbar lampu lalu lintas, dimana cederanya terobati. Selama pemulihan, tanpa sadar Sing menonjoki sisi besi dari mimbarnya, meninggalkan bekas yang dalam untuk tangannya. Setelah pulih, Sing bertemu Bone kembali, tetapi tak bisa menjelaskan perasaan anehnya Sing.

Sing dan Bone meratapi kegagalannya di jalanan, dan Sing curhat soal masa kecilnya. Dia menghabiskan uang tabungannya yang sangat sedikit untuk membeli buku panduan jurus "Tapak Buddha" dari seorang pengemis dengan tujuan "menjaga kedamaian dunia". Ia berlatih secara otodidak, tetapi ketika ia harus membela seorang gadis bisu yang sedang dikerumuni oleh pengganggu yang berusaha mencuri lolipopnya, ia dikalahkan, bahkan dikencingi. Sing menyimpulkan kalau orang baik tak pernah menang, dan memutuskan untuk menjadi seorang kriminal. Setelah curhat, mereka mencuri es krim dari seorang pedagang jalanan, tertawa secara gila saat mereka kabur pakai trem.

Marah karena kekalahan geng kapaknya, Kakak Sum menyewa sepasang pemain kecapi, yang merupakan pembunuh profesional yang memakai kecapi yang ada sihirnya. Mereka menyerang rusun di malam hari ketika Coolie, Penjahit, dan Donat bersiap berangkat karena bertempur dengan geng kapak. Trio itu kewalahan dan menggerakkan hati Tuan dan Ibu Juragan, yang ternyata ahli kungfu dengan keahlian yang lebih tinggi: jurus Auman Singa. Meskipun geng kapak dan para pembunuh kabur, tetapi trio itu menderita cedera fatal: Coolie menjadi cacat, si Penjahit mati karena luka tusuk, dan Donat mati karena trauma. Tuan dan Ibu Juragan pun mengevakuasi apartemen untuk keamanan penghuninya.

Tanpa kemajuan berarti, Sing menjambret si pedagang es krim, hanya untuk menyadari kalau si pedagang es krim itu adalah gadis bisu yang merupakan teman masa kecilnya. Si gadis bisu menawarkan permen yang dulu pernah ia coba berikan sebagai tanda terima kasih, tetapi Sing menolaknya, bahkan dilempar ke tembok dan kabur. Setelah dia dan Bone berpisah, Sing dijemput Geng kapak. Sum menyuruh Sing untuk pergi ke rumah sakit jiwa untuk membebaskan Beast, yang konon katanya adalah pembunuh top dunia. Sing membebaskan Beast dan membawanya ke kantor Sum. Si "pembunuh top dunia" membuat bingung orang-orang karena sikapnya yang sembarangan dan penampilannya yang acak-acakan - tetapi setelah Beast membuktikan dirinya dengan menghentikan peluru yang ditembakkan ke arahnya, para gengster langsung menunduk hormat. Beast pergi dan menghadapi Bapak dan Ibu Juragan di rumah judi, yang menunggu untuk membunuh Sum dan orang-orangnya. Bapak dan Ibu Juragan berkelahi dengan Beast, sambil menghancurkan rumah judi, sampai mereka bertiga berhenti karena terkunci. Sing langsung masuk, dan dengan mengabaikan perintah Sum untuk membunuh Bapak dan Ibu Juragan, malah memukul Beast dengan kaki meja. Karena marah, Beast membebaskan diri dan meninju Sing. Sebelum bisa memberikan sebuah pukulan maut, Bapak dan Ibu Juragan mengambil tubuh Sing yang sedang tak sadarkan diri dan membawanya kabur. Sum dengan kesal menyalahkan Beast karena membiarkan Bapak dan Ibu Juragan serta Sing lolos, dan Beast malah membunuh Sum sebagai balasannya.

Di rumah susun Kandang Babi, Sing, saat sedang diperban dari kepala sampai kaki dan diobati dengan pengobatan Cina, mengalami metamorfosis. Ia pulih dengan cepat karena aliran chi-nya, dan potensi laten "ahli kung-fu" yang ia miliki, langsung terwujud karena telah mengalahkan Beast. Ia dengan mudah mengalahkan geng kapak sebelum menghadapi Beast. Sebuah perkelahian terjadi, dimana Beast menggunakan jurus kung fu katak untuk menerbangkan Sing. Lagi-lagi, karena jurusnya Beast, aliran chi Sing bertambah sehingga ia tambah kuat. Setelah ia kembali ke bumi, ia melakukan jurus Tapak Buddha yang membuat Beast kalah dan meninggalkan bekas telapak tangan yang besar di tanah. Setelah sebuah usaha yang sia-sia untuk mengalahkan Sing, Beast mengakui kalau Sing adalah petarung yang lebih baik. Beberapa lama kemudian, Sing dan Bone membuka toko permen. Saat tukang es krim yang bisu lewat, Sing keluar menemuinya, berubah menjadi anak kecil dan rujuk. Saat mereka kembali ke toko, seorang anak kecil yang berjalan keluar toko permen bertubrukan dengan seorang pengemis yang pernah menawarkan Sing buku tentang Tapak Buddha. Awalnya, si bocah berjalan begitu saja, tetapi si pengemis menawarkan dia beberapa buku bela diri yang lain. Si bocah menatapnya dengan rasa tertarik.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Stephen Chow sebagai Sing, seorang pecundang yang berminat menjadi anggota geng kapak. Ia berbuat jahat untuk mempertegas citra "orang jahat" tetapi perbuatannya gagal semua.
  • Yuen Qiu sebagai Ibu Juragan. Seseorang yang egois dan sok berkuasa (padahal sebenarnya berkepribadian lembut dan baik hati), ia adalah seorang perokok berat bersuara nyaring sebagai efek samping dari jurus Auman Singa yang mampu memecahkan kaca, merobek acian tembok, dan membuat orang terbang seperti boneka. Dalam suatu adegan dimana ia kejar-kejaran dengan Sing, kecepatan larinya luar biasa cepat.
  • Yuen Wah sebagai Bapak Juragan, yang bejat dan tukang cari masalah. Di sisi lain, ia akrab sekali dengan penghuni rumah susun, kadangkala mendapat berbagai hadiah dari penghuninya seperti bubur dan kue gratis dari Donat, meskipun ini adalah percobaannya untuk menurunkan sewa.
  • Danny Chan sebagai Kakak Sum, ketua geng kapak. Sum adalah orang yang paling kejam di antara anggota geng kapak, tetapi di sisi lain, ia adalah orang yang pemalas. Usut punya usut, Sum ternyata adalah orang yang cukup lemah setelah kepalanya ditabok Sing, menyebabkan kepalanya berdarah dan ia sendiri menangis. Sum dibunuh oleh Beast setelah wajahnya ditabok begitu keras sehingga kepala Sum bisa berputar (minimal) 520 derajat.
  • Bruce Leung sebagai Beast, seorang jagoan kung fu, kabarnya adalah orang paling berbahaya yang pernah ada, tetapi keahliannya disamarkan dengan penampilannya yang sembarangan. Karena telah membunuh banyak orang, ia dimasukkan ke rumah sakit jiwa, sampai Sing membebaskannya. Di akhir film, ia menggunakan jurus katak.
  • Xing Yu sebagai Kuli, seorang kuli panggul yang ahli jurus Tendangan 12 Penjuru. Ia tidak pakai senjata dalam bertarung dan adalah lawan kata dari si tukang jahit, memiliki kekuatan badan bagian bawah yang luar biasa.
  • Chiu Chi-ling sebagai Peri, tukang jahit banci yang ahli jurus Tinju Besi, bertarung dengan cincin besi di lengannya.
  • Dong Zhihua sebagai Donat, seorang tukang roti di Rusun Kandang Babi yang merupakan ahli kung fu yang telah pensiun. Jurus andalannya adalah jurus Tongkat Delapan Penjuru. Ia memiliki kelincahan yang luar biasa, bisa menangkis tendangan dari si kuli yang bisa membuat sendi bergeser.
  • Lam Chi-chung sebagai Bone, kawan setia Sing yang gendut, pemalas dan bodoh.
  • Eva Huang sebagai Fong, perempuan kesukaan Sing yang bisu. Di masa kecilnya, ia pernah diselamatkan oleh Sing dari segerombol berandalan yang memukuli dan mengencinginya. Sejak itu, ia memandang Sing sebagai seorang pahlawan.
  • Tin Kai-man sebagai penasihat Kakak Sum sekaligus bendahara geng kapak. Ia adalah orang yang pintar tetapi akalnya kurang sehat, terlihat saat ia menuangkan arak di rambut Kakak Sum yang terbakar.
  • Gar Hong-hay dan Fung Hak-on sebagai duo pemain kecapi, dua orang yang dibayar oleh geng kapak untuk menghabisi Kuli, Donat, dan si tukang jahit. Mereka bertarug menggunakan kecapi Cina yang disebut guqin.
  • Lam Suet dan Liang Hsiao sebagai dua petinggi geng kapak.
  • Yuen Cheung-yan sebagai si pengemis, seorang tunawisma gila yang menawarkan buku panduan jurus Tapak Buddha seharga 10 dolar yang nilainya hanya 20 sen kala itu. Ia terlihat lagi menawarkan buku panduan jurus Tapak Buddha, bersama dengan lima buku panduan jurus lainnya.
  • Feng Xiaogang sebagai ketua Geng Buaya yang dibunuh di permulaan film.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sketsa awal Rumah Susun Kandang Babi

Kung Fu Hustle adalah sebuah kerjasama produksi Beijing Film Studio dan Star Overseas dari Hong Kong.[5] Setelah kesuksesan film 2001-nya, Shaolin Soccer, Chow dipilih pada 2002 oleh Columbia Pictures Film Production Asia, ditawarkan untuk berkolaborasi dengannya pada sebuah proyek. Chow menerima tawaran tersebut, dan proyek tersebut kemudian menjadi Kung Fu Hustle.[6] Kung Fu Hustle diproduksi dengan biaya sejumlah US$20 juta.[7]

Chow terinspirasi untuk membuat film tersebut oleh film-film seni bela diri yang ia tonton pada masa kecil dan ambisi masa kecilnya untuk menjadi artis bela diri.[8] Seorang eksekutif Hollywood senior berkata bahwa Chow "terpaksa berkarya melalui empat naskah suksesif" dan "menyadari bahwa kegiatan tersebut sangat melelahkan".[9]

Prioritas pertama Chow adalah merancang lokasi utama dari film tersebut, "Rumah Susun Kandang Babi". Kemudian dalam sebuah wawancara, Chow berkata bahwa ia telah membuat lokasi dari masa kecilnya, berdasarkan rancangan pada kompleks-kompleks apartemen ramai di Hong Kong dimana ia tinggal.[10][11] Film Shaw Brothers Studio 1973, The House of 72 Tenants, adalah inspirasi lainnya untuk Rumah Susun Kandang Babi.[12] Perancangan Rumah Susun tersebut dimulai pada Januari 2003 dan membutuhkan empat bulan untuk menyelesaikannya. Beberapa properti dan perabotan di apartemen tersebut adalah barang-barang antik dari seluruh belahan China.[13]

Pemeranan[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle menampilkan beberapa aktor sinema aksi Hong Kong tersohor dari era 1970an. Yuen Wah, seorang mantan murid dari Sekolah Opera Peking Akademi Drama Tiongkok yang tampil dalam lebih dari seratus film Hong Kong dan merupakan seorang pemeran pengganti untuk Bruce Lee, memerankan Bapak Juragan Rumah Susun Kandang Babi. Wah menganggap perannya dalam Kung Fu Hustle merupakan puncak kariernya. Di samping kesuksesan kariernya, ia khawatir karena orang-orang jaman sekarang jarang mempraktikan seni bela diri.[14]

Audisi untuk peran Ibu Juragan dimulai pada Maret 2003. Yuen Qiu, yang justru tidak mengikuti audisi, dipilih saat tim adegan menghisap rokok oleh temannya dengan ekspresi sarkastik di wajahnya, yang membuatnya memenangkan bagian tersebut.[15] Qiu, seorang murid dari Yu Jim-yuen, sifu Akademi Drama Tiongkok, telah tampil dalam film James Bond 1974 The Man with the Golden Gun pada usia 18 tahun.[16] Setelah sejumlah peran kecil lainnya, ia pensiun dari perfilman pada 1980an. Kung Fu Hustle adalah peran pertamanya dalam sembilan belas tahun. Qiu, dalam rangka memenuhi permintaan Chow untuk perannya, menambah berat badannya demi eran tersebut dengan memakan makanan ringan pada tengah malam setiap hari.[16]

Bruce Leung, yang memerankan Beast, adalah pahlawan seni bela diri masa kecil Stephen Chow.[11] Leung Siu Lung adalah seorang aktor dan sutradara aksi terkenal pada 1970an dan 1980an, yang dikenal sebagai "Naga Ketiga" setelah Bruce Lee dan Jackie Chan. Setelah menjadi tak populer dalam pasar film Taiwan pada akhir 1980an setelah sebuah kunjungan ke China, ia beralih ke karier bisnis. Kung Fu Hustle adalah kembalinya ia ke industri film setelah cuti selama lima belas tahun. Ia menganggap Chow sebagai seorang sutradara yang fleksibel dengan standar yang tinggi, dan sebagian besar dikagumi oleh adegan pertama yang melibatkan Beast, yang melakukan pengambilan gambar ulang sebanyak 28 kali.[17]

Selain artis-artis seni bela diri terkenal, Kung Fu Hustle yang menampilkan legenda-legenda sinema China. Dua sutradara Tiognkok terkenal muncul dalam film tersebut: Zhang Yibai, yang memerankan Inspektur Chan pada permulaan film tersebut, dan Feng Xiaogang, yang memerankan bos Geng Buaya.[18]

Dalam pencarian peran kekasih Sing yang bernama Fong, Chow menyatakan bahwa ia menginginkan seorang gadis yang nampak polos untuk peran tersebut. Aktris televisi Eva Huang, dalam debut filmnya, dipilih dari lebih dari 8,000 gadis. Ketika ditanya tentang keputusannya dalam memilihnya, Chow berkata bahwa ia "memiliki sebuah perasaan tentangnya" dan berkata bahwa ia suka berkarya dengan aktor-aktor baru. Ia dipilih untuk tidak berdialog dalam film tersebut sehingga ia hanya melakukan gerak tubuh.[15][19]

Pemfilman[sunting | sunting sumber]

Konstruksi CGI dari Tapak Buddha

Pemfilman dilakukan di Shanghai dari Juni 2003 sampai November 2003.[20] Dua per tiga waktunya dijalankan untuk mengambil adegan-adegan bertarung.[8] Adegan-adegan tersebut awalnya dikoreografikan oleh Sammo Hung, yang keluar setelah dua bulan karena sakit, tak tahan dengan kondisi luar ruangan, berminat dengan proyek lainnya dan berbeda pendapat dengan kru produksi.[21] Hung digantikan oleh Yuen Woo-ping, seorang koreografer aksi yang berpengalaman dalam sinema aksi Hong Kong dari 1960an sampai film-film paling terkini seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon dan The Matrix. Yuen menerima tawaran tersebut.[6] Yuen menangani gaya-gaya bertarung wuxia seperti Melodi Mematikan dan Tapak Buddha.[22] Ia dipilih karena, di samping komedi alami dari film tersebut, proses pengambilan gambar merupakan sebuah materi yang serius karena jadwal yang padat.[14]

Sebagian besar efek khusus dalam film tersebut, yang dibuat oleh perusahaan grafis komputer Hong Kong Centro Digital Pictures Limited, yang sebelumnya berkarya pada film-film seperti Shaolin Soccer dan Kill Bill, memasukkan sebuah kombinasi pencitraan hasil komputer dan karya kawat. Centro Digital mengadakan tes-tes khusus terhadap adegan-adegan CGI sebelum pemfilman dimulai, dan melakukan pengambilan gambar dasar yang mulai dilakukan setelahnya. Kru CGI menyunting efek-efek kawat dan memberikan efek-efek khusus dalam resolusi tinggi. Seni-seni bela diri legendaris yang disebut dalam dalam novel-novel wuxia digambarkan dan diolah melalui CGI, namun orang-orang sungguhan digunakan untuk pertarungan terakhir antara karakter Chow dan ratusan gangster bersenjatakan kapak.[5] Setelah pemberian warna akhir, data dari adegan-adegan yang diproses dikirim ke AS untuk produksi versi akhir. Kelompok yang terdiri dari enam orang menjadi kru produksi pada seluruh pengambilan gambarnya.[20]

Musik[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar lagu asli pada film tersebut dikomposisikan oleh Raymond Wong dan ditampilkan oleh Ortkestra Tionghoa Hong Kong.[23] Lagu-lagu tersebut menirukan musik Tionghoa tradisional yang digunakan dalam film-film permainan pedang 1940an.[24] Salah satu karya Wong, Nothing Ventured, Nothing Gained, menyediakan lirik yang senada dengan karakter-karakter jahat Geng Kapal dan kawasan damai Rumah Susun Kandang Babi, yang digambarkan oleh sebuah lagu foklor Tionghoa, Fisherman's Song of the East China Sea.[18] Bersama dengan komposisi Wong dan berbagai lagu Tionghoa tradisional, komposisi-komposisi klasik ditampilkan dalam lagu-lagu tersebut, yang meliputi unsur-unsur dari Zigeunerweisen karya Pablo de Sarasate dan Sabre Dance karya Aram Khachaturian.[25] Sebuah lagu, Zhiyao Weini Huo Yitian (只要為你活一天; Hanya Ingin Hidup Sehari Untukmu), dinyanyikan dalam sebuah latar belakang oleh Eva Huang pada akhir film. Ditulis oleh Liu Chia-chang (劉家昌) pada 1970an, lagu tersebut mengisahkan tentang kenangan-kenangan seorang gadis akan orang yang dikasihinya, dan keinginannya untuk hidup dengannya lagi.[26] Kung Fu Hustle dinominasikan untuk Lagu Film Asli di Penghargaan Film Hong Kong ke-24.[27]

Versi Asia dan Amerika dari soundtrack-nya dirilis. Versi Asia dari soundtrack-nya dirilis pada 17 Desember 2004 oleh Sony Music Entertainment dan memiliki 33 track.[28] Versi Amerika dari soundtrack-nya dirilis pada 29 Maret 2005 oleh Varèse Sarabande dan memiliki 19 track namun 14 track yang tidak dirilis pada versi Asia.[29]

Soundtrack untuk trailer-nya diurus di Epiphany Music and Recording, Inc. di Santa Rosa, California.

Rujukan kepada karya lainnya[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle membuat beberapa rujukan kepada film-film, kartun-kartun animasi, novel-novel wuxia dan sumber-sumber lainnya. Sing dan Bone mengingatkan pada George Milton dan Lennie Small dari film 1992 Of Mice and Men.[30] Tampil Rumah Susun Kandang Babi mirip dengan sebuah bangunan yang ditampilkan dalam film Hong Kong 1973, The House of 72 Tenants. Terdapat dua rujukan kepada film Chow sebelumnya, Shaolin Soccer. Ketika Sing datang ke Rumah Susun Kandang Babi, ia bermain terampil dengan sebuah bola sepak, kemudian berkata, "Kau masih dapat bermain sepak bola?". Rujukan keduanya adalah adegan dimana seorang pegawai mengalahkan Sing di sebuah bus. Pegawai tersebut juga muncul dalam Shaolin Soccer sebagai ketua dari sebuah tim lawan yang menggunakan senjata-senjata tersembunyi untuk mengalahkan tim sepak bola Shaolin. Ketika Sing bertanding dengan seorang bocah di Rumah Susun Kandang Babi, Sing menyebutnya "Bocah Karate", sebuah rujukan kepada film 1984 dengan nama yang sama. Pada saat perbincangan Sing dan penata rambutnya, penata rambut tersebut berkata, "Jika kau membunuhku, akan ada ribuan orang yang melebihiku!". Perkataan tersebut merupakan sebuah rujukan kepada sebuah kutipan terkenal yang dibuat oleh Lu Haodong, seorang revolusioner Tiongkok pada akhir dinasti Qing.[31] Sebuah adegan dimana Sing dikejar oleh Ibu Juragan ketika ia kabar dari Rumah Susun tersebut merupakan sebuah rujukan kepada Wile E. Coyote dan Road Runner, dua karakter dalam kartun Looney Tunes. Dalam sebuah adegan dimana Sing merampok gerai es krim, sebuah poster untuk film 1935 Top Hat berada di latar belakangnya. Ketika Sing datang ke sebuah pintu menuju sel Beast di sebuah tempat penyembuhan mental, ia berhalusinasi akan arus besar darah yang datang dari pintu sel, mirip dengan sebuah adegan dalam The Shining.[32] Ibu Juragan berkata pada satu adegan, "Kemarin adalah hari lain," yang merupakan sebuah kalimat dari novel 1936 Gone with the Wind dan adaptasi film 1939nya.

Unsur utama dari alurnya berdasarkan pada serial film wuxia Palm of Ru Lai (如來神掌), yang dirilis pada 1964.[33] Sing belajar jurus bertarung yang digunakan dalam Tapak Ru Lai ("jurus Tapak Buddha"), dari usia muda dan menggunakannya pada akhir Kung Fu Hustle. Pada kenyataannya, guru bertarung Tapak Buddha tidak meninggalkan kawah berbentuk tapak dan lubang pada dampaknya. Sebagai gantinya, pemakai mengirimkan pukulan kuat menggunakan tapaknya. Nama Beast dalam bahasa Tionghoa, Huoyun Xieshen (火雲邪神; Dewa Kejahatan dari Awan Berapi), dan pertarungan dengan Ibu Juragan dan suaminya juga merujuk kepada Tapak Ru Lai, dimana seorang master yang terluka parah menyerang susunan teknik akhir seninya dalam sebuah lonceng sehingga muridnya dapat mempelajarinya.[34] Kung Fu Hustle juga berisi rujukan langsung kepada karakter-karakter dari novel-novel wuxia karya Louis Cha. Contohnya, ibu jurangan dan bapak jurangan menyebut diri mereka sendiri sebagai Yang Guo dan Xiaolongnü, dua nama dari karakter dalam The Return of the Condor Heroes karya Cha, ketika mereka bertemu Beast.[35]

Sebuah pengambilan gambar dari udara dimana Sing bertarung melawan Geng Kapak. Pertarungan tersebut meniru The Matrix Reloaded

Rujukan kepada film-film gangster juga ditampilkan. Bos Geng Kapak, Kakak Sum (琛哥) mengambil nama dari Hon Sam / Hon Sum (韓琛), bos triad yang diperankan oleh Eric Tsang dalam Infernal Affairs.[36] Duo pemain kecapi meniru The Blues Brothers, mengenakan topi dan kacamata yang mirip pada setiap adegan.[37] Ketika mereka dihadang oleh penasehat Geng Kapak, salah satu dari mereka menjawab "Gaya bicara kita memang seperti musisi", mirip dengan sebuah baris buatan Elwood Blues.[38]

Saat Donut menjelang ajal, ia berkata, "Dalam kekuatan besar, terdapat tanggung jawab besar", sebuah rujukan kepada Spider-Man, yang dikatakan oleh Paman Ben sebelum kematiannya.[31] Setelah itu, dengan nafas terakhirnya, Donut bangkit, menyergap Bapak Juragan dengan kemeja dan berkata dalam bahasa Inggris, "Apa yang kau persiapkan?", sebuah kalimat yang diucapkan oleh karakter Sean Connery Jim Malone dalam film 1987 Brian De Palma The Untouchables.[30][39]

Sebuah dialog yang Beast katakan ketika bernegosiasi dengan Geng Kapak untuk membunuh Ibu Juragan dan Bapak Juragan – "...teman muda, Aku akan membuat sebuah penawaran yang tak dapat kau tolak", adalah sebuah rujukan dari sebuah dialog pada film The Godfather.[30] Selain, perkotaan Ibu Juragan kepada Kakak Brother Sum – "Aku bawakan sebuah hadiah yang tak dapat kau tolak" adalah sebuah parodi dari dialog yang sama, yang Sum jawab (dalam versi pengalihan bahasa dari film tersebut), "Ha! Dengan Beast di pihak kami, kita akan saksikan siapa yang mendentangkan loncengnya", sebuah rujukan kepada sebuah film 1943.[40]

Pertarungan terakhir antara Sing (yang terlahir kembali menjadi "sosok" yang meniru Bruce Lee yang mengenakan kostumnya dalam film Enter the Dragon dan menggunakan gaya bertarungnya) dan ratusan gangster meniru pertarungan antara Neo dan ratusan Agen Smith dalam The Matrix Reloaded.[5][31] Sebuah adegan dimana Beast menyuruh seorang anggota kapal untuk memukulnya mirip dengan sebuah adegan dalam Raging Bull, dengan karakter Robert De Niro yang menyuruh karakter Joe Pesci.[30]

Adegan terakhirnya, dimana seorang pengemis berusaha untuk menjual paduan seni bela diri, secara langsung merujuk kepada keterampilan-keterampilan terbesar dalam Trilogi Condor karya Louis Cha (Nine Yang Manual, "Yiyang Finger", dan "Eighteen Dragon Subduing Palms"), "Thousand Hand Divine Fist", dan The Smiling, Proud Wanderer ("Nine Swords of Dugu"). Sebuah adegan dimana ibu juragan berkonfrontasi dengan Kakak Sum di belakang mobilnya adalah sebuah peniruan adegan Bruce Lee dalam Way of the Dragon, dimana ia meretakkan jari-jarinya dan memberikan anggukan cepat kepada bos mafia, menyuruhnya untuk berbalik.[41]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto 2004.[42] Film tersebut kemudian tayang perdana di sepanjang Asia Timur yang meliputi China, Hong Kong dan Malaysia pada Desember 2004.[43] Film tersebut pertama kali ditayangkan di AS di Festival Film Sundance pada Januari 2005,[44] dan kemudian dibuka dalam perilisan umum pada 22 April 2005 setelah ditampilkan di Los Angeles dan New York selama dua pekan.[45]

DVD Amerika Utara dirilis pada 8 Agustus 2005.[46] Versi Blu-ray dari DVD tersebut dirilis pada 12 Desember 2006 oleh Sony Pictures. Sebuah versi UMD dari film tersebut dirilis untuk PlayStation Portable.[47] DVD yang dirilis di Amerika Serikat disensor dan sejumlah adegan yang menampilkan darah dan kotoran manusia disensor, sebuah perilisan berikutnya menghilangkan penyuntingan tersebut.[48][49]

Di Britania Raya, DVD standar-nya dirilis pada 24 Oktober 2005. Pada hari yang sama, sebuah edisi khusus dirilis dengan barang-barang koleksi yang meliputi kartu-kartu permainan, gantungan kunci, bando dan kapak mainan.[50][51] Pada 8 April 2007, Sony Pictures Home Entertainment merilis sebuah versi Blu-ray.[52]

Judul Portugis dari film tersebut Kungfusão, yang merupakan percampuran dari kata Kung Fu dan Confusão (kebingungan).[53] Seperti halnya Kungfusão, judul Italia dan Spanyol-nya adalah Kung-fusion dan Kung-fusión, yang merujuk kepada kata "confusion" (kebingungan).[54][55] Di Perancis, film tersebut dikenal sebagai Crazy Kung Fu, dan judul Hongaria-nya adalah A Pofonok Földje, yang artinya Tanah Pukulan.[56][57]

Di Korea, sebuah DVD Edisi Kolektor Terbatas dirilis yang meliputi sebuah dompet kulit, Foto Tapak Stephen Chow dengan tanda tangannya, sebuah album foto dan Buklet Kung Fu Khusus dengan sebuah Sertifikat otentisitas.[58]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film tersebut meraih 90% rating positif berdasarkan pada 182 ulasan dan rata-rata rating 7.7/10. Konsensus kritikal pada situs tersebut menyatakan bahwa: "Kung Fu Hustle mencampur efek khusus, seni bela diri dan Looney Toons menjadi efek lucu."[46] Pada Metacritic, film tersebut meraih skor 78 dari 100 berdasarkan pada 38 kritikus, yang mengindikasikan "ulasan yang umumnya bagus".[59]

Sutradara Hong Kong dan kritikus film Gabriel Wong memuji film tersebut untuk komedi gelapnya, efek khususnya dan nostalgianya, menyanjing kembalikan beberapa pensiunan aktor kung fu dari 1970an.[60] Deskripsi kritikus film Roger Ebert terhadap film tersebut ("seperti Jackie Chan dan Buster Keaton bertemu Quentin Tarantino dan Bugs Bunny") dicetak pada poster-poster promosi untuk film tersebut di AS.[61][62][63] Kritikus lainnya menyebut film tersebut sebagai versi komedi dari Crouching Tiger, Hidden Dragon.[64] Ulasan-ulasan positif umumnya ditujukan kepada unsur-unsur komedi mo lei tau yang dipersembahkan dalam film tersebut.[65] Sejumlah pengulas memandang film tersebut sebagai sebuah pukulan Looney Tunes yang dibuat komputer.[46][66] Pada sebuah wawancara GQ 2010, aktor Bill Murray menyebut Kung Fu Hustle sebagai "prestasi tertinggi pada zaman modern dalam hal komedi".[67]

Sebagian besar kritikan terhadap film tersebut ditujukan kepada kurangnya pengembangan karakter dan alurnya yang koheren. Selain itu, Las Vegas Weekly mengkritik film tersebut karena tidak menyoroti sebuah protagonis utama dan kedalaman karakter.[68] Kritikan tersebut juga ditujukan kepada sifat kartunis dan humor yang kekanak-kanakan dari film tersebut.[69] Film tersebut diberikan ulasan negatif oleh Richard Roeper, yang berkata bahwa ia "tak pernah menjadi seorang penggemar dari penambahan slapstick teratas".[70]

Box office[sunting | sunting sumber]

Kung Fu Hustle dibuka di Hong Kong pada 23 Desember 2004, dan meraih HK$4,990,000 pada hari pembukaannya. Film tersebut berada di peringkat teratas box office selama tahun 2004 dan awal 2005, kemudian meraih keuntungan sejumlah HK$61.27 juta. Peringkat box office-nya membuat film tersebut menjadi film dengan keuntungan tertinggi dalam sejarah Hong Kong,[71] sampai film tersebut digantikan oleh You Are the Apple of My Eye pada 2011.[71]

Kung Fu Hustle memulai penayangan layar lebar dua pekan terbatas di New York City dan Los Angeles pada 8 April 2005 sebelum dirilis di seluruh Amerika Utara pada 22 April. Pada pekan pertama penayangan terbatasnya di tujuh bioskop, film tersebut meraih keuntungan sejumlah US$269,225 (US$38,461 per penayangan).[72] Karena film tersebut ditayangkan di 2,503 bioskop, jumlah bioskop yang terbesar untuk sebuah film berbahasa asing, film tersebut meraih keuntungan sejumlah US$6,749,572 (US$2,696 per penayangan), kemudian meraih total keuntungan sejumlah US$17,108,591 dalam 129 hari. Secara keseluruhan, Kung Fu Hustle meraih keuntungan sejumlah US$101,104,669 dari seluruh dunia.[73] Meskipun bukanlah sebuah blockbuster, Kung Fu Hustle menjadi film berbahasa asing dengan keuntungan tertinggi di Amerika Utara pada 2005[74] dan kemudian dibuat dalam bentuk DVD.[75]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Film tersebut dinominasikan untuk enam belas Penghargaan Film Hong Kong dan memenangkan beberapa diantaranya: Film Terbaik, Koreografi Aksi Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Efek Suara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik dan Efek Visual Terbaik.[76] Lima penghargaan lainnya kemudian diraih di Golden Horse Awards yang meliputi sebuah penghargaan untuk Sutradara Terbaik untuk Stephen Chow.[77] Di Amerika Serikat, Kung Fu Hustle dianugerahi penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik dari asosiasi-asosiasi kritikus film yang meliputi Boston, Chicago, Las Vagas dan Phoenix yang berbasis kritikus.[78] Film tersebut kemudian dinominasikan untuk enam Satellite Awards[79] dan satu MTV Movie Award untuk adegan bertarung terbaik.[80] Pada acara British Academy Film Awards ke-59 di Britania Raya, film tersebut dinominasikan untuk sebuah BAFTA.[81]

Pada 2011, Festival Film Golden Horse Taipei memasukkan Kung Fu Hustle pada urutan ke-48 dalam daftar "100 Film Berbahasa Tionghoa Terbesar" buatan mereka.[82] Meyoritas pemilih berasal dari Taiwan, dan meliputi para pakar film, programer festival, sutradara, aktor dan produser.[82] Pada 2014, Time Out melakukan jajak pendapat kepada beberapa kritikus film, sutradara, aktor dan pemeran pengganti untuk daftar film aksi teratas mereka.[83] Kung Fu Hustle masuk peringkat ke-50 pada daftar tersebut.[84]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 2005, Chow mengumumkan bahwa ia akan membuat sebuah sekuel dari Kung Fu Hustle, meskipun ia tidak menempatkan seorang pemeran utama perempuan. "Karakter-karakter baru akan ditempatkan dalam film tersebut. Kami butuh menempatkan aktor-aktor baru. Kami mungkin akan menempatkan orang-orang dari luar negeri disamping memerankan orang-orang lokal".[96] Pada Januari 2013 pada sebuah wawancara, Chow menyatakan bahwa rencana untuk membuat Kung Fu Hustle 2 akan dilaksanakan. "Aku sedang berpikir untuk membuat film tersebut, namun sekarang sedang menyoroti proyek-proyek mendatang lainnya".[97] Produksi Kung Fu Hustle 2 tertunda saat Chow memfilmkan film petualangan fiksi ilmiah CJ7. Akibatnya, Kung Fu Hustle 2 direncanakan untuk dirilis pada 2014.[98] Pada 2016, terdapat berita-berita terkonfirmasi terkait sekuel tersebut dan Stephen sedang menyelesaikan film lainnya, The Mermaid, sebelum menyelesaikan film tersebut.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan online dan mobile[sunting | sunting sumber]

Pada 2004, sebuah flash games promosional dirilis oleh Sony Pictures Entertainment di situs web Jepang mereka.[99] Permainan tersebut dibuat oleh pengembang permainan Jepang Point Zero dan dimainkan sebagai permainan bertarung point and click.[100] Sebuah permainan side scrolling dirancang untuk telepon-telepon mobile kemudian dirilis pada 2006 oleh pengembang Tracebit.[101]

MMO[sunting | sunting sumber]

Pada 2007 Sony Online Entertainment mengumumkan bahwa sebuah permainan bertarung 2D online pemain berganda masif yang berdasarkan pada film tersebut sedang dikembangkan untuk pasar Tiongkok. Dua tahun kemudian, sebuah ulasan dari permainan tersebut muncul di E3 dimana permainan tersebut meraih tanggapan campuran dari para kritikus dengan beberapa perbandingan dengan permainan-permainan MMO serupa seperti Guild Wars dan Phantasy Star Online.[102]

Sebuah perilisan Amerika Utara untuk PC dan PS3 direncanakan pada akhir 2009[102] namun pada 2016, permainan tersebut tidak dirilis dan hanya tersedia di Asia.[103]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kung Fu Hustle - BBFC". BBFC. 
  2. ^ "Gong Fu". British Film Institute]]. Diakses tanggal 12 July 2014. 
  3. ^ a b "Kung Fu Hustle". The Numbers. Diakses tanggal 26 March 2016. 
  4. ^ Mape, Marty. "Review of Kung Fu Hustle". Movie Habit. Diakses tanggal 13 Mei 2007. 
  5. ^ a b c Szeto, Kin-Yan. "The politics of historiography in Stephen Chow's Kung Fu Hustle". Jump Cut. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 September 2007. Diakses tanggal 2007-05-05. 
  6. ^ a b "Kung Fu Hustle Production Notes". sensasain.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2005. Diakses tanggal 7 Oktober 2012. 
  7. ^ "Kung Fu Hustle general information". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  8. ^ a b Stephen Chow (29 July 2005). Kung Fu Hustle - Interview with Director Stephen Chow (Online video). Hong Kong: iFilm. http://www.spike.com/video-clips/ps5bg5/kung-fu-hustle-interview-with-director-stephen-chow. 
  9. ^ Michael Cieply (14 September 2008). "China's Media Moguls Tutored by Masters of Hollywood". The New York Times. 
  10. ^ Hwang, Ange. "An Interview Sidebar with Stephen Chow". Asia Media Access. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  11. ^ a b Roman, Julian (4 April 2005). "Stephen Chow talks Kung Fu Hustle". MovieWeb. Diakses tanggal 2012-09-14. 
  12. ^ Xu, Gary. "The Gongfu of Kung Fu Hustle". Synoptique. Diakses tanggal 2007-05-05. 
  13. ^ Stephen Chow (29 July 2005). Kung Fu Hustle Production Design (Online video). Hong Kong: MovieWeb. http://www.movieweb.com/movie/kung-fu-hustle/production-design. 
  14. ^ a b Zhang, Xiaomin. "从李小龙替身到影帝 元华:担忧中国功夫后继无人 (From a Bruce Lee impersonator to a movie star: Yuen Wah worries that Chinese martial arts may lack a successor)" (dalam Chinese). Eastern Sports Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 September 2006. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  15. ^ a b Templat:Cite DVD notes
  16. ^ a b "元秋:演007时我才十几岁 现在不担心形象 (Yuen Qiu: I was only 18 when I appeared in a Bond Film, I don't worry about my image now)" (dalam Tionghoa). Sina Corp. 17 December 2004. Diakses tanggal 2007-05-16. 
  17. ^ Li, Yijun (24 December 2004). "《功夫》配角都有功夫 (The supporting characters of Kung Fu Hustle know kung fu)" (dalam Chinese). Zaobao. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2004. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  18. ^ a b Kin-Wah, Szeto. "Geopolitical imaginary: Hong Kong, the Mainland and Hollywood". Jump Cut. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 2007-05-11. 
  19. ^ "《功夫》明星说功夫 梁小龙演反派感觉很陌生 (Kung Fu Hustle actors comment on the film)" (dalam Chinese). Sina Corp. 15 December 2007. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  20. ^ a b Zu, Blackcat (31 December 2004). "An Interview with the Production Team (Centro Digital Pictures Ltd.)" (dalam Tionghoa). CGVisual. p. 1. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  21. ^ Zhu, Rongbin (20 Agustus 2003). "洪金寶走人袁和平救場 《功夫》緊急走馬換將 (Sammo Hung quits and is replaced by Yuen Woo-Ping)" (dalam Chinese). Eastern News. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  22. ^ Zhang, Wenbo (27 December 2004). 绝世功夫之技术篇--想像力的最高境界 (dalam Tionghoa). The Beijing News. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  23. ^ "About the Hong Kong Chinese Orchestra". Hong Kong Chinese Orchestra. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 June 2007. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  24. ^ Pollard, Mark. "Kung Fu Hustle review". Kung Fu Cinema. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2007. Diakses tanggal 2007-05-18. 
  25. ^ Sung, Mark (2004). "Kung Fu Hustle review". Diakses tanggal 2007-05-12. 
  26. ^ "Kung Fu Hustle production notes". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal 2 Juli 2013. 
  27. ^ Anon, Kozo (14 March 2005). "Kung Fu Hustle review". Diakses tanggal 2007-05-12. 
  28. ^ "Soundtrack Details of Kung Fu Hustle". 17 December 2004. Diakses tanggal 2007-05-12. 
  29. ^ "Kung Fu Hustle soundtrack information". 29 March 2005. Diakses tanggal 2007-05-12. 
  30. ^ a b c d Kung Fu Hustle "Movie Classic – Kung Fu Hustle (2004)". stuff.tv. Diakses tanggal 13 March 2013. 
  31. ^ a b c "從金剛腿到如來神掌—論《功夫》(From the Steel Leg to Ru Lai Shen Zhang, Kung Fu Hustle)" (dalam Chinese). Department of Chinese Literature, Sun-Yat-Sen university. 21 April 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Mei 2007. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  32. ^ Glaze, Violet (20 April 2005). "Review: Kung Fu Hustle". Citypaper Film. Diakses tanggal 2007-07-10. 
  33. ^ Kung Fu Hustle "Navigating Netflix: Kung Fu Hustle". pectatortribune.com. Diakses tanggal 13 Maret 2013. 
  34. ^ "Plot summary of Ru Lai Shen Zhang" (dalam Chinese). Pearlcity. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  35. ^ "神鵰俠侶‧人物介紹 (Character introduction of The Return of the Condor Heroes)" (dalam Chinese). TVB. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  36. ^ "Infernal Affairs Summary" (dalam Chinese). Star Boulevard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2007. Diakses tanggal 2007-05-14. 
  37. ^ Kung Fu Hustle "CHOW, STEPHEN – KUNG FU HUSTLE". urbancinefile.com.au. Diakses tanggal 13 March 2013. 
  38. ^ Dan Aykroyd (1980). The Blues Brothers (DVD). Chicago: Universal Pictures. 
  39. ^ Sean Connery (1987). The Untouchables (DVD). Chicago: Paramount Pictures. 
  40. ^ For Whom the Bell Tolls (DVD). Universal Pictures. 1943. 
  41. ^ Kung Fu Hustle "GOING TO THE SOURCE: KUNG FU HUSTLE AND ITS CINEMATIC ROOTS AT THE 29TH HKIFF". stuff.tv. Diakses tanggal 13 March 2013. 
  42. ^ "Kung Fu Hustle Premieres in Toronto". China Internet Information Center. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  43. ^ Kay, Jeremy (27 December 2004). "Kung Fu Hustle Smashes Asian Records Through SPRI". Screen International. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  44. ^ Booth, William (21 April 2005). "A Way With the Punch Line". The Washington Post. 
  45. ^ Kehr, Dave (3 April 2005). "Excuse Me While I Kiss the Buddha in the Sky". The New York Times. Diakses tanggal 4 July 2013. 
  46. ^ a b c "Kung Fu Hustle". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  47. ^ "Kung Fu Hustle (2004) - Releases". Allmovie. Rovi Corporation. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  48. ^ "Comparison of the cut US cinema version (R-rated) and the uncut Hong kong version". movie-censorship.com. Diakses tanggal 8 July 2013. 
  49. ^ "Kung Fu Hustle Region One Cuts (US - )". dvdactive.com. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  50. ^ "Kung Fu Hustle DVD 2005". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 July 2013. 
  51. ^ "Kung Fu Hustle DVD Special Edition". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  52. ^ "Kung Fu Hustle Blu-ray 2007". amazon.co.uk. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  53. ^ "Filme – Kung-fusão (Kung Fu Hustle)" (dalam Portuguese). CinePop. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  54. ^ "Official site of Kung-fusion". Sony Pictures Releasing International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Mei 2006. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  55. ^ "Spanish review of Kung-fusión" (dalam Spanish). Fotograma. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  56. ^ "Crazy kung-fu" (dalam French). Allocine. 8 June 2005. Diakses tanggal 2007-05-14. 
  57. ^ Viktor, Szekeres (9 July 2005). "A pofonok földje – Stephen Chow megmutatja" (dalam Hungarian). SG.hu. Diakses tanggal 2007-05-14. 
  58. ^ "Kung Fu Hustle Limited Edition (Korean Version) DVD Region 3". yesasia.com. Diakses tanggal 6 July 2013. 
  59. ^ (Inggris) Kung Fu Hustle di Metacritic
  60. ^ Wong, Gabriel (28 December 2004). 周星驰显大将风范 (dalam Chinese). Xinhua News Agency. Diakses tanggal 2009-04-14. 
  61. ^ Ebert, Roger (21 April 2005). "Kung Fu Hustle Review". Roger Ebert. Diakses tanggal 2013-07-01. 
  62. ^ "Kung Fu Hustle promotional poster in the United States". Chicago Sun-Times. 22 April 2005. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  63. ^ "Kung Fu Hustle". MovieWeb. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2007. Diakses tanggal 2007-05-13. 
  64. ^ Douglas, Michael. "Kung Fu Hustle Review". Comingsoon.net. Diakses tanggal 2007-05-28. 
  65. ^ "Kung Fu Hustle". Radio Times. Diakses tanggal 2013-06-01. 
  66. ^ Arendt, Paul (24 June 2005). "Kung Fu Hustle (2005)". BBC. Diakses tanggal 2009-06-05. 
  67. ^ Fierman, Dan. "Bill Murray Is Ready To See You Now". GQ. Diakses tanggal 2 Oktober 2011. 
  68. ^ Bell, Josh (21 April 2005). "Screen: Kung Fu Hustle". Las Vegas Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 April 2007. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  69. ^ Patrick, Scott (24 April 2005). "Kung Fu Hustle movie review". Threemoviebuffs. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  70. ^ Holtreman, Vic (19 April 2005). "Ebert and *cough* Roeper: Anyone Still Watch This Show?". Screen Rant. Diakses tanggal 2008-08-08. 
  71. ^ a b Coonan, Clifford (14 February 2012). "Borders in disorder". Variety. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  72. ^ Strowbridge, C.S. (12 April 2005). "Hustle and Bustle". The Numbers. Diakses tanggal 2007-05-03. 
  73. ^ "Kung Fu Hustle Box Office Data". The Numbers. Diakses tanggal 2007-05-03. 
  74. ^ "Highest Grossing Foreign Language Films". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses tanggal 29 July 2009. 
  75. ^ Scheidt, Jason. "Do the Hustle". iMedia Connection. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  76. ^ a b "List of Award Winner of The 24th Hong Kong Film Awards" (dalam Chinese and English). Hong Kong Film Awards. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  77. ^ a b "Award Archive". Golden Horse Film Festival and Awards. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  78. ^ a b c d e "Kung Fu Hustle (2004)". New York Times. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  79. ^ a b "10th Anniversary Satellite Awards" (PDF). Press Academy. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 7 May 2006. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  80. ^ a b "2006 Movie Awards Winners". MTV Movie Awards. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  81. ^ a b "Film not in the English Language in 2006". BAFTA. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  82. ^ a b Cremin, Stephen (27 January 2011). "Horse announces greatest Chinese films". Film Business Asia. Diakses tanggal 17 July 2013. 
  83. ^ "The 100 best action movies". Time Out. Diakses tanggal 7 November 2014. 
  84. ^ "The 100 best action movies: 50-41". Time Out. 3 November 2014. Diakses tanggal 7 November 2014. 
  85. ^ "Awards". Imagine Film Festiva. Diakses tanggal 5 Juli 2013. 
  86. ^ "Past Award Winners". Boston Society of Film Critics Awards. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  87. ^ "FFCC Award Winners". Florida Film Critics Circle. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  88. ^ "Awards Search". Golden Globe Award. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  89. ^ "6th Annual Golden Trailer Award Winner and Nominees". Golden Trailer Awards. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  90. ^ 第十一屆香港電影評論學會大獎頒獎禮 (dalam Chinese). Hong Kong Film Critics Society. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  91. ^ "Hundred Flowers Movie Awards Presented". China Internet Information Center. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  92. ^ "Kung Fu Hustle (2004) Awards". whosdatedwho.com. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  93. ^ "2005 Awards (9th Annual)". Online Film Critics Society. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  94. ^ 上海国际电影节:"上海影评人奖"揭晓 (dalam Chinese). China Internet Information Center. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  95. ^ "The Southeastern Film Critics Association 2005". MCN. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  96. ^ "Stephen Chow Talks 'Kung Fu Hustle' Sequel". Rotten Tomatoes. 31 August 2005. Diakses tanggal 2007-06-27. 
  97. ^ ""Kung Fu Hustle 2" no go". Cinema Online. 
  98. ^ "Stephen Chow offers 'A Hope'". Time Out New York. 18 Juli 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Maret 2013. Diakses tanggal 7 March 2013. 
  99. ^ カンフーハッスル (dalam Jepang). Sony Pictures Entertainment. Diakses tanggal 6 Juli 2013. 
  100. ^ "Kung Fu Hustle". Kiba Games. Diakses tanggal 6 July 2013. 
  101. ^ "Tracebit Catalog" (PDF). Tracebit. p. 7. Diakses tanggal 6 Juli 2013. 
  102. ^ a b Calvert, Justin. "Kung Fu Hustle Hands-On". Game Spot. Diakses tanggal 6 July 2013. 
  103. ^ "Kung Fu Hustle". IGN. Diakses tanggal 6 Juli 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]